Selain Nasi Padang, Inilah 7 Makanan Khas Padang yang Menggugah Selera!

Hadirnya beragam rumah makan Padang membuat sajian makanan khas Padang jadi tidak asing di telinga. Namun, tahukah Bestpackers jika masih banyak makanan khas Padang selain nasi Padang? Inilah 7 makanan khas Padang yang menggugah selera.

Mengunjungi Padang, Sumatera Barat tentu tidak akan lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas daerah tersebut. Makanan khas Padang memang selalu menjadi primadona, mengingat rasanya yang pedas dan strong karena penggunaan beragam rempah-rempah.

Tapi ngomongin tentang makanan khas Padang, biasanya ingatan kita hanya tentang nasi campur atau nasi padang. Padahal, sajian khas Kota Gadang ini bukan hanya nasi Padang, lo. Berikut ini adalah tujuh makanan khas Padang yang juga menarik dicicipi.

Soto Padang

Soto tidak hanya dapat ditemukan di daerah Jawa saja, di Sumatera Barat juga ada soto yang tak kalah lezatnya. Bedanya terletak pada daging yang digunakan. Memang sama-sama menggunakan daging sapi, namun bagian yang diambil bukan daging biasa.

Soto Padang hanya menggunakan daging sapi bagian dalamnya saja, sehingga secara tekstur jauh lebih kenyal namun tetap terasa empuk. Menariknya lagi, soto Padang juga dipadukan dengan kerupuk beras yang berwarna merah muda. 

Di daerah asalnya, makanan khas Padang ini sering dijadikan menu sarapan.

Sate Padang

Makanan khas Padang berikutnya ini tidak kalah terkenal dengan nasi Padang, apalagi kalau bukan sate Padang. Jika di Madura, sate menggunakan bumbu kacang yang kecoklatan maka berbeda dengan sate Padang yang satu ini.

Bestpackers akan menemui dua sate Padang yang khas, yang pertama menggunakan bumbu kuning yang merupakan khas daerah Padang Panjang. Sementara untuk sate Padang khas daerah Pariaman bumbu yang dituangkan di atas sate berwarna merah. 

Saat membeli sate Padang, Bestpackers juga dapat memiliki daging, jeroan, atau lidah sesuai dengan selera.

Rendang

Tidak kalah populer dari makanan khas Padang lain, rendang menjadi salah satu hidangan yang wajib Bestpackers cicipi saat mengunjungi kota Padang. Menurut bahasa Minangkabau, Rendang berasal dari kata Marandang yang berarti lambat. 

Itu dikarenakan proses memasak rendang membutuhkan waktu yang lama agar bumbu dan santan dapat menyerap sempurna ke daging. Sehingga menghasilkan citarasa yang lezat dan terasa empuk saat menggigitnya. 

Saking enaknya, rendang sampai berulang kali menjadi juara satu makanan terlezat di dunia, lo.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Lombok dengan Cita Rasa yang Unik

Dendeng Batokok

Masih seputar olahan daging sapi khas Padang, dendeng batokok menjadi salah satu makanan khas Padang dengan cara pengolahan yang unik. Batokok dalam bahasa Padang artinya memukul. Sesuai artinya, dendeng batokok diolah dengan cara dipukul-pukul terlebih dahulu hingga memiliki bentuk pipih.

Setelahnya baru diberikan bumbu khas dan diolah dalam waktu yang lama. Karena bentuknya yang pipih, bumbu rempah-rempah akan merasuk secara sempurna. Bumbu khasnya berbahan dasar cabai hijau dan tomat hijau yang diulek secara kasar.

Cancang Karani

Melihat makanan khas Padang ini pasti akan secara otomatis teringat dengan bakso. Yups, namanya yakni cancang karani. Jika pengolahan bakso menggunakan adonan daging cincang yang dicampur tepung, maka cancang karani murni berasal dari daging cincang saja yang kemudian dibentuk menjadi bulat.

Mengolah cancang karani memerlukan keahlian khusus karena tidak mudah membentuk bulatan daging cincang, jika salah teknik bisa tak berbentuk. Kuahnya sendiri berasal dari santan dengan bumbu khasnya. Biasanya ada tambahan topping kentang untuk memeriahkan cancang karani.

Katan Durian

Katan atau yang dikenal juga dengan ketan merupakan olahan beras ketan yang dikukus hingga matang. Jika di daerah Jawa ketan hanya dimakan dengan kelapa parut. Maka lain hal jika di Padang, ketan dikombinasikan dengan lezatnya buah durian. 

Tentu, jika Bestpackers seorang pecinta durian harus mencoba makanan khas Padang yang satu ini. Penyajian ketan durian ini yakni ketan yang telah matang ditaburi parutan kelapa dan sedikit garam. Kemudian dipadukan dengan legitnya buah durian. Gurih dan legit akan jadi perpaduan yang cocok di lidah Bestpackers.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Medan yang Lezat dan Wajib Buat Dicoba!

Es Tebak

Sudah mengeksplor makanan khas Padang yang pedas, gurih dan manis, kini saatnya kita untuk mencicipi minuman khas Padang yang segar serta kaya akan isian. Bahan utama es tebak yakni adonan tepung beras ketan dan tepung sagu yang dibentuk menyerupai cendol.

Yang membuat menarik yakni tambahan yang beragam diantaranya potongan buah seperti alpukat, nangka, kelapa muda, kemudian cincau, kolang kaling dan tape singkong. Kuahnya sendiri berasal dari santan, susu kental manis, dan sirup merah. Sangat cocok diminum saat siang hari.

Dari tujuh makanan khas Padang di atas, manakah yang ingin Bestpackers coba terlebih dahulu? Untuk mendapatkan sensasi makan yang berbeda, ada baiknya untuk mengunjungi kota Padang secara langsung. 

Nah, kalau ingin lebih ekonomis selama liburan ke Padang, Bestpackers bisa mencari akomodasi untuk menginap di platform BestHostels Indonesia.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Pontianak yang Unik dan Khas, Perpaduan Budaya Tionghoa

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer