7 Oleh-oleh Khas Bali yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Pulang-pulang liburan dari Bali dituntut untuk membawa buah tangan? Nggak perlu cemas, 7 rekomendasi oleh-oleh khas Bali ini boleh banget kamu coba kantongi untuk orang tersayang. Tetap sesuaikan dengan isi dompet, ya.

Saat pulang dari liburan nggak jarang teman kantor atau orang terdekat kita akan menanyakan oleh-oleh. Atau bagi beberapa orang mengoleksi oleh-oleh khas ini juga jadi pride tersendiri pasca liburan. Apalagi jika kamu berlibur ke Pulau Dewata, tentu membawa pulang oleh-oleh khas Bali tidak boleh dilupakan, dong?

Bestpackers, buat kamu yang berencana membawa oleh-oleh sepulang dari Bali, ada beberapa rekomendasi dari BestHostels Indonesia. Berikut ini 7 hal yang paling cocok buat kamu bawa pulang sebagai ole-oleh dari Bali.

Pie susu

Pasti kamu pernah mendengar nama oleh-oleh yang satu ini, dong? Yups, pie susu merupakan salah satu oleh-oleh yang paling terkenal buat dibawa pulang ke kampung halaman. Rasanya yang manis dan legit bikin si penerima buah tangan bahagia banget pastinya.

Kamu bisa mendapatkan pie susu di berbagai outlet oleh-oleh kekinian di Bali. Mulai dari Krina Oleh-Oleh Bali, Agung Bali Oleh-Oleh Khas Bali, hingga The Keranjang.

Cokelat khas Bali

Siapa bilang harus ke Swiss dulu untuk bawa oleh-oleh khas cokelat? Ke Bali juga bisa, kok. Belakangan banyak cokelat produksi lokal Bali yang naik daun. Cokelat-cokelat ini umumnya dibuat dari bahan-bahan nabati mulai dari biji cokelat sampai campuran susunya.

Tapi perlu diingat ada beberapa kategori cokelat yang tersedia, misalnya kategori alkohol dan non alkohol. Sebaiknya kamu benar-benar membaca label dari kemasan tiap cokelat, ya.

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Seru Selama Work From Bali

Kacang disco

Meski namanya disco tapi kacang ini tidak bisa berjoget, ya. Kacang disco merupakan salah satu cemilan yang pas banget untuk dijadikan oleh-oleh khas Bali yang kamu bawa pulang. Makanan ini mudah banget ditemukan di toko oleh-oleh dan harganya cukup miring.

Berbagai rasa bisa ditemukan saat belanja kacang disco. Mulai dari pedas, keju, hingga campuran pedas manis. Kalau kamu ingin mencicipi kacang disco dengan rasa cukup unik varian rasa soto ayam, udang, rumput laut, hingga ayam taliwang bisa kamu coba.

Kopi kintamani

Oleh-oleh khas Bali yang satu ini pas banget untuk diberikan pada teman kamu yang pecinta kopi. Dibudidayakan di daerah Kintamani, kopi yang satu ini sangat terkenal bahkan sampai luar negeri, lo. Kopi Kintamani tergolong dalam jenis kopi arabica dan cocok untuk pecinta kopi dengan rasa ringan.

Yang membedakan kopi Kintamani dengan jenis kopi arabica lainnya adalah rasa otentik yang terkandung di dalamnya. Pada beberapa merk kopi kintamani juga memiliki tambahan cita rasa jeruk, lo.

Kerajinan perak

Beralih dari makanan, kamu bisa membawakan oleh-oleh khas Bali berupa hasil kerajinan perak. Sttttt, oleh-oleh ini cocok banget buat kamu yang ingin memberikan hadiah bagi si tersayang. Kerajinan perak khas Bali sudah terkenal hingga mancanegara, lo.

Nah, kalau ingin bentuk yang lebih unik kamu bisa memesan atau membuatnya sendiri, Bestpackers. Salah satu lokasi pembuatan kerajinan perak ternama adalah Wahana Silver Studio. Bestpackers bisa booking workshop untuk membuat kerajinan perak melalui BestHostels Indonesia.

Kerajinan batok kelapa

Selain kayu, rotan, dan bambu sejumlah pengrajin kerajinan tangan di Bali juga menggunakan batok kelapa untuk menyalurkan kreativitasnya. Ada yang berbentuk cangkir, teko, mangkuk, patung hewan, hingga ukiran rumit yang ciamik.

Kerajinan batok kelapa ini bisa kamu dapatkan di berbagai pasar-pasar seni di Bali. Harganya juga bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kondisi kantongmu, Bestpackers.

Kain pantai

Nah, oleh-oleh yang satu ini Bali banget, kan? Kain pantai Bali telah terkenal hingga mancanegara dengan warnanya yang mencolok dan motif bunga nan indah. Kain tersebut kerap digunakan oleh masyarakat saat bersantai di pantai karena bahannya yang halus.

Kalau kamu tertarik membawa pulang kain pantai sebagai oleh-oleh pasar seni merupakan tempat paling cocok untuk berburu kain ini.

Itulah tujuh oleh-oleh khas Bali yang cocok banget untuk dibawa pulang. Dari ketujuh list ini mana yang sedang Bestpackers incar, nih?  

Baca Juga: 9 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba, Bikin Ketagihan

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer