Selain Pantai, Inilah 7 Pura Bali Terindah yang Wajib Bestpackers Kunjungi!

Berbicara Bali pasti selalu lekat dengan pantainya yang menawan. Eits, nggak cuma itu saja ya, Bestpackers. Pura Bali juga menjadi salah tempat wisata yang nggak boleh dilewatin. Di sini, Bestpackers bisa wisata budaya dan religi. Penasaran banget kan?

Pulau Dewata tidak hanya terkenal dengan keindahan keindahan alamnya saja. Selain pantai, Bali juga punya sederet pura yang memiliki arsitektur yang unik dan keren. Pura Bali ini bisa jadi tujuan wisata yang menarik saat berkunjung ke pulau dewata.

Saking banyaknya pura yang ada di Bali, Pulau Dewata ini sampai dijuluki “Pulau Seribu Pura”, lho. Nah, buat kamu yang berencana berkunjung ke Bali dalam waktu dekat yuk intip 7 pura Bali dengan arsitektur yang keren abis.

Pura Tanah Lot

Kalau Bestpackers mengunjungi tempat wisata di Bali tidak akan lengkap rasanya kalau tidak mampir ke Pura Tanah Lot yang berlokasi di Tabanan ini. Pura Bali ini menjadi salah satu destinasi wisata yang ikonik dan banyak dikunjungi oleh traveller domestik maupun asing.

Ada yang unik dari Pura Tanah Lot. Pura Bali ini dibangun di atas batu karang besar di area pantai lepas. Jadi selain arsitektur pura yang cantik kamu juga bisa melihat pantai dengan pemandangan eksotis. 

Waktu yang tepat untuk mengunjungi pura ini adalah ketika sore hari ketika air laut sedang surut sehingga dapat melalui jalan setapak diatas batu karang. Ditemani matahari yang mulai terbenam dengan langit kemerahan menambah keindahan Pura Tanah Lot. Tertarik mengunjunginya, Bestpackers?

Pura Lempuyang Luhur

Mendambakan berburu foto Instagramable di pura? Tepat sekali, pura satu ini merupakan pilihan yang menarik bagi Bestpackers yang ingin berburu foto di pura dengan konsep bangunan yang indah. Apalagi kalau bukan Pura Lempuyang Luhur.

Tidak hanya digandrungi oleh turis lokal, turis mancanegara pun berbondong-bondong mengunjungi pura yang satu ini. Pasalnya, pura ini memiliki spot foto yang kece abis. Bener banget, Bestpackers bisa bersua foto di depan gapura pura Lempuyang Luhur dengan berlatarkan Gunung Arjuno. Indah banget, bukan?

Jika dirunut dari sejarahnya, pura ini dibangun sebagai persembahan kepada Sang Hyang Widi Wada. Pura ini juga merupakan pura tertinggi dan tertua di Pulau Dewata. Tak heran kalau banyak wisatawan mengunjunginya. Selain sarat akan keindahan juga sarat akan sejarahnya.

Pura Agung Besakih

Setelah mengunjungi pura tertinggi di Bali, Bestpackers juga wajib mengunjungi pura termegah di Pulau Dewata ini, lho. Pura ini berada di lereng Gunung Agung. Suasana asri nan sejuk ala pegunungan menambah keindahan pura yang satu ini. Yups, inilah yang disebut dengan Pura Agung Besakih.

Saking megahnya Pura Agung Besakih, mungkin Bestpackers tak akan mampu menjelajahinya dalam waktu sehari, lho. Memang pura ini terkenal karena kemegahannya dimana terdapat 18 pura pendamping dan satu pura utama yang disebut dengan Pura Penataran Agung. Biasanya, wisatawan hanya mengunjungi pusat pura ini.

Untuk sampai ke pura ini harus melewati cukup banyak anak tangga ya, Bestpackers. Eits, tapi tak perlu khawatir karena rasa lelah akan hilang seketika ketika sampai pura ini. Selain mengunjungi Pura Penataran Agung, Bestpackers juga bisa mampir ke Pura Pengubengan yang tepat berada di lereng Gunung Agung. 

Pura Uluwatu

Dibangun di atas tebing dengan ketinggian 70 meter di atas permukaan laut membuat Pura Uluwatu jadi objek wisata yang cantiknya tak terbantahkan. Suara deburan ombak laut menambah kesan keindahan pura yang satu ini.

Tak hanya dikenal memiliki keindahan alam sekitarnya, Pura Uluwatu juga dipercaya sebagai penyangga sembilan arah mata angin bagi umat agama hindu di Bali, lho. Waktu terbaik mengunjungi pura Bali ini adalah ketika matahari terbenam. 

Karena keindahan sunset yang dapat dilihat langsung dari pura ini sangat memanjakan mata. Nggak cuma sunsetnya aja yang menjadi daya tarik, tempat wisata ini juga memiliki amphitheater yang sering digunakan untuk pertunjukan Sendratari Ramayana maupun Tari Kecak.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata Canggu yang Menarik Dikunjungi, Bikin Susah Move On!

Pura Saraswati

Pura Bali yang satu ini dikenal dengan arsitekturnya yang keren sampai-sampai tak pernah sepi pengunjung. Didesain dengan arsitektur yang megah dan kolam teratai yang cantik, Pura Saraswati ini nampak estetik.

Sesuai dengan namanya Pura Saraswati dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada Dewi Saraswati, Dewi Ilmu Pengetahuan dan Seni bagi umat Hindu di Bali. Tidak hanya terkenal dengan taman air teratainya, dinding-dinding pura ini dihiasi oleh ukiran-ukiran karya seniman Bali. 

Nah, karena arsitekturnya yang estetik tempat wisata ini juga sangat cocok untuk berburu foto yang instagrmable. Selain berburu foto Instagramable, wisatawan juga akan disuguhi dengan pertunjukan seni tari Bali setiap jam 19.30 di pelataran pura. Indah banget bukan?

Pura Ulun Danu Beratan

Pura Bali yang satu ini tak kalah eksotis dari pura yang lain. Pura Ulun Danu Beratan menawarkan suasana yang menenangkan karena dibangun di tengah-tengah Danau Beratan dan berada di daerah dataran tinggi. 

Suasana tenang dan nyaman akan Bestpackers dapatkan ketika mengunjungi pura ini. Karena dibangun di tengah danau, pura ini terlihat mengambang dari kejauhan, lho. Cantik bukan?

Saking eksotisnya, Pura Ulun Danu Beratan ini pernah menghiasi mata uang nasional. Inget kan, Bestpackers? Di Pura Bali ini pengunjung juga dapat menaiki perahu yang disediakan oleh masyarakat setempat.

Pura Tirta Empul

Berbicara mengenai kepercayaan yang diyakini umat agama Hindu di Bali. Maka, salah satunya juga bisa dikaitkan dengan Pura Tirta Empul. Pura Bali ini memiliki sumber mata air alami yang dialirkan menuju pemandian yang ada dalam pura.

Pura Bali ini bisa dikatakan legend karena telah berdiri sejak abad ke-10. Saat ini Pura Tirta Empul telah ditetapkan sebagai warisan budaya nasional. Nah, mata air yang ada di pulau ini diyakini umat hindu di Bali membawa kesucian, ketenangan hingga keberuntungan.

Nah, itulah 7 pura Bali yang wajib Bestpackers kunjungi. Agar pengalaman liburan lebih menyenangkan, jangan lupa untuk menginap di BestHostels Indonesia. Ada berbagai pilihan hostel terbaik yang terletak di sekitar Pura-pura cantik ini, lo.

Baca Juga: 7 Oleh-oleh Khas Bali yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer