5 Alat Musik Tradisional Indonesia Ini Sudah Mendunia!

Bestpackers, tahu nggak kalau banyak alat musik tradisional Indonesia yang go internasional ? Bener banget, alat musik tradisional tidak hanya dinikmati oleh penduduk lokal saja, bahkan mancanegara tertarik untuk mempelajarinya. Nah, apa sajakah itu?

Kekayaan kebudayaan Indonesia sangatlah beragam, mulai dari tradisi, kesenian, lagu daerah hingga alat musik tradisionalnya. Hal ini dikarenakan setiap daerah di Indonesia dipisahkan oleh lautan, sehingga kebudayaan yang terbentuk pun cenderung punya ciri khas masing-masing.  Kita harus bangga ya, Bestpackers.

Salah satu kekayaan Indonesia yang mendunia adalah alat musik tradisional. Setiap daerah di Indonesia memiliki alat musik tradisional yang sangat tersohor. Tak hanya di kalangan penduduk lokal saja, bahkan ada yang mendunia lho.

Selain go internasional, beberapa alat musik Indonesia juga masuk dalam United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai warisan budaya dunia. Kita patut berbagga menjadi bangsa Indonesia. Nah, kira-kira ada alat musik tradisional dari daerahmu nggak?

Angklung

Angklung berasal dari daerah Jawa Barat, alat musik tradisional ini terbuat dari bambu yang telah di bilah-bilah dan dirangkai teratur. Untuk menghasilkan bunyi, angklung harus digoyangkan atau digetarkan. Bentuknya yang unik dan suara yang merdu, membuat angklung banyak disukai wisatawan asing.

Tak jarang dari mereka yang datang ke Indonesia hanya untuk mempelajari angklung. Tak heran jika Angklung akhirnya diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia dalam daftar Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity. Tertarik mempelajarinya, Bestpackers?

Untuk menghasilkan suara yang khas dan irama yang merdu, angklung harus dimainkan secara berkelompok. Karena satu angklung hanya mewakili satu tangga nada. Sehingga, dengan bersama-sama menjadikan suara angklung sangat indah.

Sasando

Alat musik tradisional berikutnya yang telah mendunia adalah sasando. Alat musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Sasando dimainkan dengan cara dipetik.

Bentuk alat musik tradisional ini tergolong unik karena menyerupai kerang dengan bambu di tengahnya dan dikelilingi oleh senar. Suara yang dihasilkan mirip alat musik dawai lainnya seperti gitar atau kecapi. Berbeda dengan angklung yang dimainkan secara berkelompok, sasando bisa dimainkan secara individu.

Djitron Pah pernah membawakan alat musik sasando dalam ajang Asia’s Got Talent pada tahun 2015. Berkat permainannya yang menarik, ia bisa mengelilingi dunia. Mulai dari Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Belanda, Italia, Finlandia, Jerman, hingga Taiwan.

Baca Juga: 7 Wisata Budaya Bali yang Pantang Untuk Dilewatkan

Kolintang

Kolintang atau sering disebut juga kulintang merupakan alat musik tradisional dari Minahasa, Sulawesi Utara. Kolintang terbuat dari kayu dan dimainkan dengan cara dipukul. Umumnya digunakan untuk mengiringi upacara adat, pertunjukan tari atau pertunjukan musik daerah.

Zaman dahulu, kolintang digunakan dalam upacara penghormatan roh leluhur. Namun, saat ini fungsinya beralih menjadi pengiring dalam acara musik maupun orkestra. Kolintang sendiri biasanya dimainkan secara berkelompok agar menghasilkan suara yang harmonis.

Suaranya yang khas menjadikan kolintang banyak digemari oleh wisatawan asing. Tak ayal, jika banyak pertunjukan musik menggunakan kolintang. Sudah pernah melihatnya, Bestpackers?

Tifa

Alat musik tradisional berikutnya bernama tifa, berasal dari Papua dan Maluku. Tifa berbentuk tabung dan dimainkan dengan cara dipukul. Umumnya, tifa difungsikan untuk mengiringi pertunjukan seni, upacara adat dan pertunjukan musik.

Tifa terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu jekir, potong, dasar, dan bas. Tifa Maluku berbentuk tabung dan tidak diberi pegangan. Sedangkan, pada tifa Papua memiliki bentuk yang melengkung dan diberi pegangan. 

Bagian luar tifa memiliki ukiran dengan filosofi yang mendalam. Misalnya saja pada suku Biak, Waropen, ukiran dan motif pada tifa menunjukkan status pemiliknya sebagai pakas anem atau masyarakat biasa. Unik banget bukan?

Gamelan

Gamelan merupakan alat musik tradisional yang memadukan alat musik gong, metalofon, gendang dan gambang. Gamelan sendiri telah lama dikenal dalam level internasional. Bahkan, negara seperti Inggris, Kanada, Australia, dan Amerika Serikat telah menyelenggarakan pendidikan seni gamelan.

Selain itu, di Singapura gamelan dijadikan mata pelajaran dari tingkat SD hingga SMA. Universitas bergengsi di dunia-pun menjadikan gamelan sebagai mata kuliah yang wajib diikuti mahasiswanya antara lain, University of Minnesota dan Universitas Michigan di Amerika Serikat, Cambridge University dan University of Manchester, serta beberapa negara lainnya. Tertarik ingin mempelajarinya juga, Bestpackers?

Tak ayal, jika sejak tahun 2014 gamelan telah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Gamelan memiliki irama mendayu-dayu yang khas. Sama seperti alat musik angklung, gamelan harus dimainkan secara bersama-sama untuk menghasilkan suara yang harmonis.

Nah, itu tadi 5 alat musik tradisional Indonesia yang sudah mendunia. Sebagai generasi muda kita wajib bangga dan melestarikannya. Dapatkan informasi menarik lainnya di Instagram BestHostels Indonesia. Stay Safe, Bestpackers!

Baca Juga: 7 Tari Tradisional Indonesia yang Mendunia, Bikin Bangga!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer