7 Tempat Wisata di Madura Terbaik, Wajib Dikunjungi Bestpackers

Bestpackers, apa yang terlintas ketika mendengar Madura? Pasti nggak jauh-jauh dari sate, karapan sapi dan garamnya, ya? Padahal ada banyak banget tempat wisata di Madura yang keren banget untuk diexplore, lho. Apa saja?

Seiring dengan mudahnya akses, Pulau Madura mulai berkembang pesat tak terkecuali wisatanya. Selain menjadi penghasil garam terbesar di dunia, sektor wisata di Madura juga menjadi salah satu nilai jual sekaligus daya tarik pulau ini. Ada banyak sekali rekomendasi wsata di Madura yang sayang sekali untuk dilewatkan, lho.

Madura sendiri tidak hanya terkenal dengan kuliner satenya yang melegenda di penjuru Indonesia. Berbagai rekomendasi tempat wisata di Madura pun tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata budaya bahkan religi bisa Bestpackers temukan ketika mengunjungi Madura. Nah, kira-kira apa aja ya, Bestpackers?

Jembatan Suramadu

Menyebut Madura pasti secara langsung juga akan ingat dengan Jembatan Suramadu. Bener banget, mengunjungi Madura tak afdoll rasanya kalau nggak mampir dulu ke Jembatan Suramadu. Jembatan ini berdiri pada tahun 2009 dan merupakan jembatan terpanjang di Indonesia, lho.

Jembatan Suramadu merupakan pintu masuk Pulau Madura, nggak ada salahnya buat melipir sejenak dong. Megahnya jembatan di malam hari yang beradu dengan gemerlap lampu jalan menambah kesan keindahan tempat ini. 

Nah, buat anak indie juga bisa menikmati keindahan sunset dari atas Jembatan Suramadu. Nggak hanya itu, Bestpackers juga dapat menikmati keindahan Selat Madura dengan menyewa kapal seharga Rp 20.000. Dijamin Bestpackers bakal puas dengan segala keindahan yang diberikan pulau yang satu ini. Pastinya cocok banget masuk wishlist liburanmu dong.

Bukit Kapur Jaddih

Kalau Bestpackers pernah menyambangi Tebing Breksi yang ada di Yogyakarta, nampaknya tempat wisata di Madura ini punya kemiripan, lho. Bedanya, kalau yang ada di Madura ini punya danau yang berwarna kehijauan di tengah bukit kapurnya. Wisata di Madura ini diberi nama Bukit Kapur Jaddih.

Bukit Kapur Jaddih ini tepatnya terletak di Bangkalan, Madura. Bukit ini terbentuk karena bekas penambangan batu kapur putih sehingga terdapat cekungan air yang saat ini menjadi danau. Warnanya yang eksotis dan dikelilingi tebing kapur menjadikan tempat ini selalu dipadati oleh pengunjung. Sensasinya seperti menemukan oase di tengah gurun, lho.

Serunya lagi, di Bukit Kapur Jaddih ini Bestpackers bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau sambil menikmati tebing kapur raksasa yang begitu eksotis. Harga tiket masuknya pun tergolong murah, hanya dibandrol Rp 2000-5000 saja. Dijamin nggak akan bikin kantong menangis, Bestpackers.

Air Terjun Toroan

Rekomendasi wisata di Madura yang berikutnya adalah Air Terjun Toroan. Jika Bestpackers belum pernah melihat air terjun yang langsung berpadu dengan pantai, nampaknya Bestpackers wajib mengunjungi air terjun yang satu ini. Letaknya nggak jauh dari pusat kota Sampang cuma 4 km ke arah utara. Mudah dijangkau bukan?

Di tempat wisata ini Bestpackers bisa menikmati air terjun setinggi 20 meter yang airnya langsung bermuara pada pantai, lho. Sudah bisa dibayangkan betapa indahnya, gemericik air yang beradu dengan deburan ombaknya. Ditambah lagi keberadaan pohon disekelilingnya yang menambah keindahannya. Cocok banget buat Bestpackers healing nih.

Nggak cuma itu Air Terjun Toroan juga memilki spot sunset yang menawan. Sehingga cocok banget bagi Bestpackers yang ingin berburu senja. Deburan pasir putih di sepanjang bibir pantai menambah kesan aesthetic tempat ini. Jangan lupa masukin wishlist liburanmu ya, Bestpackers.

Gili Labak

Nggak mau kalah dengan Lombok yang punya Gili Trawangan, Pulau Madura juga punya Gili Labak yang nggak kalah mempesona, lho. Gili Labak merupakan tropical island dengan deburan ombak biru, hamparan pasir putih, dan pulau yang hijau serta gugusan terumbu karang yang menawarkan atmosfer yang keren banget. Ini sih bisa disebut mini surganya Madura.

Nah, kalau Raja Ampat punya kekayaan biota bawah laut yang menakjubkan. Gili Labak juga menyipan kekayaan bawah laut yang nggak kalah lengkap, lho. Walaupun tergolong tidak luas, namun soal keindahan alamnya tak perlu diragukan lagi. Bestpackers juga bisa mengelilingi pulau yang memiliki 5 hektare ini.

Pecinta snorkeling dan diving juga bakal dimanjakan jika mengunjungi Gili Labak, airnya yang jernih dan ragam biota laut mampu memnghipnotis siapapun yang melihatnya. Eits, jangan lupa bawa kamera ya, Bestpackers. Abadikan momentmu, agar liburan lebih memorable.

Pantai Rongkang

Jika pantai pada umumnya dihiasi dengan hamparan pasir putih yang menawan, pantai ini menyuguhkan sensasi wisata pantai yang berbeda. Yups, pantai ini dikenal dengan nama Pantai Rongkang. Sesuai namanya pantai ini berasal dari kata “Ngrongkang” yang artinya berlubang.

Meskipun pantai ini berlubang dengan batuan cadas, namun tak mengurangi keindahannya. Justru semakin menambah kesan unik tempat wisata pantai yang satu ini. Jika, Bestpackers menyambangi tempat ini jangan lupa mengcapture moment liburanmu ya. Pohon hijau yang rindang di sekelilingnya akan memberikan kesan fotomu semakin instagenic.

Waktu yang cocok mengunjungi Pantai Rongkang adalah ketika sore hari, tepatnya saat senja tiba.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Solo yang Sayang untuk Dilewatkan!

Api Tak Kunjung Padam di Pamekasan

Bestpackers, pernah melihat semburan api yang tak kunjung padam dari dalam bumi nggak? Jika belum, maka rekomendasi tempat wisata di Madura yang satu ini wajib Bestpackers datangi. Letaknya ada di Desa Larangan Tokol, Kabupaten Pamekasan. Orang Madura kerap menyebutnya dengan Api Abadi.

Nah, jika bertandang ke tempat wisata ini Bestpackers dapat merasakan atmosfer liburan yang berbeda,lho. Bestpackers bisa memasak makanan atau membakar jagung secara langsung di Api Abadi. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi saat pagi hari dengan suasana yang segar.

Nggak jauh dari Api Abadi, juga terdapat bumi perkemahan yang pas banget buat glamping seru bersama orang-orang terkasih nih. Bestpackers bisa menikmati liburan yang memorable di tempat ini. Nah, kebetulan banget nih letaknya nggak jauh dari pusat kota, lho.

Baca Juga: 7 Wisata Budaya Bali yang Pantang Untuk Dilewatkan

Gua Lebar

Tidak seperti gua-gua pada umumnya, gua di Madura ini memiliki keunikan yang begitu menawan. Yups, namanya adalah Gua Lebar. Tepat di atas gua ini terdapat taman yang berkonsep hutan lindung, lho. Bestpackers bisa menemukan sensasi menjelajah gua sekaligus mini jungle di atasnya. Menarik bukan?

Berada di atas ketinggian 500 mdpl, Bestpackers bisa menikmati pemandangan Kota Madura bahkan Selat Madura dari puncaknya. Nggak hanya itu, saat menjelang sore hari Gua Lebar juga menyuguhkan sunset yang aesthetic. Guratan orange di langit yang beradu dengan lampu-lampu kota serta hamparan selat Sunda membuat siapapun takjub melihatnya.

Nggak hanya tentang keindahan alamnya, ternyata Gua Lebar juga sangat lekat dengan sejarah. Jika dirunut ke belakang ternyata tempat wisata ini merupakan petilasan Pangeran Diponegoro. Paket lengkap bukan, selain menikmati alamnya kamu juga bisa lebih mengenal sejarah setempat.

Itulah 7 rekomendasi wisata di Madura yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Untuk mendapatkan informasi menarik seputar destinasi wisata di Madura kamu bisa pantengi terus media sosial BestHostels Indonesia.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer