7 Rekomendasi Kuliner Glodok Legendaris yang Wajib Kamu Coba

Rekomendasi kuliner Glodok bisa jadi salah satu agenda menarik ketika sedang berada di Jakarta. Namun tidak perlu bingung memilih makanan di antara banyaknya penjaja kuliner di Kawasan Pecinan ini. Karena BestHostels indonesia telah merangkum 7 rekomendasi kuliner Glodok yang paling menarik untuk dicoba.

Baca Juga: 5 Tempat Ngopi Hits di Jakarta yang Cozy Banget

Melakukan wisata kuliner di Jakarta nggak akan lengkap jika kamu nggak mampir ke Glodok. Karena kawasan di Jakarta Barat ini sering disebut-sebut sebagai surganya wisata kuliner. Umumnya, ragam kuliner Glodok didominasi dengan masakan Tionghoa yang unik dan jarang ditemukan di tempat lain.

Bahkan kebanyakan kedai yang ada di lokasi ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu, lho. Jadi soal keunikan rasa, kamu nggak perlu meragukannya lagi.

Rekomendasi Kuliner Glodok

Jika tertarik untuk berkunjung ke Glodok, berikut ini 7 rekomendasi kuliner glodok yang unik dan wajib kamu coba ala BestHostels Indonesia.

1. Cong Fan

Rekomendasi kuliner glodok yang pertama adalah Cong Fan. Makanan legendaris ini sebenarnya berasal dari Medan. Tampilan luar cong fan sekilas mirip dengan kwetiau, karena disajikan dalam bentuk lembaran-lembaran tipis. Bahan baku pembuatan cong fan sendiri adalah campuran tepung besar dan tang mien.

Kalau biasanya cong fan hanya bisa ditemui di restoran chinese food, hal ini nggak berlaku di Glodok. Karena kamu bisa membeli kuliner lezat ini di pedagang-pedagang gerobak. Cong fan di Glodok biasanya disajikan dengan cara digunting memanjang dan diberi kecap asin, sambal, serta taburan bawang goreng yang banyak.

2. Cempedak Goreng

Punya aroma yang harum dan rasa yang legit, cempedak banyak diburu masyarakat. Sayangnya, belakangan sajian berbahan dasar cempedak cukup sulit ditemukan. Nah, alternatifnya kamu bisa pergi ke Glodok untuk menjajal cempedak goreng di Kedai Cik Lina.

Rekomendasi kuliner Glodok satu ini sudah ada sejak tahun 1990-an dan disukai banyak orang karena ukuran gorengannya yang besar. Lokasi Kedai Cik Lina ada di Gang Kalimati, Glodok.

3. Mipan

Rekomendasi kuliner Glodok selanjutnya adalah kue yang terbuat dari tepung beras dan air khi (air abu batang padi). Diberi nama mipan, sajian khas ini sebenarnya sangat mirip dengan kue tradisional Indonesia, nagasari. Rasa mipan sendiri tergolong hambar, namun dalam penyajiannya akan disiram dengan gula merah dan bawang putih goreng.

Banyak orang yang menyebut kalau kudapan ini berasal dari tanah Kalimantan. Namun kamu bisa menemukannya juga di gang Gloria, Glodok.

4. Rujak shanghai

Ke Glodok tidak akan lengkap jika kamu nggak mencoba rujak shanghai. Meski namanya rujak tapi sajian ini cukup berbeda dengan apa yang kita bayangkan. Rujak shanghai nggak hanya terdiri dari potongan buah namun juga sayuran rebus.

Uniknya lagi, rekomendasi kuliner Glodok ini juga menggunakan juhi atau cumi besar dan potongan ubur-ubur yang kenyal. Dalam penyajiannya, kuliner Glodok ini akan diberi kucuran kecap asin, saus sambal, saus tomat, bawang putih halus, saus merah kental, dan taburan kacang tanah yang dihaluskan.

5. Kopi Es Tak Kie

Rekomendasi kuliner Glodok selanjutnya adalah Kopi Es Tak Kie. Ngopi jadi salah satu agenda favorit banyak orang belakangan ini. Nah, kalau kamu ingin merasakan kopi dengan sensasi yang berbeda, coba deh berkunjung ke Glodok. Di lokasi ini ada kedai kopi yang bernama Kopi Es Tak Kie yang konon merupakan kedai minum kopi tertua di Jakarta.

Menu kopi yang dijual di kedai ini diracik dengan resep turun temurun yang nggak kamu temukan di tempat lain. Sesuai nama tempatnya, kamu bisa memesan kopi dingin di kedai ini. Namun kopi hangat juga tersedia, kok. Ssstt, Es Kopi Tak Kie ini jadi salah satu favorit Presiden Jokowi, lho.

6. Kari lam

Rekomendasi kuliner Glodok legendaris yang tidak boleh luput dicoba juga adalah Kari Lam. Sudah ada sejak tahun 1973, menu ini terdiri dari kari daging ayam yang disajikan dengan bihun dan kentang. Tapi buat kamu yang nggak terlalu suka daging ayam, di sini juga tersedia kari dengan daging sapi, lho.

Jadi kamu bisa menyesuaikan dengan selera untuk pilihan dagingnya. Lokasi Kari Lam berada tepat di Jalan Pintu Besar Selatan II Nomor 7HI, Glodok.

7. Mie Kangkung Si Jangkung

Nah, rekomendasi kuliner Glodong yang terakhir adalah, kamu bisa mencicipi Mie Kangkung si Jangkung ketika berkunjung ke area Glodok. Lokasi tepatnya berada di ujung Gang Gloria. Mie yang ditawarkan di sini cukup berbeda dengan sajian mie kuning pada umumnya.

Karena dalam penyajiannya mie ditambahkan dengan kangkung rebus, taoge, udang, potongan ayam melimpah, dan siraman kuah kaldu yang kental kecokelatan. Kuah kental inilah yang bikin rasa mie-nya jadi semakin lezat dan berbeda dengan yang lain.

Baca Juga: 5 Tips Wisata Kuliner Agar Tidak Zonk Secara Harga dan Rasa

Nah, itu tadi tujuh sajian kuliner Glodok yang cocok kamu coba jika berkunjung ke Kawasan Pecinan ini. Nggak perlu khawatir soal budget karena sajian-sajian di atas punya harga yang masih sangat wajar di kantong. Biar agenda wisata kulinermu semakin seru, jangan lupa ajak orang tersayang, Bestpackers.

Kamu ada rencana traveling dan butuh rekomendasi untuk pemesanan hotel murah dan on budget? Kunjungi saja website BestHostels.co.id! Di sini banyak sekali hostel-hostel murah dengan harga tak lebih dari Rp 100.000/malam! Kapan lagi bisa traveling sambil bertemu teman baru dari berbagai belahan dunia? Tentu saja hanya di BestHostels.co.id.

Jangan sampai ketinggalan

Ayo gabung dengan kami untuk mendengar cerita kami dan dapatkan penawaran spesial dari kami!