7 Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Sayang Dilewatkan

Bosen liburan gitu-gitu aja? Yuk rasakan sensasi wisata yang berbeda dengan berkunjung ke 7 desa wisata ini.

Bestpackers, salah satu destinasi wisata yang gencar digaungkan pemerintah belakangan ini adalah desa wisata. Destinasi ini diprediksi akan jadi andalan wisata alternatif di Indonesia. Berkunjung ke desa wisata akan memberikan kita sensasi wisata yang beda dari biasanya.

Di sini kamu nggak hanya akan diajak menikmati keindahannya saja, namun juga berinteraksi dan hidup ala masyarakat setempat. Nah, di antara banyak project desa wisata di Indonesia, berikut ini 7 deretan terbaik yang sayang dilewatkan.

Desa Sade, Lombok

Siapa sih yang nggak kenal nama Desa Sade? Desa wisata ini masuk sebagai salah satu desa wisata paling digemari di Indonesia. Desa Sade berlokasi di daerah Rembitan, Kecamatan Puju, Lombok Tengah. Bestpackers dapat mempelajari langsung budaya masyarakat setempat saat traveling ke Desa Sade.

Punya budaya menenun yang khas, kamu juga bisa turut mempelajarinya selama berkunjung ke Desa Sade. Selain itu, pengunjung juga akan diajak menikmati berbagai pertunjukan kesenian daerah.

Desa Penglipuran, Bali

Desa penglipuran merupakan desa wisata tertua dan pertama yang ada di Indonesia. Pada tahun 2016 desa wisata ini terpilih menjadi desa terbersih ke-3 dunia versi majalah internasional Boombastic. Suasananya yang asri dan tenang bikin wisatawan betah berkunjung.

Secara arsitektur desa ini cantik banget, lo. Terdapat jajaran rumah-rumah Bali yang nampak seragam di bagian depannya. Nah, ada yang unik dari desa Penglipuran. Di sini terdapat peraturan jika kendaran bermotor dilarang memasuki area desa. Jadi kamu nggak perlu khawatir akan terganggu oleh kendaraan saat jalan-jalan berkeliling desa.

Desa Kemiren, Banyuwangi

Destinasi ini mendapatkan sertifikasi sebagai desa wisata berkelanjutan oleh Kemenparekraf. Desa Kemiren terkenal dengan kekentalan budaya Osing yang masih terus lestari. Kamu dapat mempelajari beragam kearifan lokal suku Osing Banyuwangi jika berkunjung ke mari, Bestpackers.

Ada beberapa kesenian khas yang dapat kamu nikmati jika berkunjung ke Desa Kemiren, antara lain, tari gandrung, kuntulan, barong, jaran kincak, dan mocopatan. Salah satu waktu yang paling tepat untuk traveling ke destinasi wisata ini adalah saat diadakan tradisi tumpeng sewu.

Desa Pemuteran, Bali

Bali nggak ada habisnya menyumbang nama dalam jajaran desa wisata terbaik di tanah air. Kali ini ada desa wisata Pemuteran yang terletak di wilayah Buleleng, Bali. Desa ini dulunya dikenal sebagai sebuag desa yang kumuh. Nelayan yang tinggal di daerah ini kerapkali menangkap ikan dengan peralatan merugikan, seperti bom dan potas.

Namun pada tahun 1990 keadaan ini berangsung berubah. Singkatnya, atas inisiasi ketua Yayasan Karang Lestari, terumbu karang di desa ini mulai direhabilitasi bersama-sama dengan masyarakat setempat. Hal ini perlahan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Desa Pemuteran. Saat berkunjung ke mari, karang jadi salah satu ikon dari desa.

Desa Pentingsari, Yogyakarta

Desa wisata ini terletak di lereng Gunung Merapi, Bestpackers. Lokasinya sekitar 22,5 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Konsep dari desa wisata Pentingsari adalah desa ramah lingkungan, kebudayaan, dan pertanian.

Karena itulah desa wisata ini menawarkan berbagai kegiatan dalam bentuk pembelajaran seputar alam pada para wisatawan. Selama traveling ke Desa Pentingsari kamu akan berinteraksi langsung dengan alam dan belajar juga mengenai pertanian, perkebunan, serta berbagai seni tradisional setempat.

Desa Madobak, Kabupaten Kepulauan Mentawai

Mentawai merupakan salah satu kepulauan di Indonesia yang terkenal dengan potensi lautnya. Eitsss, tapi yang nggak kalah unik kepulauan ini juga terkenal dengan desa adatnya, lo. Salah satu desa adat di Kepulauan Mentawai adalah Desa Madobak.

Terletak di kecamatan Siberut Selatan, Mentawai, desa ini memiliki budaya tato yang diyakini sebagai budaya tato tertua di dunia. Saat berkunjung ke desa wisata ini Bestpackers akan diajak langsung untuk berburu dan melakukan aktivitas lain ala masyarakat setempat.

Desa Ubud, Bali

Kemasyuran Ubud ternyata tidak hanya tentang wisata alam pegunungannya saja. Daerah cantik di Bali ini juga menjadi salah satu wilayah yang menorehkan prestasi di bidang desa wisata. Desa Ubud memiliki nama yang sangat moncer di kalangan wisatawan mancanegara.

Bahkan tak tanggung-tanggung pemerintah juga menghadiahkan sebutan desa budaya pada Desa Ubud, lo. Nama besa Desa Ubud bahkan sampai disebut dalam buku Eat, Pray, Love karangan Elizabeth Gilbert. Jika ingin berkunjung kemari disarankan datang saat sore hari, ya. Karena di waktu ini akan banyak burung kokoan yang pulang ke sarangnya.

Itulah 7 destinasi desa wisata terbaik di Indonesia, Bestpackers. Nah, desa wisata mana yang masuk dalam wishlist teratasmu?

Baca Juga: 7 Wisata Religi Cantik di Indonesia, Buat Wishlist Ramadhan

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer