7 Makanan Khas Medan yang Lezat dan Wajib Buat Dicoba!

Wisata dan kuliner adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Medan adalah satu satu daerah di Indonesia yang punya dua-duanya. Apa saja makanan khas Medan yang paling enak dicicipi?

Medan merupakan kota dengan beragam pesona. Tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya saja, ibukota Sumatra Utara ini juga menawarkan kuliner yang menggugah selera. Ada banyak makanan khas Medan yang membuat kota ini dicanangkan jadi kota gastronomi.

Cita rasa yang khas pada setiap makanan membuat semua orang yang berkunjung ketagihan untuk balik lagi. Sangat disayangkan kalau Bestpackers berwisata ke Medan tapi melewatkan momen mencicipi makanan khas Medan. 

Biar penyesalanmu tidak terbawa hingga ke rumah, cobalah mencicipi masakan khas Medan ketika mampir ke kota ini, ya. Diantara beragamnya makanan khas Medan, berikut merupakan 7 sajian yang recommended untuk Bestpackers coba:

Bika Ambon

Walaupun ada kata “Ambon” Bestpackers jangan salah sangka, ya. Makanan yang satu ini  ternyata bukan dari Ambon namun merupakan salah satu makanan khas Medan. Nama Ambon diambil dari lokasi pertama kali kue ini diproduksi yaitu di Jalan Ambon, Medan.

Ciri khas kue yang satu ini adalah warnanya yang kuning cerah dan memiliki tekstur yang empuk dengan rongga atau serat pada bagian tengah-tengahnya. Kalau sebagian besar kue punya aroma vanili, bika Ambon sebaliknya. Kue ini justru punya aroma daun jeruk yang segar dan menggugah selera.

Mie Gomak

Mie Gomak adalah makanan olahan mie khas Indonesia yang berasal dari Medan. Mie ini hanya bisa kamu temukan di wilayah Sumatera Utama. Oleh masyarakat lokal mie gomak sering dijuluki sebagai spaghetti Batak. Unik, ya?

Nama gomak diambil dari cara pembuatan mie ini yakni yang dibuat dengan digomak-gomak (digenggam dengan tangan). Secara tekstur mie yang satu ini punya tekstur lembut dan kenyal. Mie gomak dapat disajikan sebagai mie kuah ataupun mie goreng. Untuk menambah citarasanya, kamu bisa mencampur mie gomak dengan kuah lontong, bumbu kacang, atau bumbu lainnya sesuai dengan selera Bestpackers.

Lontong Medan

Pagi hari di Medan wajib banget untuk mencoba sarapan dengan lontong medan. Makanan khas Medan yang satu ini menyerupai lontong sayur pada umumnya. Namun cita rasa lontong ini sangat berbeda karena dominan gurih. 

Rasa gurih tersebut didapat dari bumbu tauco yang menjadi salah satu bumbunya. Lontong Medan biasanya dipadukan dengan berbagai pelengkap seperti sambal teri, bumbu kacang dan lainnya. Sementara untuk pilihan sayurnya bervariasi banget, sehingga Bestpackers bisa memilihnya sendiri.

Nasi Kentut

Rasa dan aroma makanan ini tidak sesuai dengan namanya. Jika nasi bungkus pada umumnya dibungkus dengan kertas minyak atau daun pisang, maka berbeda dengan nasi yang satu ini. Nasi kentut dibungkus menggunakan daun kentut.

Meski namanya kentut, namun aroma segar dapat tercium pada saat Bestpackers membuka bungkus daunnya dan hal itu menjadi ciri khasnya. Sebagai pelengkap, Bestpacker dapat memilih sendiri lauknya sesuai dengan selera.

Baca Juga: 7 Makanan Chinese Paling Populer di Indonesia, Sudah Pernah Mencoba?

Bihun Bebek

Bestpackers ingin mencoba sajian sup cita rasa nikmat pada saat berkunjung ke Medan? Jangan khawatir, makanan khas Medan yang satu ini bisa memanjakan mulut dan perut Backpacers, namanya adalah bihun bebek. 

Jika biasanya bihun disajikan dengan suwiran daging ayam, maka berbeda dengan bihun khas Medan. Bihun Medan menggunakan kuah kaldu bebek dan suwiran daging bebek. Bihun, kuah kaldu bebek, suwiran daging bebek, serta tambahan acar merupakan perpaduan sempurna buat jadi menu makan siang.

Soto Medan

Bestpackers pasti tidak asing lagi dengan kuliner yang bernama soto. Hampir seluruh daerah di Indonesia mempunyai kuliner ini,namun cita rasa dan ciri khasnya berbeda di masing-masing daerah. 

Sama halnya di Medan, Medan juga mempunyai sajian soto yang disebut soto Medan. Nah, yang unik dari sajian ini adalah kuah santan berwarna kuning pucat dengan rasa rempah-rempah yang kuat menjadi ciri khas dari soto ini. Soto Medan menawarkan isian yang variatif seperti daging sapi, ayam, dan udang, jadi Bestpackers tinggal memilih sendiri sesuai selera.

Dali Ni Harbo

Makanan khas Medan yang tak kalah nikmatnya adalah dali ni harbo. Dali ni harbo merupakan olahan makanan dari bahan dasar susu, akan tetapi susu yang digunakan adalah susu kerbau.

Pembuatan dali ni harbo sangat mudah, susu kerbau dipanaskan hingga mengental membentuk gumpalan seperti keju, sehingga tak jarang dali ni harbo dijuluki sebagai keju Medan atau keju Batak. Bestpackers dapat mencobanya, karena selain rasanya yang gurih dali ni harbo juga bergizi untuk kesehatan.

Jadi kalau Bestpackers berkunjung ke Medan mau coba yang mana, nih? Jangan bingung menentukan pilihan, ya. Untuk dapat informasi lebih lanjut, ikuti terus website dan media sosial BestHostels Indonesia.

Baca Juga: 7 Kawasan Chinatown Terbaik di Indonesia, Pusatnya Wisata Budaya dan Kuliner

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer