5 Cara Mengatasi Insomnia, Terbukti Ampuh

Bestpackers, buat beberapa orang insomnia dianggap jadi lifestyle. Padahal masalah ini bahaya banget, baik untuk mood maupun fisik. Biar nggak berlarut pahami cara mengatasi insomnia berikut ini, dong.

Insomnia akhir-akhir ini akrab di telinga anak muda. Meski terkesan wajar tapi kondisi ini sebenarnya berbahaya untuk kesehatan fisik maupun mentalmu, lo. Karena itu, Bestpackers wajib paham mengenai cara mengatasi insomnia yang ampuh.

Tidak selalu mengonsumsi obat tidur, insomnia di tahap awal bisa diatasi dengan memperbaiki pola hidup. Berikut ini cara mengatasi insomnia tanpa bantuan obat yang bisa kamu lakukan di rumah.

Ciptakan Kamar Tidur yang Nyaman

Menciptakan kamar tidur yang nyaman adalah salah satu cara mengatasi insomnia. Kamar tidur yang nyaman ini berbeda-beda bagi setiap orang. Namun umumnya suasana nyaman bisa didapatkan dengan membuat penerangan jadi lebih redup.

Saat akan tidur sebaiknya matikan lampu utama dan ganti menjadi lampu tidur, ya. Selain itu, usahakan 10 menit sebelum tidur tidak bermain gadget dan jauhkan gadget dari tempat tidur. 

Karena, sinar alat elektronik menyebabkan terhambatnya produksi melatonin, yaitu hormon yang membantu Bestpackers tertidur. Jadi, kalau mau cepat tidur buang jauh gadgetmu dari tempat tidur ya, Bestpackers.

Agar suasana kamar terasa rileks, tidak ada salahnya untuk menggunakan minyak esensial atau lilin aromaterapi. Aroma lavender dipercaya membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks sehingga mudah terlelap. 

Baca Juga: 7 Tari Tradisional Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga!

Jangan Mengonsumsi Kafein

Bestpackers, sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein di sore atau malam hari menjelang tidur, ya. Karena minuman-minuman ini punya sifat alamiah membuat tubuh jadi lebih terjaga dan mencegah kantuk.

Sebaliknya, konsumsi air putih dan susu untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu, hindari pula mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar sebelum tidur. 

Karena hal ini menyebabkan sistem pencernaan terus bekerja sepanjang malam. Akibatnya, bisa jadi Bestpackers mengalami insomnia.

Luangkan Waktu untuk Relaksasi

Relaksasi juga dikenal sebagai cara mengatasi insomnia yang paling ampuh. Beberapa jenis relaksasi yang efektif untuk hal ini adalah yoga dan pilates. Aktivitas tersebut dapat membuat Bestpackers lebih tenang sehingga mudah memejamkan mata.

Namun, jika Bestpackers merasa kesulitan untuk melakukan yoga dan pilates ada beberapa aktivitas ringan lain yang bisa dicoba. Diantaranya yakni membaca buku, mandi dengan air hangat, dan mendengarkan lagu-lagu pengantar tidur.

Contoh musik pengantar tidur yang tepat adalah musik dengan ritme yang pelan. Karena hal ini akan membuat tubuh Bestpackers secara alami merasa tenang dan rileks.

Usahakan Selalu Berpikir Positif

Khawatir yang berlebihan dan stres juga menjadi salah satu pemicu insomnia. Maka dari itu, sangat penting untuk membiasakan berpikir positif sebelum tidur.

Karena pikiran yang tenang akan membuatmu lebih mudah tertidur. Jika tak kunjung terlelap juga, Bestpackers juga bisa mencoba meditasi agar pikiran lebih tenang. Meditasi yang paling mudah adalah dengan menarik nafas dan menghembuskan secara dalam-dalam sampai merasa lega.

Bestpackers juga bisa mengunjungi psikiater atau psikolog untuk konseling ataupun terapi jika cara ini kurang efektif. Salah satu terapi yang sering dilakukan untuk pengidap insomnia adalah terapi perilaku kognitif. 

Terapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup yang sehat dikenal ampuh mencegah berbagai macam penyakit, termasuk insomnia. Cara mengatasi insomnia ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat serta melakukakn olahraga yang teratur. 

Bestpackers, berolahraga terkenal jadi cara ampuh untuk mengatasi insomnia, lo. Tidak perlu lama-lama atau diforsir. Olahraga rutin yang baik cukup dilakukan 30 menit setiap harinya. Beberapa jenis olahraga yang cocok untuk meningkatkan kualitas tidur adalah renang dan olahraga.

Di samping itu, hindari makanan dengan konsentrasi lemak yang tinggi dan karbohidrat yang berlebihan sebelum tinggi. Pilihlah makanan ringan seperti cracker tawar atau yoghurt untuk membuat tidurmu jadi lebih cepat. 

Itulah lima cara mengatasi insomnia yang telah terkenal ampuh. Jika insomnia masih terus menghantui meski tips di atas telah dilakukan sebaiknya lakukan pemeriksaan pada psikiater, ya.

Baca Juga: Selain Pantai, Inilah 7 Pura Bali Terindah yang Wajib Bestpackers Kunjungi!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer