7 Olahan Mie Khas Nusantara yang Lezat Banget, Dijamin Bikin Ngiler!

Baca judulnya pasti langsung ngiler kan, Bestpackers? Walaupun bukan makanan pokok Indonesia, olahan mie memang menjadi kegemaran semua kalangan. Nah, uniknya di Indonesia mie diolah dengan berbagai versi. Apa saja, ya?

Berbicara soal kekayaan alam Indonesia, tak hanya tentang keindahan alam dan budayanya saja namun juga kulinernya. Salah satu kuliner yang common dengan lidah masyarakat Indonesia adalah olahan mie.

Yups, bener banget dapat dikatakan setiap daerah di Indonesia punya olahan mie dengan citarasa yang khas dengan daerah asalnya. Tidak hanya orang dewasa olahan mie khas nusantara ini justru banyak digandrungi kaum milenial, lo. 

Olahan mie khas nusantara punya citarasa yang unik karena diolah dengan rempah-rempah pilihan khas daerahnya. Sejauh ini ada puluhan produk kuliner mie khas daerah di Indonesia berikut ini tujuh di antaranya.

Mie Ongkok, Wonosobo

Hawa dingin Wonosobo memang paling cocok kalau ditemani dengan hangatnya Mie Ongkok. Olahan mie yang satu ini sangat unik dan pastinya nggak ada di tempat lain. Keunikannya terletak dari kuahnya yang kental, kerena terbuat dari tepung kanji.

Olahan mie dengan kuah jenang ini, biasanya disajikan dengan kucai, kubis, potongan cabe rawit dan taburan bawang goreng yang bikin aromanya tambah sedep. Menyantap mie ongklok hangat dengan suasana dingin khas pegunungan jadi kombinasi yang pas banget, kan?

Untuk menambah kenikmatan, biasanya Mie Ongkok disantap dengan tempe kemul khas Wonosobo atau sate ayam. Nah, jika Bestpackers sedang berkunjung ke Wonosobo, jangan lupa mencicipinya ya. Dijamin bikin nagih Bestpackers.

Mie Kocok, Bandung

Kota Kembang punya kuliner mie yang khas juga, lho. Kombinasi mie kuning, tauge, kikil sapi dan kuah kental sapi jadi kuliner mie yang banyak diburu oleh Foodies. Apalagi kalau bukan Mie Kocok khas Bandung.

Jika, ingin mencicipi olahan mie ini, Bestpackers bisa menjumpainya di sepanjang jalan kota Bandung. Pasti bakal ketemu deh, karena saking banyaknya pedagang yang menjajakan Mie Kocok ini. Soal harga, nggak dibandrol mahal dong.

Menikmati Mie Kocok di daerah asalnya merupakan pilihan yang paling tepat. Walaupun, sudah banyak dijual di daerah lain, tapi soal rasa yang khas mungkin hanya bisa dinikmati di Kota Kembang. Tertarik mencicipinya, Bestpackers?

Mie Celor, Palembang

Palembang nggak hanya punya empek-empek, lho. Sajian olahan mienya juga nggak kalah lezat. Dikenal dengan Mie Celor, kuliner mie Palembang ini nggak perlu diragukan rasanya. Yummy banget!

Kenikmatan Mie Celor terletak di kuah santannya yang kental dan kaldu udang keringnya yang khas. Aroma kaldu udang dan disantap saat hangat, jadi pilihan yang menarik. Bikin nagih deh.

Olahan mie ini biasanya disajikan taoge, irisan telur rebus, seledri dan daun bawang. Mie Celor bisa dibilang Udonnya Indonesia. Karena mienya yang besar, mirip dengan udon Jepang. Jangan lupa masukin wishlist wisata kulinermu, ya.

Mie Aceh

Kalau olahan mie sebelumnya disajikan dengan aneka rasa kuahnya, olahan mie yang satu ini juga bisa dinikmati dengan cara digoreng. Kuliner mie ini bisa disajikan dengan campuran daging ayam, sapi ataupun seafood, lho. Itulah Mie Aceh.

Mie Aceh punya cita rasa yang “strong” nan khas karena diolah dengan rempah-rempang pilihan. Bumbu racikannya yang pas di lidah menjadikan kuliner mie ini banyak diburu pecinta kuliner.

Umumnya Mie Aceh disajikan dengan kripik emping, daun bawang, timun dan perasan jeruk nipis. Bikin makannya tambah seger dan kriuk abis.

Baca Juga: 7 Kawasan Chinatown Terbaik di Indonesia, Pusatnya Wisata Budaya dan Kuliner

Mie Koba, Bangka

Olahan mie memang banyak disukai oleh semua lapisan masyarakat. Tak terkecuali, dengan kuliner mie yang satu ini. Berasal dari Bangka Belitung, dikenal dengan nama Mie Koba.

Mie koba disajikan dengan kuah kental berwarna kecoklatan, yang berasal dari kaldu ikan tengiri dan gula aren. Rasanya menjadi sangat gurih dan sedikit manis. Sangat cocok apabila disantap dalam keadaan panas. 

Biasanya, olahan mie ini disuguhkan dengan irisan telur rebus, bawang goreng dan seledri. Aroma yang dikeluarkan sangat menggugah selera. Dijamin nafsu makanmu langsung meningkat, nih.

Mie Cakalang, Manado

Jika Bestpackers ingin mencicipi mie dengan aroma dan rasa ikan yang kuat ampaknya olahan mie yang satu ini, sangatlah tepat. Yups, inilah Mie Cakalang. Sesuai dengan namanya, kuliner mie ini disajikan dengan potongan ikan cakalang atau cakalang asap. 

Yang membuat rasa serta aromanya pekat dengan ikan. Kalau ke Manado, sayang banget jika dilewatkan. Selain disajikan dengan potongan ikan cakalang juga dilengkapi dengan sayuran. 

Mie Cakalang ini juga bisa disajikan dengan kuah maupun goreng, lho. Kalau Bestpackers tim kuah apa tim goreng nih?

Baca Juga: 10 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba!

Bakmie Jawa, Yogyakarta

Membahas olahan mie, nggak lengkap kalau nggak menyebut Bakmie Jawa. Olahan mie yang satu ini punya cita rasa khas karena diolah dengan wajan lemah (penggorengan yang berasal dari tanah liat) dan di atas arang panas. Membuat aroma dan citarasa khas bakmie ini bikin ngiler.

Selain itu, disajikan dengan suwiran ayam kampung yang rasanya sedep banget, topping lainnya yakni kol, tomat, acar, daun bawang dan taburan bawang goreng. Kaya akan topping banget kan.

Nggak hanya itu, olahan mie ini sangat unik. Selain bisa disajikan dalam bentuk kuah dan goreng seperti mie kebanyakan. Bakmie Jawa juga bisa disajikan nyemek artinya setengah basah dan nggak sampai ada kuahnya. Menarik banget bukan, Bestpackers?

Nah, itulah 7 rekomendasi olahan mie nusantara yang terkenal akan kelezatannya. Rencananya kamu mau nyobain yang mana dulu, nih? Untuk mendapatkan info menariknya lainnya jangan lupa pantengin instagram BestHostels Indonesia ya.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Jakarta Favorit, Sudah Coba?

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer