8 Kesalahan Packing Barang Selama Traveling, Wajib Dihindari

Salah packing barang bikin traveling nggak nyaman. Pahami 8 kesalahan umum yang sering dilakukan backpackers selama traveling ini, yuk.

Packing barang selama traveling butuh trik khusus, lho. Nggak heran kalau banyak orang yang malas banget dengan step ini. Apalagi kalau kita nggak sengaja ketinggalan barang penting saat traveling tentu bakalan makin badmood.

Nah, agar itu tidak terjadi padamu pahami 8 kesalahan packing barang yang sering dilakukan travelers. Bestpackers, hindari hal-hal berikut ini, ya.

Tidak membuat daftar bawaan

Sebelum mulai packing barang untuk traveling pastikan Bestpackers membuat daftar barang bawaaan terlebih dahulu, ya. Buatlah list sesuai skala prioritas supaya bawaanmu lebih efisien. Tapi membuat daftar barang bawaan ini harus dilakukan jauh-jauh hari agar pikiran bisa lebih jernih. Lakukan checklist agar kamu nggak ketinggalan barang-barang penting saat traveling.

Boros melipat pakaian

Sekarang banyak travel hacks yang bisa dicoba saat packing barang sebelum traveling. Nah, salah satu kesalahan backpackers saat packing adalah boros dalam melipat pakaian. Jangan samakan backpack dengan lemari bajumu, ya.

Cara melipat pakaian yang bisa hemat tempat adalah melipat seperti trick Marie Kondo. Kamu bisa melihat tutorialnya di Youtube, ya. Cara ini bakalan menghemat ruang dari backpackmu tapi tetap bisa rapi.

Packing mepet keberangkatan

Ada baiknya buat mencicil packing barang minimal satu minggu sebelum bepergian, ya. Karena berkemas di waktu-waktu yang mepet dengan keberangkatan bakalan bikin stres sendiri. Nah, saat stres dan buru-buru begini kamu jadi lebih sulit buat berpikir jernih.

Alhasil terkadang ada barang yang nggak berguna ikut terbawa. Atau sebaliknya, ada barang penting yang justru ketinggalan.

Lupa mengecek cuaca atau musim di tempat tujuan

Bestpackers, salah kostum saat liburan bisa jadi bencana banget, lho. Misalnya, kamu berencana datang ke daerah yang dingin seperti puncak tapi kebanyakan baju yang dibawa adalah berbahan tipis. Ini sih namanya nyari masalah.

Nah, kesalahan para traveler yang masih sering terjadi adalah tidak mengecek musim sebelum packing barang. Meski cuaca bisa berubah dalam hitungan jam tapi tetep perhatikan baik-baik kondisi suhu wilayah yang kamu datangi, ya. Ini untuk menanggulangi kemungkinan salah kostum selama traveling.

Nggak bawa laundry bag

Nggak membawa laundry bag bisa jadi kesalahan yang fatal selama packing barang, lho. Karena laundry bag sangat berguna untuk memisahkan pakaian kotor dan bersih. Trik ini dilakukan agar baju-baju bersihmu nggak ikut bau tak sedap di dalam tas.

Kalau kamu ingin lebih hemat tempat ada alternatifnya, kok. Bawalah plastik zipper lock selama perjalanan. Keberadaannya akan membantu memisahkan baju yang bersih dan kotor.

Overpacking

Perlu liburan emang bawaannya antusias banget, ya? Tapi nggak perlu bawa semua barang juga, dong. Kadang terlalu excited buat berangkat liburan bikin sebagian besar orang membawa pakaian di luar batas kewajaran.

Misalnya, membayangkan ingin foto dengan baju tertentu di setiap tempat. Alhasil kamu akan overpacking dengan membawa semua jenis pakaian yang berbeda tema tersebut. Meski foto dengan beda tema bakalan bagus buat feed medsosmu, tapi jika nggak nyaman selama traveling buat apa, kan?

Tapi sebenarnya untuk menyiasati hal ini sebenarnya ada alternatifnya, kok. Bawa sedikit saja pakaian saat berlibur tapi yang bisa di mix and match satu sama lain. Dengan begitu tampilanmu akan selalu terlihat baru.

Tidak memindahkan barang dalam ukuran travel size

Selama traveling kamu nggak perlu bawa shampo dan sabun cair dalam ukuran yang besar, ya. Cukup pindahkan cairan-cairan tersebut dalam travel size saja sehingga lebih mudah untuk dibawa. Memindahkan barang dalam travel size juga lebih hemat tempat, lho.

Selain itu, jika kamu akan melakukan penerbangan internasional, jumlah cairan ini juga akan dihitung, lho. Jadi untuk memudahkanmu melewati proses pengecekan barang, maka gunakan ukuran travel size.

Memasukkan sepatu besar

Salah satu item yang paling banyak memakan tempat adalah sepatu. Memasukkan sepatu dalam backpack merupakan kesalahan fatal dalam packing barang, ya. Apalagi jika kamu membawa jenis sepatu boots yang berat. Nah, untuk menyiasati hal ini ada caranya, kok.

Cukup bawa satu sepatu saja untuk traveling, sisanya bawalah sandal yang ringan. Letakkan sandal ringan tersebut di dalam backpack dan gunakan jenis sepatu yang berat dalam perjalanan. Dengan begini kamu nggak perlu berat-berat lagi menggendong sepatu kemana-mana.

Yaps, itulah 8 kesalahan packing barang yang sering dilakukan. Agar semakin nyaman selama traveling sebaiknya pastikan jika kamu tidak melakukannya, ya.

Baca Juga: 5 Alasan Hostel Jadi Kebutuhan Wisata Generasi Milenial

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer