Editor Pick

Ingin Nyaman di Penginapan Murah? Patuhi 7 Aturan Nggak Tertulis Hostel

Bestpacker, meski nggak tertulis langsung, ada beberapa peraturan yang harus diikuti selama di hostel. Apa saja, ya?

Jalan-jalan ala backpacker tentu kurang afdol kalau nggak menginap di hostel. Yups, kehadiran penginapan murah ini bisa jadi andalan agar kamu bisa hemat biaya selama travelling. Tapi sudah tahu belum kalau ada beberapa aturan tidak tertulis yang sebenarnya berlaku di hostel?

Peraturan ini ada atas kesadaran diri masing-masing dari kita untuk saling menjadi kenyamanan satu sama lain. Nah, berikut ini beberapa aturan yang sebaiknya Bestpacker lakukan selama menginap di hostel atau penginapan murah khas milenial ini.

Jaga kebersihan

Masalah kebersihan sangat penting untuk diperhatikan selama backpacker berada di penginapan murah ini. Karena nantinya kamu akan membagi ruangan dengan orang lain jadi hargai kenyamanan mereka.

Aturan tidak tertulis ini berlaku saat di ruang tidur, kamar mandi, tempat makan, dan tempat-tempat lain. Agar lebih mudah untuk mengelola sampah, sebaiknya bawa kantong plastik sendiri selama travelling.

Jangan berisik

Suka sebel nggak sih kalau ingin tidur tapi mendengar suara bising? Nah, begitu juga dengan orang lain, lho. Karena selama di hostel kamu akan berbagi ruangan dengan orang lain, jadi hindari menciptakan kebisingan.

Ada beberapa hostel yang mengutarakan aturan ini secara langsung, meski nggak sedikit juga yang tidak menulisnya. Meski nggak ditulis tapi akan lebih bijak jika kamu memperhatikannya. Jika Bestpacker ingin ngobrol dengan penghuni lainnya sebaiknya pilih tempat di luar kamar, ya.

Begitu juga saat ingin mendengarkan musik atau bertelepon, gunakanlah earphone agar tidak mengganggu orang lain.

Meski bertemu banyak teman baru di hostel, tetap ingat untuk jaga ketenangan ya!

Tidak membawa makanan dengan aroma kuat ke dalam kamar

Bestpacker, jangan sekali-kali mencoba membawa durian ke hostel, deh. Karena baunya yang menyengat bisa bikin banyak orang nggak nyaman. Biasanya, penginapan murah ini punya sirkulasi udara yang terbatas dalam satu ruangan, sehingga segala aroma bisa bercampur baur disana.

Jadi, agar penghuni lainnya tidak pingsan, sebaiknya hindari membawa makanan atau benda lain dengan aroma yang kuat, ya.

Kesadaran untuk menggunakan kamar mandi bersama

Yang satu ini sering banget kelupaan di antara penghuni penginapan murah. Bestpacker, berbeda dari hotel, kamar mandi di hostel merupakan fasilitas umum, ya. Jadi saat menggunakan kamar mandi harap memperhatikan kenyamanan orang lain.

Bukan hanya faktor kebersihan, namun durasi waktu untuk mandi juga perlu diperhatikan. Buat kamu yang terbiasa mandi lama, ada baiknya jika bangun lebih awal dari penghuni hostel lainnya. Sementara itu, jika kamar mandi sedang digunakan harap antre dengan sabar, ya.

Cuci peralatan makan sehabis digunakan

Sebagian besar hostel akan menyediakan peralatan makan yang boleh digunakan secara umum. Eitss, tunggu dulu, meski begitu penggunaan alat makan di penginapan murah harus self service, ya. Begitu juga dengan peraturan menjaga kebersihannya.

Jadi, setelah menggunakan alat makan jangan lupa untuk mencucinya lagi, Bestpacker.

Siapkan alat yang membantu kenyamanan tidur

Saat menginap di kamu nggak bisa protes jika terganggu oleh suara penghuni yang baru datang tengah malam, AC yang terlalu dingin, atau lampu yang terlalu silau. Nah, agar tidurmu tetap nyaman sebaiknya bawa alat-alat untuk mengantisipasi hal ini.

Misalnya, penutup telinga atau earplug, kaos kaki untuk berjaga-jaga jika kedinginan, dan penutup mata saat tidur.

Berbagi terminal listrik dengan orang lain

Bestpacker, jangan gunakan seluruh terminal listrik jika hostel yang kamu pilih tidak menyediakannya di masing-masing ranjang. Namun kalau ingin lebih leluasa untuk menggunakan listrik, sebaiknya bawa terminal sambungan sendiri.

Itulah beberapa peraturan tidak tertulis selama kamu menginap di penginapan murah atau hostel. Meskipun nggak tertulis secara langsung namun tetap patuhi demi kenyamanan bersama, ya.

Baca Juga: Mau Tau Apa Kata BestPackers Saat Pertama Kali Menginap di Hostel? Simak Cerita Berikut Ini yuk!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer