7 Manfaat Liburan yang Harus Kamu Tahu, Cocok Untuk Healing

Uang yang kamu habiskan selama liburan sebenarnya adalah investasi untuk dirimu sendiri, lo. Mengingat banyaknya manfaat liburan yang bakalan bikin kamu dapat ganti berlebih. Berikut ini tujuh manfaat liburan yang akan kamu dapatkan.

Buat sebagian orang liburan masih dianggap sebagai kegiatan yang foya-foya. Padahal aktivitas yang satu ini punya banyak manfaat untuk kehidupan, lo. Manfaat liburan bukan hanya baik untuk kesehatan mental, namun juga kesehatan fisik.

Momen-momen seru yang kamu dapatkan selama liburan akan membentukmu jadi pribadi yang baru. Nah, buat Bestpackers yang ingin liburan tapi masih ragu akan kegunaannya tidak usah khawatir.

Berikut ini tujuh manfaat liburan yang akan kamu dapatkan.

Meredakan stres

Coba ingat-ingat apa yang pertama kali terlintas di pikiranmu saat sibuk bekerja? Ingin traveling? Nggak aneh kalau kamu berpikir begitu karena traveling memang punya efek baik untuk kesehatan.

Manfaat liburan untuk meredakan stres ini sudah dibuktikan oleh sebuah studi pada tahun 2013 di Amerika Serikat. Hasilnya, 80% orang Amerika yang sering liburan mengalami penurunan stres yang signifikan. So, buat healing jangan ragu lagi untuk mencoba traveling.

Menurunkan risiko terserang penyakit

Tidak hanya kesehatan mental, ternyata manfaat liburan juga baik untuk kesehatan fisik, lo. Penelitian menyebut kalau traveling mampu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti sakit jantung dan stroke.

Penelitian ini menguji lebih dari 12.000 laki-laki yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit jantung. Dan ditemukan bahwa seseorang yang hobi traveling punya risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah.

Memberikan pelajaran baru

Setiap perjalanan ke tempat baru adalah sekolah yang akan memberikanmu pengalaman serta pelajaran tak terlupakan. Manfaat liburan yang satu ini bisa jadi bekal untuk kamu menjalani kehidupan sehari-hari, lo.

Misalnya, kamu belajar mengenai cara efektif untuk berinteraksi dengan orang lain, memesan tiket dengan bahasa lokal, atau hal-hal tak terduga lainnya. Pastinya setiap pelajaran akan membentuk kamu jadi pribadi yang jaduh lebih prositif dari sebelumnya.

Belajar cara beradaptasi

Mau nggak mau saat berkunjung ke tempat baru kita akan belajar untuk menyesuaikan diri. Pelajaran mengenai cara beradaptasi ini bakalan kamu dapatkan dalam setiap perjalanan. Selama liburan kamu akan belajar untuk bisa survive dalam kondisi apapun.

Nah, nantinya pelajaran untuk lebih mudah beradaptasi ini bisa kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari, lo. Nggak heran kalau orang yang hobi liburan terkenal sebagai sosok yang humble dan mudah bergaul.

Baca Juga: Backpackers, Ini 7 Keuntungan Menginap di Hostel

Jadi lebih kreatif

Pulang dari traveling biasanya pikiran kita akan lebih segar karena banyaknya pengalaman dalam perjalanan. Hal ini ternyata punya manfaat baik untuk otak, salah satunya kreativitas, Bestpackers. Yups, manfaat liburan ibarat sebagai charge pada ponsel.

Liburan akan me-recharge semangat dan kreativitasmu sehingga bisa melahirkan ide-ide yang inovatif dan kreatif. Jadi, kalau sudah buntu dengan tugas kampus atau pekerjaan sempatkan diri untuk kabur sebentar, ya.

Baca Juga: Cara Berkenalan Dengan Traveler Lain di Hostel, Pasti Berhasil!

Lebih jago mengatur keuangan

Manfaat liburan juga bakalan bikin kamu jadi lebih jago dalam mengatur keuangan. Kamu pasti sudah menetapkan budget untuk berlibur sebelum berangkat, bukan? Nah, mengatur keuangan selama di destinasi wisata agar sesuai budget ini juga pelajaran penting dari liburan, lo.

Buat kamu yang merasa bodo amat dengan masalah uang biasanya akan berubah dratis saat terbiasa liburan.

Memperluas jaringan

Sudah bukan rahasia lagi kalau traveling bikin jaringan jadi lebih luas. Pastinya karena saat liburan kamu akan bertemu banyak orang baru dari berbagai latar belakang. Mereka akan memberimu pelajaran dan kesempatan baru di masa depan.

Nah, kalau kamu masih malu-malu untuk berkenalan dengan orang baru coba deh menginap di hostel selama traveling. Mayoritas pengunjung di hostel sangat ramah dan welcome terhadap orang baru. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi untuk berkenalan karena vibes-nya yang sangat mendukung.

Pastinya untuk memilih hostel terbaik hanya di BestHostels Indonesia, dong. Dapatkan harga khusus selama periode promo BTS 12.12 ini, ya. See you on the next trip!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer