7 Langkah Mempersiapkan Dana Liburan, Milenial Wajib Biasakan

Agar pikiran mengenai keuangan nggak merusak momen liburanmu, sebaiknya siapkan dana liburan jauh-jauh hari, ya. Gunakan tips berikut ini agar dana liburan lebih cepat terkumpul, Bestpackers.

Berlibur bukan sekadar suka atau nggak suka tapi kebutuhan. Yups, setiap orang butuh merilekskan diri sejenak agar tetap sehat dengan menikmati momen liburan. Namun agar liburan nggak merusak keuanganmu atau sebaliknya, idealnya anggarkan baik-baik dana liburan, ya.

Cara ini akan membantumu untuk bisa liburan dengan nyaman tanpa kepikiran akan kondisi keuangan. Milenial harus tahu kalau ada cara mudah untuk memenuhi dana liburan. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan agar dana liburan cepat terkumpul

Tentukan destinasi dan waktu liburan

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mempersiapkan dana liburan adalah menentukan destinasi dan waktu liburan. Dengan menentukan destinasi di awal, kamu akan lebih mudah untuk menaksir berapa biaya yang akan dikeluarkan.

Selain itu, Bestpackers juga harus menentukan waktu liburan di awal, ya. Pastikan agar liburanmu masih jarak beberapa bulan sehingga lebih mudah untuk menabung. Selain itu menentukan waktu liburan jauh-jauh hari juga memudahkanmu buat memantau harga tiket.

Camkan! Biasanya harga tiket akan melonjak saat dibeli mendadak.

Atur rencana liburan

Jika destinasi dan waktu telah ditentukan waktunya untuk mengatur rencana liburan. Buatlah rincian perjalanan beserta budget liburan. Beberapa list anggaran pengeluaran yang harus kamu tulis adalah biaya transportasi pulang pergi, akomodasi, tiket masuk tempat wisata, kuliner yang ingin dicicipi, biaya makan, paket data (jika perlu), dan lainnya.

Rencanakan secara mendetail agar kamu lebih mudah untuk menghitung biaya riil yang harus dikeluarkan. Langkah ini penting banget buat perencanaan dana traveling agar kamu lebih mudah untuk menentukan berapa uang yang harus disisihkan per bulan.

Buat anggaran khusus

Setelah mengetahui perkiraan uang yang dibutuhkan, kamu bisa mulai membuat anggaran khusus untuk dana liburan. Mulailah untuk lebih banyak menabung atau setidaknya sisihkan 5% dari gaji untuk biaya liburan.

Lebih baik Bestpackers menyisihkan uang jauh-jauh hari atau bahkan sejak awal tahun. Cara ini penting banget agar kamu nggak merasa keberatan di akhir.

Baca Juga: 8 Makanan Buka Puasa Lezat di Indonesia

Mulai berhemat

Uang untuk liburan nggak akan terkumpul kalau kamu masih melakukan gaya hidup konsumtif seperti biasanya. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menyeleksi kembali pengeluaran penting setiap bulannya, ya.

Jika memungkinkan kurangi daftar belanjaan bulanan dan jajan di tempat fancy. Meskipun yang kamu kurangi nggak banyak tapi uang-uang ini akan bikin dana liburan cepat terpenuhi. Semakin banyak yang disisihkan semakin bagus, ya.

Simpan uang dalam bentuk investasi reksadana

Agar uang kamu siapkan nggak terpotong biaya admin bank, Bestpackers bisa menyimpannya di instrumen investasi reksadana. Investasi yang satu ini nggak ribet dan pas banget buat Bestpackers yang ingin menabung untuk liburan.

Selain mudah investasi di reksadana juga punya banyak keuntungan terkait bunganya, Bestpackers. Lebih cepat cuan, deh.

Baca Juga: Perbedaan Backpacker dan Flashpacker, Kamu yang Mana?

Sisihkan uang pasca liburan

Jangan sampai lupa kalau masih ada hari esok setelah liburan. Kamu juga harus memikirkan agar keuangan tidak berantakan pasca berlibur. Pastikan kalau kamu juga menyisihkan uang sampai tanggal gajian bulan baru, ya. Jangan sampai keasyikan liburan justru bikin keuangan selanjutnya jadi berantakan, Bestpackers.

Nah, itulah beberapa tips penting untuk menyiapkan dana liburan agar segera tercapai. Buat kamu yang belum bekerja tips ini tetap bisa dipakai, kok. Selamat mencoba semoga dana liburanmu segera terkumpul.

Sekadar tips, jika ingin liburan lebih hemat budget sebaiknya gunakan akomodasi nyaman dan ramah kantong seperti hostel. Menginap di hostel akan membantu kita untuk memangkas kebutuhan selama liburan. Dan tentu saja, pesan hostelnya di BestHostels Indonesia, ya!

Baca Juga: 7 Aplikasi Wisata Wisata yang Memudahkan Travelingmu

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer