Editor Pick

Cara Berkenalan Dengan Traveler Lain di Hostel, Pasti Berhasil!

Jangan sungkan untuk memperluas pertemanan selama di hostel, ya. Pahami cara berkenalan dengan orang baru yang tepat agar kamu dapat memperoleh lebih banyak teman.

Saat menginap di hostel jangan lewatkan kesempatan untuk mencari teman baru, ya. Hostel adalah akomodasi paling strategis untuk menjalin pertemanan. Nah, biar nggak canggung saat mencari kenalan, coba deh Bestpackers pahami terlebih dahulu cara berkenalan dengan orang baru.

Tips ini sangat berguna agar Bestpackers nggak canggung saat akan memulai pembicaraan. Berikut ini 7 cara berkenalan dengan traveler lain selama di hostel.

Kesan pertama penting

First impression penting banget untuk setiap orang, termasuk pengunjung lain di hostel. Agar bisa mendapatkan teman baru di hostel, cobalah jadi pribadi yang lebih terbuka dan riang. Jangan memasang wajah masam terus-menerus, ya.

Jangan lupa untuk tersenyum saat kamu bertemu dengan pengunjung lainnya di area hostel. Senyum dan kontak mata menjadi salah cara berkenalan terbaik, lo. Karena kedua body language ini dapat menarik atensi dari lawan ngobrolmu.

Gunakan fasilitas sharing di hostel

Nggak hanya di kamar, hostel juga menyediakan banyak banget sharing facility. Mulai dari dapur hingga ruang bersantai. Nah, tempat-tempat ini bisa jadi lokasi awal kamu mencari kenalan. Manfaatkanlah fasilitas-fasilitas tersebut dan jangan sungkan untuk nimbrung dengan traveller lain, ya.

Salah satu area yang paling cocok untuk memulai percakapan adalah lounge atau ruang santai bersama. Kamu bisa mengajak pengunjung lain untuk bersama-sama main kartu atau permainan lain yang disediakan.

Jangan malu untuk menyapa terlebih dahulu

Bestpackers, malu bertanya sesat di jalan. Kalau malu menyapa bisa menyesal belakangan, deh. Beneran, saat pertama kali berada di hostel jangan malu buat menyapa orang lain terlebih dahulu. Sekadar say hi bisa jadi modal awal untuk memulai perbincangan, lo.

Nggak perlu overthinking duluan mengenai respon lawan bicara, cukup nikmati saja prosesnya. Umumnya penghuni hostel ramah-ramah dan memang dalam mode santuy dengan orang baru. Jadi, coba untuk say hi duluan adalah cara berkenalan paling tepat di hostel.

Baca Juga: Cewek Solo Backpacking ke Luar Negeri? Bisa Banget!

Mulailah mengobrol dengan topik yang ringan

Saat memulai kenalan dengan orang baru, usahakan kalau kamu menyodorkan topik yang ringan terlebih dahulu, ya. Cara perkenalan ini penting banget buat dikuasai Bestpackers. Karena langkah pertama untuk memulai percakapan adalah menarik atensi si lawan bicara.

Misalnya, saat di hostel kamu bisa memulai pertanyaan dengan, “Halo, asalnya dari mana? Atau “Kamu datang sendiri?”. Buatlah obrolan mengalir se-natural mungkin, jangan terlihat kamu sedang menyiapkan skenario pembicaraan, ya.

Jangan biarkan suasana jadi krik-krik, ya.

Bestpackers, saat memulai percakapan dengan orang lain usahakan untuk lebih peka membaca situasi, ya. Pahami momen di mana lawan bicara kesulitan untuk melanjutkan topik di antara kalian berdua. Agar obrolan tidak segera berakhir cobalah jadi pribadi yang lebih aktif bertanya.

Carilah kesamaan dengan lawan bicara

Setelah membicarakn topik-topik ringan, cobalah untuk masuk dalam pembicaraan yang lebih asyik. Menemukan kesamaan dengan partner bicara adalah cara berkenalan paling tepat untuk memperlama perbincangan.

Modal kesamaan ini biasanya membuat lawan bicara lebiih tertarik dengan kita. Kuncinya cobalah mengorek informasi secara perlahan pada lawan bicara. Karena kalian adalah sesama traveler, mengorek mengenai pengalaman perjalanan bisa jadi topik pertama yang ditanyakan.

Baca Juga: 9 Barang Penting Buat Backpacker Indonesia, Awas Ketinggalan!

Bersikap antusias

Kalau kamu traveling ke mancanegara, terkadang bahasa jadi faktor penghalang utama dalam komunikasi. Tapi ada cara berkenalan andalam yang bisa kamu gunakan agar lawan bicara tetap tertarik.

Cara berkenalan tersebut adalah menggunakan body language yang menunjukkan kalau kamu sangat  antusias. Respon jawaban dari partner bicaramu dengan ekspresi tersenyum dan dengarkan baik-baik saat mereka bercerita. Bahasa tubuh ini akan membantu kalian jadi lebih asyik dan nyaman satu sama lain.

Selain tips di atas, berusaha menjadi diri sendiri juga nggak boleh dilewatkan saat kamu akan berkenalan dengan orang baru.  Yups, saat jadi diri sendiri kamu akan lebih enjoy untuk ngobrol atau sekadar menyapa orang lain.

Bestpackers, usahakan juga untuk menghargai privasi orang lain, ya. Jangan menanyakan hal-hal yang berbau privat pada lawan bicara yang baru ditemui. Selamat mencoba!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer