7 Kawasan Chinatown Terbaik di Indonesia, Pusatnya Wisata Budaya dan Kuliner

Dimanapun lokasinya, Chinatown tetap menjadi salah satu destinasi yang menarik untuk berwisata. Bestpackers, yuk kunjungi 7 Chinatown terbaik di tanah air berikut ini.

Hampir bisa dipastikan, setiap negara atau kota besar di dunia memiliki Chinatown. Di Indonesia, kawasan Chinatown juga sering disebut dengan kawasan pecinan. Chinatown menyimpan keindahan tersendiri mulai dari arsitektur bangunan klasik hingga kulinernya yang terkenal lezat.

Tidak hanya itu, kawasan ini juga sarat akan wisata sejarah dan budaya tanah air, lo. Bagi kamu yang tertarik untuk berwisata ke Chinatown, nggak perlu jauh-jauh. Indonesia punya beberapa kawasan pecinan terbaik yang bisa dikunjungi.

Berikut ini BestHostels Indonesia telah merangkum 7 Chinatown terbaik di tanah air yang dapat Bestpackers kunjungi.

Chinatown Jakarta- Kawasan Glodok

Jakarta sebagai ibukota Indonesia menjadi salah satu kawasan tanah air yang memiliki penduduk dari beragam adat, suku, ras, dan budaya. Keragaman ini juga membawa Jakarta memiliki Chinatown yang mengesankan.

Tentu kamu sudah pernah mendengar kawasan Glodok, bukan? Yaps, kawasan pecinan ini telah berdiri sejak ratusan tahun lalu. Ini juga terlihat dari bangunan-bangunan di Glodok yang klasik abis. Di Glodok juga ada berbagai toko legendaris yang telah berdiri dari masa ke masa, lo.

Ada berbagai kelenteng terkenal di wilayah Glodok seperti Kelenteng Toa Se Bio dan Vihara Dharma Bhakti. Beragam kelenteng ini sangat ramai saat Perayaan Tahun Baru Imlek. Jadi, jika ingin berkunjung ke Glodok pastikan kamu datang di momen-momen mengesankan ini, ya.

Jika Bestpackers ingin merasakan suasana malam kawasan Glodok sebaiknya menginap saja di hostel-hostel terdekat. Untuk list hostelnya langsung cek di website BestHostels.co.id, ya.

Chinatown Surabaya- Kawasan Kya kya

Kya-kya menjadi salah satu Chinatown terpopuler di tanah air. Di lokasi ini kamu bisa menemukan Rumah Abu Keluarga Han yang telah dinobatkan sebagai cagar budaya. Tak hanya itu, kawasan pecinan Indonesia ini juga memiliki kelenteng Hok An King yang menjadi satu-satunya klenteng Dewa Makco di Surabaya.

Di Kya-kya, Bestpackers dapat mencicipi berbagai makanan khas pecinan maupun kuliner khas Surabaya. Tak melulu pagelaran kebudayaan Tionghoa. Di sini kamu juga dapat menonton pagelaran kebudayaan khas Indonesia seperti musik keroncong. Keren, ya?

Chinatown Semarang- Pasar Semawis

Jawa Tengah juga punya Chinatown tersendiri, lo. Chinatown ini termasuk sebagai kawasan pecinan paling meriah di tanah air. Kawasan pecinan di Jawa Tengah terletak di kawasan Pasar Semawis, Semarang. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi kawasan ini tentunya saat perayaan Imlek, karena ada acara perayaan rutin yang diselenggarakan setiap menjelang Imlek.

Meski begitu di hari biasapun kawasan pecinan ini tetap asyik di kunjungi. Kamu bisa menjajal berbagai kuliner khas Kota Semarang di kawasan Pasar Malam Semawis.

Baca Juga: 8 Makanan Buka Puasa Lezat di Indonesia

Chinatown Solo- Sudiroprajan

Masih berada di Provinsi Jawa Tengah, kawasan pecinan yang satu ini nggak boleh Bestpackers lewatkan. Daerah Sudiroprajan menjadi bukti keberagaman budaya dan akulturasi masyarakat di tanah air. Di kawasan ini bercampur budaya Jawa dan budaya Tionghoa dalam bentuk simbol, arsitektur, hingga adat istiadat.

Berkunjung ke kawasan pecinan Surakarta ini akan mengantarkanmu pada refleksi penghormatan terhadap perbedaan. Selain itu, dari segi bangunan juga tidak kalah, di sini terdapat kelenteng Tien Kok Sie yang telah berdiri sejak 1754.

Yang paling unik dari kawasan pecinan ini adalah adanya budaya Grebeg Sudiro yang memadukan antara budaya Jawa dan Tionghoa. Acara ini dilakukan setiap tahun menyambut Tahun Baru Imlek.

Chinatown Kalimantan- Singkawang

Kota Singkawang di Kalimantan Barat merupakan salah satu kota dengan komunitas Tionghoa terbesar di tanah air. Tidak heran kalau di kota ini juga terdapat kawasan pecinan terbaik di Indonesia. Bahkan kota Singkawang juga dijuluki sebagai Kota Seribu Klenteng, lo.

Pasalnya, ada banyak vihara yang tersebar di seluruh penjuru Kota Singkawang. Momen terbaik untuk mengunjungi Kota Singkawang ini adalah sat perayaan Cap Go Meh. Karena Bestpackers bisa menikmati tradisi tatung yang diadakan oleh masyarakat.

Chinatown Batam- Bukit Nagoya

Destinasi wisata Chinatown selanjutnya adalah Pulau Batam. Kawasan pecinan di pulau ini termasuk dalam salah satu yang terpopuler di tanah air karena menawarkan beragam jejak arsitektur bersejarah.

Dikenal dengan nama Bukit Nagoya, kamu bisa mengunjungi beragam bangunan peninggalan bersejarah hingga kuil-kuil yang estetik. Seperti kawasan pecinan pada umumnya, Bestpackers akan menjumpai beragam kuliner khas yang menggoyang lidah di sini.

Chinatown Medan- Kawasan Asia Mega Emas

Pulau Sumatera juga punya kawasan pecinan yang nggak kalah menarik buat disinggahi. Berlokasi di Medan, kamu bisa mengunjungi kawasan Asia Mega Mas. Di lokasi ini Bestpackers akan menemukan beragam makanan enak khas Medan dan kawasan Pecinan.

Aneka makanannya dijamin bikin kamu balik lagi ke tempat ini, deh. Jika ingin berkunjung ke kawasan pecinan ini sebaiknya saat sore hingga malam hari, ya. Karena di waktu itulah seluruh toko dan kios dibuka.

Itulah kawasan pecinan populer di Indonesia yang nggak boleh kamu lewatkan. Nggak sabar ingin menjelajahi semuanya? Mulai rencanakan liburanmu sekarang juga dan jangan lupa pesan tiket akomodasimu melalui laman BestHostels Indonesia, ya.

Baca Juga: 7 Aplikasi Wisata Wisata yang Memudahkan Travelingmu

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer