8 Makanan Buka Puasa Lezat di Indonesia

Buka puasa nggak hanya tentang kolak saja, Bestpackers. Berikut ini 8 makanan buka puasa dari berbagai daerah yang bisa jadi inspirasimu.

Ngomongin tentang makanan buka puasa biasanya ingatan kita selalu merujuk pada kolak atau sop buah. Padahal makanan buka puasa nggak hanya kedua menu itu saja, lo. Ada berbagai sajian lain yang menjadi primadona berbagai daerah sebagai menu berbuka puasa.

Berikut ini 8 menu berbuka puasa khas dari berbagai daerah yang bisa jadi referensimu. Bisa jadi pilihan saat bukber.

Mi Caluk (Aceh)

Sekilas terlihat seperti mie lidi, sajian khas ini kerap dikenal sebagai makanan buka puasa di wilayah Aceh. Makanan tradisional ini memiliki rasa rempah-rempah yang kuat dan cenderung pedas. Kuas dari mie caluk terbuat dari kacang dengan campuran rempat seperti kunyit, dan cabagi kering.

Sepiring mie caluk biasanya disajikan di atas daun pisang dan disantap bersamaan dengan campuran bumbu kacang dan potongan daun singkong.

Bubur Kampiun (Padang)

Nama bubur kampiun menjadi salah satu sajian yang naik daun selama bulan Ramadhan di Bukittinggi. Bubur kampiun dibuat dari ketan putih kukus, ketan hitam, bubur sumsum, bubur kacang hijau, kolak pisang, dan bubur candil.

Rasa dari bubur kampiun dominan manis dan gurih. Karena mengandung berbagai karbohidrat, makanan ini sangat mengenyangkan. Cocok banget jadi pilihan untuk berbuka puasa.

Otak-otak (Palembang)

Nggak hanya makanan manis saja yang pas untuk berbuka puasa, otak-otak ikan tenggiri juga bisa. Sajian ini merupakan makanan khas Palembang yang digemari saat berbuka puasa. Otak-otak tenggiri biasanya dinikmati dicocol dengan saus kacang.

Teksturnya yang kenyal dan citarasa gurih sangat menggugah selera saat dipadukan dengan saus kacang. Menyantap otak-otak saat berbuka bikin selera makan naik drastis, lo.

Bingka Kentang makanan khas Banjarmasin untuk buka puasa (Foto: Koleksi Pribadi)

Bingka Kentang (Kalimantan Timur)

Pulau Borneo nggak mau ketinggalan untuk mempersembahkan sajian khasnya. Bingka kentang merupakan kudapan khas yang biasanya disajikan di Banjarmasin sebagai makanan buka puasa. Bingka kentang terbuat dari adonan dari telur, kelapa parut, tepung, dan gula pasir yang dibakar 10-15 menit.

Rasanya yang gurih dan legit sangat cocok untuk dijadikan menu takjil berbuka puasa.

Sarikayo (Padang)

Sarikayo merupakan salah satu makanan khas yang kerap disantap saat berbuka puasa di Padang dan Palembang. Punya citarasa manis dan lembut, sajian ini cocok banget buat jadi santapan saat buka puasa.

Meski namanya mirip dengan buah srikaya namun sajian ini nggak ada hubungannya, ya. Sarikayo merupakan sajian ketan yang dipadukan bersama telur, gula merah, pandan, dan daun suji. Saat Ramadhan sajian ini sangat mudah ditemui sebagai salah satu takjil buka puasa.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Cantik di Nusa Lembongan, Bikin Susah Move On

Ketan Bintul (Banten)

Bestpackers, makanan buka puasa ini disebut-sebut sebagai makanan favorit Sultan Banten untuk berbuka puasa. Nggak heran, sajian ketan bintul banyak ditemukan di berbagai sudut Provinsi Banten selama bulan Ramadhan.

Ketan bintul ini merupakan nasi ketan putih pulen yang dicampur dengan bumbu serundeng kelapa. Rasanya? Nggak usah ditanya, deh. Kombinasi antara ketan dan kelapa terasa gurih banget di lidah.

Baca Juga: 9 Barang Penting Buat Backpacker Indonesia, Awas Ketinggalan!

Mi Glosor khas Bogor asik juga buat buka puasa! (Foto: Koleksi Pribadi)

Mi Glosor (Bogor)

Mie yang satu ini punya keunikan tersendiri dibandingkan mie yang ada di berbagai daerah. Mie glosor merupakan makanan buka puasa yang banyak ditemukan di wilayah Bogor. Makanan ini terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan kunyit.

Warnanya kuning dan punya tekstur kenyal dan licin. Mie glosor biasanya disajikan dengan nasi atau ditumis menggunakan bawang, serta aneka rempah-rempah.

Kicak (Yogyakarta)

Sajian ini termasuk dalam salah satu takjil legendaris di Yogyakarta. Umumnya makanan ini ramai dijumpai selama bulan Ramadhan. Kue kicak terbuat dari beras ketan yang ditumbuk lalu dicampurkan dengan gula pasir, pandan, irisan buah nangka lengkap dengan toping parutan kelapa di atasnya.

Kicak punya cita rasa yang manis dan gurih dengan aroma pandan yang wangi.

Di antara berbagai makanan buka puasa di atas, favoritmu yang mana, Bestpackers?

Baca Juga: 9 Wisata Ubud Terbaik, Surganya Penggemar Seni

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer