5 Desa Wisata di Jogja ini Suguhkan Ketenangan Khas Pedesaan

Bosan berlibur di daerah perkotaan yang lekat dengan suasana sibuk dan jauh dari ketenangan? Nampaknya mengunjungi desa wisata di Jogja akan jadi pilihan yang tepat untuk bersanti sejenak. Suasana khas pedesaan dan alam yang asri akan membuat liburanmu terasa nyaman.

Yogyakarta atau Jogja ditetapkan sebagai City of Culture ASEAN yaitu penghargaan atas pelestarian budaya yang diberikan oleh Forum ASEAN Ministers Responsible for Culture and Arts (AMCA) ke-8. Salah satu pariwisata yang berperan untuk mengantarkan Jogja pada gelar ini adalah desa-desa wisata di Jogja.

Desa wisata menjadi salah satu daya tarik utama para wisatawan karena alamnya yang masih asri dan jauh dari kebisingan kota. Bagi Bestpackers yang ingin melipir sejenak dari riuhnya kota dan menghirup udara segar, tidak ada salahnya untuk menyambangi desa wisata di Jogja. Ini dia 5 desa wisata di Jogja yang wajib masuk list liburanmu.

Desa Wisata Tanjung

Desa wisata Tanjung dibuka sejak tahun 2001 dengan menawarkan wisata pertanian, kesenian hingga kebudayaan. Di sini, Bestpackers akan diajari cara bercocok tanam mulai mengolah lahan, menanam padi hingga memanen. Desa wisata Tanjung juga termasuk produsen utama beras untuk daerah di Yogyakarta, lho.

Selain itu, Bestpackers juga akan disuguhi berbagai kesenian khas daerah salah satunya yakni Cici Blung. Ini merupakan kesenian bermain air sungai yang menghasilkan nada-nada yang harmonis. Uniknya lagi, di sini juga terdapat rumah joglo tertua di Jogja yang berusia sekitar 200 tahun, lho. Menarik bukan?

Desa Wisata Tembi

Desa wisata di Jogja ini sangat lekat dengan sejarah, berbagai peninggalan kerajaan Mataram tersimpan rapi di museum Rumah Budaya Tembi. Sejak tahun 1997 desa ini telah ditetapkan sebagai desa wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam dan budaya. Selain melihat peninggalan sejarah, Bestpackers juga bisa belajar membatik.

Alamnya yang masih asri dengan desain rumah zaman dahulu menambah kenyamanan dan ketenangan saat liburan. Bestpackers juga bisa menikmati hawa segar di sekeliling pedesaan dengan view hamparan sawah yang hijau. Akan lebih seru lagi, jika Bestpackers bermain lumpur dan belajar bercocok tanam, lho.

Baca Juga: 5 Desa Wisata di Jawa Barat yang Ikonik

Desa Wisata Ketingan

Desa wisata ini terletak di Tirtoadi, Sleman, Yogyakarta ini lokasinya cukup strategis dijangkau dari pusat kota. Keunikan desa wisata ini menyuguhkan birdwatching atau kegiatan mengamati burung. Bukan tanpa alasan, karena di desa wisata Ketingan memang terdapat populasi burung Kuntul sejak tahun 1990-an. Di tempat lain belum tentu ada, lho.

Waktu berkunjung yang tepat yakni di bulan September, karena pada bulan itu desa wisata Ketingan sedang menggelang Merti Bumi. Kegiatan ini mempertontonkan kirab budaya, kenduri hingga pagelaran wayang. Suasana khas pedesaan dan ditemani kicauan burung kuntul akan mendatangkan suasana ketenangan. 

Desa Wisata Nglinggo

Hamparan kebun teh, rimbunnya hutan pinus dan eksotisnya sunrise di puncak Suroloyo akan menghiasi liburanmu di desa wisata Nglinggo. Bestpackers juga bisa menjelajah curug Watu Jonggo yang menyuguhkan keindahan alamnya. Jangan lupa main air di sini, ya.

Nggak cuma itu, Bestpackers juga bisa merasakan sensasi memasak kuliner khas Kulonprogo dengan peralatan tradisional. Atau mempelajari keseniannya yang sangat beragam, dari jathilan, tari lengger tapeng, hingga membuat topeng. Desa wisata di Jogja ini letaknya ada di kabupaten Kulonprogo, sekitar satu jam dari pusat kota.

Baca Juga: Nggak Cuma Malioboro, Inilah 7 Tempat Wisata di Yogyakarta Yang Wajib Kamu Sambangi

Desa Wisata Ledok Sambi

Desa wisata di Jogja ini terletak di kaki gunung Merapi, soal keindahan alam tak perlu diragukan lagi. Desa wisata Ledok Sambi menawarkan sensasi menginap yang beragam, bisa glamping atau tidur di rumah warga. Udara di sini sangat sejuk dan segar, sangat cocok bagi Bestpackers yang ingin melipir dari daerah perkotaan.

Bestpackers juga dapat bermain air di area sungai atau melakukan outbound bersama keluarga. Jika ingin menyatu dengan masyarakat setempat, Bestpackers bisa ikut dalam upacara Wiwit. Berbagai ragam kesenian dan kebudayaan juga turut hadir dalam upacara mensyukuri hasil panen ini.

Wah, ternyata Yogyakarta punya desa wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, ya. Kalau berkunjung ke tempat-tempat ini dipastikan kamu bisa lupa sejenak sama rutinitas harian, lo. Eh, jangan takut soal akomodasi selama di Yogyakarta.

Karena sekarang ada banyak hostel di Kota Pelajar ini yang bisa kamu datangi. Cek selengkapnya macam-macam hostel murah nan nyaman di Yogyakarta di website atau akun Instagram BestHostels Indonesia. Selamat bertualang, Bestpackers.

Jangan sampai ketinggalan

Ayo gabung dengan kami untuk mendengar cerita kami dan dapatkan penawaran spesial dari kami!