7 Makanan Khas Magelang yang Wajib Dicoba!

Magelang tidak hanya terkenal dengan Candi Borobudur-nya saja. Kota ini juga terkenal punya makanan khas yang menggugah selera. Inilah sederet makanan khas Magelang yang wajib Bestpackers coba!

Punya letak yang strategis bikin Magelang jadi salah satu alternatif daerah yang dikunjungi wisatawan selama berada di Jawa Tengah. Nah, kalau mampir ke Kota Sejuta bunga ini jangan hanya datang ke candi Borobudur saja. Cicipi juga makanan khas Magelang yang terkenal akan kelezatannya.

Meski punya cita rasa yang hampir mirip dengan beberapa makanan Jawa Tengah lain, namun bumbu-bumbu yang digunakan dalam makanan khas Magelang berbeda, lo. Setiap masakan khas Magelang dibuat dengan bumbu rempah-rempah pekat sehingga rasanya semakin otentik.

Nah, kalau berkunjung ke daerah Magelang, jangan lupa untuk mencicipi tujuh makanan khas ini.

Sup Senerek

Makanan khas Magelang ini sangat cocok dinikmati saat musim penghujan. Dikenal dengan nama sup senerek, sup ini berbahan dasar kacang merah dengan kuah bening. Komposisinya mirip sup pada umumnya yaitu bayam, wortel, kol dan tetelan sapi.

Bedanya, sup senerek diolah dengan bumbu rempah-rempah pilihan yang khas. Sup senerek sangat cocok dinikmati dengan sambal, gorengan, serta baceman tahu dan tempe. Tempat legendaris untuk menikmati sup senerek yakni di sup senerek bu Atmo. 

Bestpackers hanya perlu merogoh kocek 15 ribu untuk menikmati hidangan ini.

Nasi Goreng Magelangan

Terkenal di beragam kota, nasi goreng khas Magelang berbeda dengan nasi goreng pada umumnya, lho. Nasi goreng ini diolah dengan campuran mie dan sayuran serta memiliki cita rasa yang cenderung manis.

Biasanya orang-orang menyebut nasi goreng Magelang dengan dengan magelangan. Cita rasa yang kuat dalam masakan ini didominasi oleh kecap kental dan bumbu rempah khas Magelang. Perpaduan nasi dengan mie akan membuat Bestpackers merasa kenyang seharian. 

Salah satu rekomendasi nasi goreng khas Magelang ini yakni di kedai milik Pak Yatno.

Kupat Tahu

Makanan khas Magelang yang satu ini terbuat dari bahan utama beras yang diolah menjadi ketupat atau kupat. Sesuai dengan namanya, kupat tahu merupakan perpaduan antara potongan kupat dan tahu yang digoreng. Ketika disajikan kedua bahan tersebut akan dicampur dengan potongan kubis, seledri dan gorengan.

Tambahan bumbu kacang dan kecap manis menjadikan kupat tahu sangat diminati wisatawan. Bumbu kacangnya diolah dengan bumbu rempah-rempah yang khas sehingga menghasilkan rasa yang ciamik di lidah. Pastikan tidak terlewat untuk mencicipinya, Bestpackers.

Mangut Beong

Mungkin makanan khas Magelang yang satu ini belum terlalu akrab di telinga Bestpackers. Yups, Mangut Beong namanya. Beong sendiri merupakan ikan lele jumbo, biasanya makanan ini diolah dengan beragam bumbu rempah dan kuah santan.

Mangut beong memiliki cita rasa yang pedas dan aroma kuat. Siapapun yang mencobanya pasti akan merasakan ketagihan. Gurihnya ikan lele dengan dipadukan kuah santan pedas menjadi kombinasi menarik yang menggoyang lidah.

Sego Godhok

Mengunjungi Magelang tidak akan lengkap rasanya jika belum mencicipi kenikmatan sego godhog. Sego godhog atau nasi rebus merupakan olahan nasi yang dimasak bersama mie, suwiran daging ayam, telur, hingga jeroan. Selain pengolahannya yang unik, kuliner ini juga memiliki cita rasa yang khas.

Aroma sedap yang diperoleh dari makanan ini berasal dari cara memasaknya yang menggunakan anglo. Selain itu, sego godhog juga tidak oleh dalam skala banya melainkan per porsi saja. Jadi, soal kelezatan sego godhog ini tidak perlu diragukan lagi.

Baca Juga: Selain Nasi Padang, Inilah 7 Makanan Khas Padang yang Menggugah Selera!

Bubur Blendrang

Selain bubur ayam yang menggungah selera, bubur blendrang khas Magelang juga nggak kalah ciamik soal rasa. Makanan khas Magelang berbahan tepung gandum ini umumnya diolah bersamaan dengan daging ayam maupun kambing.

Cita rasa bubur blendrang sedikit pedas sehingga sangat cocok disantap saat sarapan. Menariknya, kuah bubur blendrang ini sangatlah kental sehingga sangat memiliki rasa yang gurih. Bagi Bestpackers pecinta pedas bisa request irisan cabenya, lho.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Papua Paling Lezat, Ada Udang Selingkuh?

Nasi Lesah

Masih dengan makanan berbahan dasar nasi dengan kuah kental santan yang gurih, Magelang memiliki nasi lesah yang sekilas mirip dengan soto. Nasi lesah terdiri dari komponen nasi, taoge, mie, irisan daun bawang dan daging ayam.

Manariknya, terdapat kuah santan kental dan gurih yang menggugah selera. Nasi lesah sangat cocok dinikmati saat masih hangat dan cuaca sedang dingin. Untuk dapat menikmatinya, Bestpackers tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, hanya berkisar 8.000 hingga 10.000 rupiah saja.

Nah, itulah tujuh jenis makanan khas Magelang yang sayang dilewatkan jika kamu mengunjungi kota ini. Agar bisa menyantap semua sajian di atas Bestpackers harus menyediakan waktu lebih dari satu hari untuk berada di kota Magelang.

Untuk lebih nyaman menginap di kota ini ada baiknya kalau Bestpackers menginap di hostel, ya. Kini ada beragam pilihan hostel terdekat yang cocok untuk kamu bermalam selama wisata kuliner di Magelang. Dapatkan informasi lebih lanjut seputar hostel di Magelang di website Besthostels.co.id. See you!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer