7 Pantai di Yogyakarta Dengan Pemandangan Menakjubkan

Menyambangi Yogyakarta tidak akan lengkap jika belum mengeksplor pantainya. Eits, pantai di Yogyakarta nggak cuma Parangtritis saja, lho. Sudah tahu, Bestpackers?

Yogyakarta menyuguhkan destinasi wisata yang super lengkap. Mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata religi hingga wisata alamnya yang variatif. Dari pegununungan hingga hamparan pantai di Yogyakarta terkenal sangat eksotis dan susah dilupakan keindahannya.

Nah, ngomong-ngomong tentang pantai, Yogyakarta tidak hanya punya Pantai Parangtritis, lo. Ada puluhan pantai lain yang punya pemandangan tidak kalah menakjubkan. Bahkan sebagian besar di antaranya punya pasir berwarna putih bersih.

Nah, buat Bestpackers yang sedang mengunjungi Kota Gudeg, berikut ini inspirasi lokasi wisata pantai di Yogyakarta yang menarik dikunjungi.

Pantai Wediombo

Pantai Wediombo terletak di pesisir timur Gunungkidul. Pantai di Yogyakarta ini terkenal dengan gugusan batuan karang lembut dan hamparan pasir putih yang luas. Menariknya, pantai ini diapit oleh 2 teluk yang menambah pemandangan semakin eksotis. Nah, jika berkunjung ke pantai ini jangan lupa mengabadikan moment, ya.

Pantai Wediombo juga dikenal memiliki ragam kekayaan hayati, dimana pantai ini menjadi habitat beragam jenis ikan dan merupakan kawasan konservasi penyu. Uniknya, pantai ini berbentuk setengah lingkaran yang konon kataya merupakan bekas gunung aktif. 

Pantai Baron

Pantai di Yogyakarta ini terkenal dengan deretan kapal nelayan yang berada di pesisir pantainya, apalagi kalau bukan Pantai Baron. Pantai ini berada di tengah-tengah dua bukit besar dan merupakan tempat bertemunya air tawar dari sungai dan air laut. 

Gelombang air laut di pantai ini dikenal sangat ganas sehingga tidak disarankan untuk berenang di sini. Eits, Bestpackers nggak perlu khawatir karena wisata kuliner di pantai ini bisa jadi pilihan yang menarik. Berbagai olahan ikan tersedia di warung-warung sekitar Pantai Baron.

Pantai Timang

Nggak terlalu jauh dari Pantai Baron, terdapat pantai yang masih alami dan belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan karena aksesnya yang terbilang masih sulit. Yups, Pantai Timang menyuguhkan pemandangan yang indah dan tentunya wahana yang menarik.

Pantai ini sangat cocok untuk menguji adrenalin karena terdapat wahana kereta gantung yang biasanya digunakan untuk mencari lobster. Meskipun dibandrol dengan harga yang cukup tinggi yakni Rp 100.000 ribu namun sangat worth it dengan suguhan pemandangan yang menakjubkan.

Pantai Drini

Berbeda dengan pantai lain, Pantai Drini memiliki keistimewaan dimana terdapat pulau kecil yang membelah menjadi sisi barat dan sisi timur. Jika Bestpackers ingin menikmati pemandangan eksotis dan berburu spot instagenic dapat mengunjungi sisi timur. Perbukitan hijau, ombak yang tenang dan hamparan pasir putihnya sangat memanjakan mata.

Nah, untuk berburu buah tangan berupa ragam ikan segar dapat memgunjungi sebelah barat pantai ini karena merupakan tempat pelelangan ikan dan perkumpulan para nelayan. Jangan lupa juga untuk menikmati wisata mendayung kano, tentunya dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga: Nggak Cuma Malioboro, Inilah 7 Tempat Wisata di Yogyakarta Yang Wajib Kamu Sambangi

Pantai Krakal

Jika Bestpackers merupakan seorang peselancar proffesional, maka alangkah baiknya untuk mengunjungi Pantai Krakal. Ombak pantai ini dikenal dengan reef break yang sangat memacu adrenalin dimana ombaknya bisa menghempasmu ke batu-batu karang. Untuk itu, sangat tidak disarankan untuk peselancar pemula.

Selain berselancar, Bestpackers juga dapat menikmati panorama pantai ini dari atas ketinggian. Di atas batu karang yang menjulang tinggi disediakan gazebo untuk bersantai dan menikmati suasana. Suara deburan ombak yang menabrak batu karang dan hamparan pasir putih menambah kenyamanan.

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan salah satu pantai di Yogyakarta yang menyuguhkan pesona budaya dan religi. Pantai ini dikenal memiliki tempat peribadatan empat kepercayaan, salah satunya yakni adanya pura di atas batu karang. Tentunya, Bestpackers dapat sekaligus berwisata religi.

Selain itu, Bestpaxckers juga dapat melihat deretan patung-patung zaman dahulu yang menambah unsur budaya di pantai ini. Menariknya, ketika air laut sedang surut Bestpackers dapat melihat hamparan alga (rumput laut) yang berwarna hijau dan coklat di sela-sela batu karang.

Baca Juga: 5 Warung Angkringan Legendaris di Yogyakarta, Langganan Jokowi

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan merupakan salah satu pantai di Yogyakarta yang menyuguhkan panorama yang eksotis. Ombaknya yang tenang dan pemandangan alamnya yang masih alami menjadikan pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Jika ingin bersantai di pantai merupakan pilihan yang tepat.

Pantai Sadranan juga dikenal menyimpan beragam biota laut. Nah, kabar baiknya Bestpackers dapat menikmati snorkeling di pantai ini. Eits, tentunya tidak perlu repot membawa peralatan karena di sekitar pantai ini terdapat banyak penyewaan juga dilengkapi pemandu snorkeling bagi pemula.

Tunggu apalagi? Buruan datang ke semua list pantai di atas, yuk. Ajak sahabat atau pasangan untuk menikmati senja bersama di masing-masing pantai. Nah, sekadar tips untuk bisa mendatangi seluruh pantai di atas adalah menginap.

Bestpackers bisa menginap di hostel untuk bisa merasakan keindahan seluruh pantai di atas. Ssst, selalu ada promo menarik dari BestHostels Indonesia khusus untuk kamu, lo. Cek langsung promonya di laman “Promo” www.besthostels.co.id, ya.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer