8 Manfaat Solo Traveling, Jangan Takut Mencoba

Jangan mati dulu sebelum nyobain solo traveling, sepertinya peribahasa yang tepat. Karena momen ini punya banyak manfaat untuk mengubah hidupmu, lho.

Tren traveling terus meningkat seiring perkembangan teknologi digital. Nah, salah satu jenis traveling yang banyak digemari adalah solo traveling. Sayangnya, para pemula yang berminat melakukan solo traveling biasanya sedikit was-was, ya?

Ketika memikirkan solo traveling, kita akan terbayang dengan kemungkinan-kemungkinan menyeramkan. Misalnya, tersesat, kesulitan menjangkau destinasi wisata, perjalanan yang membosankan, hingga terlambat bangun pagi. Dan itu semua harus dijalani sendirian. Namanya juga solo traveling!

Tapi kalau nggak mencoba kamu nggak akan pernah tahu rasanya, lho. Saatnya buat berani mencoba hal baru. Salah satunya dengan solo traveling.

Bestpackers, menjadi solo traveler punya banyak keuntungan buat diri kita. Berikut ini 8 keuntungan solo traveling yang bisa kamu dapatkan.

Lebih pandai mengatur uang

Berhubung harus pergi sendirian, maka semuanya juga harus diatur sendiri termasuk urusan keuangan. Mulai dari urusan biaya transportasi, penginapan, hingga konsumsi kebutuhan sehari-hari.

Apalagi kalau kamu berangkat dengan budget minim, berarti harus pandai-pandai untuk menyesuaikan budget selama perjalanan. Nah, setelah jadi solo traveler kamu pasti bakalan semakin pandai untuk mengatur keuangan.

Bebas mengatur rencana liburan

Saat jalan-jalan bersama orang lain seringkali kita harus menyesuaikan dengan keputusan mayoritas terkait apapun. Misalnya, mengenai tempat yang ingin didatangi, makanan yang dibeli, atau petualangan seru yang harus dilakukan.

Nah, hal-hal seperti ini nggak akan kamu dapatkan selama solo traveling. Karena jalan-jalan sendiri bikin kamu bisa mengunjungi tempat-tempat seru sesuai keinginan. Waktu liburanmu juga jadi lebih fleksibel dengan solo traveling.

Keluar dari zona nyaman

Siapa nih yang ingin keluar dari zona nyaman? Cobain solo traveling aja. Yups, dengan liburan sendiri kamu hanya akan mengandalkan dirimu sendiri dalam perjalanan. Dengan begitu, kamu mau tidak mau akan keluar dari zona nyaman karena nggak dekat dengan orang tersayang.

Selama jadi solo traveler kamu akan dipaksa belajar menjadi pribadi yang berbeda. Percaya deh, ini bakalan jadi seru banget.

Belajar mengenal diri sendiri

Satu hal yang penting banget yang bakalan kamu dapat selama liburan sendirian adalah kenalan sama diri sendiri lebih dalam. Yoih, karena jauh dari orang-orang tersayang, kamu hanya dihadapkan dengan diri sendiri. Medan yang baru akan membuatmu sadar kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki.

Selama jadi solo traveler, kamu mungkin juga akan menemukan bakat-bakat terpendam yang selama ini nggak kamu sadari, lho. Bahkan tujuan hidupmu juga bisa dicari dari pengalaman mengenali diri sendiri ini.

Meningkatkan kepercayaan diri

Kalau kamu merasa kurang percaya diri, coba deh mencoba liburan sendiri. Kegiatan ini efektif untuk meningkatkan kepercayaan dirimu, lho. Apalagi jika kamu adalah seorang yang pemalu, selama traveling sendirian nanti kamu mau nggak mau akan dipaksa untuk berani bertanya pada orang lain.

Saat kebingungan soal arah atau tempat baru, jalan-jalan sendirian akan memaksa kita untuk berani bertanya. Nah, modal kepercayaan diri yang didapat selama liburan sendirian ini akan bertahan terus bahkan ketika kamu pulang.

Baca Juga: Backpackers, Ini 7 Keuntungan Menginap di Hostel

Bikin kita lebih open minded

Solo traveling memaksa kita untuk mau berkenalan dengan orang baru. Melalui perkenalan-perkenalan ini Bestpackers akan belajar untuk lebih banyak mengenal pengalaman dan mendapatkan cerita baru dari orang-orang yang ditemui selama perjalanan.

Sesama traveler dengan latar belakang, cerita, dan pengalaman yang berbeda akan membuka cakrawala berpikir kita. Memperbanyak bertemu dengan orang baru selama solo traveling akan membuatmu jadi pribadi yang lebih open minded, lho.

Efek positif terhadap psikis

Menurut survei dari perusahaan wisata Trafalgar yang dimuat di situs Health.com, sebanyak 57% wanita yang melakukan solo traveling jadi pribadi yang lebih kuat dan terininspirasi. Mereka mengaku punya kebahagiaan tersendiri saat menjelajah tempat baru sendirian.

Nah, kalau kamu lagi suntuk atau banyak masalah coba deh gunakan jatah waktumu untuk solo traveling.

Jadi pribadi yang lebih mandiri

Poin yang satu ini adalah manfaat solo traveling yang paling terlihat. Sudah pasti, dong. Dengan terbiasa jalan-jalan sendiri, kamu akan tumbuh jadi seseorang yang mengalahkan rasa takut, kemalasan, dan hal-hal lain yang mempengaruhi perjalanan.

Contohnya selama liburan sendirian kamu harus terbiasa mencari makanan sendiri, jalan-jalan ke destinasi wisata sendiri, dan memutuskan masalah sendiri. Dengan melakukan solo traveling kamu sama saja sudah menaklukan ketakutanmu, lho.

Bestpackers, itulah 8 keuntungan melakukan solo traveling. Jangan kalah dengan rasa takutmu, ya. Cobalah keluar dari rumah dan rasakan liburan yang seru dan menyenangkan. Namun agar lebih aman untuk booking hostel selama solo traveling, jangan lupa pesan di website Best Hostels Indonesia, ya.

Baca juga: Cewek Solo Backpacking Ke Mancanegara, Siapa Takut!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer