9 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba, Bikin Ketagihan

Jalan-jalan ke Bali nggak lengkap tanpa nyobain makanan khasnya. Nah, biar nggak bingung milih, berikut ini 9  makanan khas Bali yang wajib kamu coba selama travelling.

Travelling bakalan kurang afdol jika kita nggak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Ini berlaku juga saat Bestpacker berkunjung ke Bali. Pulau cantik ini tidak hanya menyajikan keindahan alamnya, lho. Ada banyak makanan khas Bali yang menggugah selera dan sayang banget kalau nggak dicoba.

Makanan khas Bali bisanya memiliki citarasa yang kuat karena diolah dengan rempah-rempah berlimpah. Di antara segudang makanan khas Bali, berikut ini 9 yang paling recommended untuk kamu coba.

Ayam betutu

Menyebut makanan khas Bali tentu nggak lengkap rasanya jika tidak dimulai dari ayam betutu. Menu yang satu ini telah banyak dikenal oleh masyarakat luas akan kelezatannya. Ayam betutu merupakan sajian ayam kampung utuh yang perutnya telah diisi dengan bumbu khas Bali.

Ayam yang sudah dibumbui kemudian dibungkus daun pisang atau daun pinang, lalu dipanggang. Selain citarasa pedas khas rempah-rempah, rasa gurih pada daging ayam betutu juga nggak perlu diragukan lagi, lho. Tidak hanya ayam, kamu juga bisa memilih varian bebek betutu.

Ini salah satu makanan khas Bali yang perlu kamu coba: tum ayam dan sate lilit! (Foto: koleksi pribadi)

Sate lilit

Jangan mengaku travelling ke Bali kalau belum mencoba makanan khas Bali yang satu ini. Sate lilit merupakan daging yang diolah dengan cara dilekatkan pada tusuk satenya hingga menempel. Biasanya tusukan sate lilit dibuat dari tangkai bambu atau batang serai.

Bahan yang digunakan untuk membuat sate lilit adalah daging cincang yang telah dibumbui khas secara khas. Teksturnya yang empuk dan gurih bakal bikin kamu ketagihan.

Nasi tepeng

Nasi tepeng sekilas mirip dengan nasi campur di beberapa daerah lainnya. Namun yang menjadi khas adalah sajian lauk yang terdapat dalam nasi tepeng. Umumnya, nasi tepeng disajikan dengan lauk beberapa sayuran, kacang merah, kelapa parut, nangka muda, dan daging.

Citarasa yang paling dominan dalalm nasi tepeng adalah pedas dan gurih. Nah, yang bikin menarik, nasi tepeng disajikan dengan alas daun pisang. Menggugah selera banget, kan?

Tum ayam

Ingin mencoba versi lain dari pepes? Pergi ke Bali, yuk. Di Bali Bestpacker bisa merasakan kuliner unik bernama tum ayam. Sajian ini berupa daging ayam yang dicincang dan diolah bersama bumbu-bumbu khas Bali. Dari segi tampilan tum ayam sangat mirip dengan pepes, yakni dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Menyantap tum ayam paling asyik dengan nasi hangat. Sedap!

Nasi jinggo

Ingin mencoba makanan khas Bali yang murah meriah? Nasi jinggo bisa dijadikan menu pilihan yang tepat buat Bestpacker. Meski memiliki harga yang murah, soal rasa Bestpacker nggak perlu meragukan lagi, deh.

Nasi jinggo merupakan makanan khas Bali yang disajikan dengan kemasan daun pisang dan punya sambal super pedas. Kuliner ini biasanya terdiri dari nasi, daging ayam suwir, mie goreng, tempe goreng, dan sambal khasnya. Karena rasanya yang lezat dijamin kamu nggak cukup dengan satu bungkus saja.

Serombotan

Pengen makan sayur-sayuran yang sehat nan segar? Tenang, Bali punya pilihan buat kamu. Yups, berkunjung ke Bali nggak boleh dong melewatkan serombotan. Menu yang berasal dari daerah Klungkung ini menyajikan campuran sayur-sayuran, seperti bayam, kangkung, kacang panjang, terong bulat, tauge, pare, buncis, dan beberapa variasi lainnya.

Nah, tapi bumbu untuk serombotan cukup unik, lho. Karena bumbunya dibuat dari campuran kunyit, kencur, lengkuas, dan bumbu kacang pedas. Serombotan paling cocok disantap bersama tipat atau nasi.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Cantik di Nusa Lembongan, Bikin Susah Move On

Lawar

Sudah kesohor dengan kelezatannya, lawar bisa menjadi pilihan makanan yang harus kamu coba selama di Bali. Lawar adalah daging cincang dan disajikan dengan aneka sayuran, seperti kacang panjang yang dibumbui parutan kelapa dan rempah-rempah.

Ada dua jenis lawar yang umum di Bali, yakni lawar merah dan lawar putih. Lawar merah dibuat dengan bahan daging plus campuran darah. Jadi kalau kamu mau “main aman”, pilih lawar putih saja. Sajian lawar paling asyik disantap dengan nasi, sate lilit, dan jukut ares. Banyak varian lawar seperti lawar ayam, lawar kuwir (daging mentog), dan juga yang non halal yaitu lawar babi.

Bebek timbungan

Penggemar bebek wajib banget menjajal makanan khas Bali yang satu ini. Bebek timbungan merupakan menu bebek yang dimasak dengan rempah-rempah dalam waktu yang lama. Proses memasak bebek timbungan ini menggunakan api kecil sehingga daging tidak mudah gosong.

Nah, soal tekstur nggak perlu diragukan lagi, Bestpacker. Bebek timbungan punya tekstur yang empuk dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam daging. Kamu pasti ketagihan!

Tipat blayag

Bali juga punya sajian tipat atau ketupatnya sendiri, lho. Di sini bentuk ketupatnya berbeda dari yang biasa kita kenal. Tipat di Bali berbentuk lebih mirip lontong yang memancang dan dililit dengan janur atau daun enau muda.

Tipat blayag disajikan dengan saus dari olahan tepung beras dan rempah khas Bali. Tekstur sausnya sekilas mirip dengan santan yang kental, namun punya citarasa yang lebih lezat tentunya. Tipat blayag paling cocok disatap bersama potongan sayur urap, ayam sisit, dan kerupuk kulit ayam.

Itulah 9 makanan khas Bali yang akan bikin Bestpacker jatuh hati. Berbagai menu di atas sangat mudah ditemukan di se-antero Bali, kok. Jadi nggak perlu khawatir susah mencarinya, ya.

Baca Juga: Ingin Nyaman di Penginapan Murah? Patuhi 7 Aturan Nggak Tertulis Hostel

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer