7 Makanan Khas Korea Ini Sering Wira-Wiri di Drakor, Sudah Pernah Coba?

Bestpackers, apa yang terlintas ketika mendengar Korea Selatan? Pastinya drama Korea nya kan. Nah, kalau Bestpackers pecinta drama Korea nih pasti nggak asing lagi dengan makanan khas Korea yang sering wira-wiri di setiap scane dramanya dong. Kira-kira pernah nyobain kuliner khas Korea nggak, Bestpackers?

Korea Selatan memang menjadi topik bahasan yang menarik banget. Mulai dari oppa-oppa ganteng kesayangan sampai budaya masyarakat yang unik-unik bikin kita nggak bosen. Nah, salah satu yang paling menarik adalah variasi makanan khas Korea yang kelihatan menggugah selera.

Lewat drama Korea yang booming di berbagai penjuru dunia, penonton secara tidak langsung juga diajak berkenalan dengan berbagai makanan khasnya. Visualisasi yang muncul dalam setiap scene drama Korea, tak jarang membuat ingin mencicipinya. Pasti Bestpackers juga demikian, kan?

Kabar baiknya sekarang Bestpackers tak perlu jauh-jauh ke Korea apabila ingin mencicipinya. Karena di Indonesia pun berbagai sajian khas Korea sudah tersedia. Penasaran apa aja kulinernya? Berikut ini tujuh makanan khas Korea paling wajib kamu coba. 

Kimchi

Jika Bestpackers penggemar drama Korea pasti tak akan asing lagi dengan makanan khasnya yang satu ini. Citarasa pedas ala Korea membuat siapapun ketagihan dengan kuliner ini. Apalagi kalau bukan Kimchi,

Lewat drama Korea yang berjudul My Name is Kim Sam Soon dan Replies, makanan khas ini berhasil membuat penontonnya ngiler. Kimchi sendiri diolah dari sawi lokal Korea yang difermentasi dengan bumbu pedas warna merah menyala. Kimchi biasanya disajikan sebagai lauk pauk atau makanan pendamping.

Rasa Kimchi yang pedas membuat siapapun ingin menikmatinya. Namun, tak perlu jauh-jauh ke Korea karena saking boomingnya Kimchi juga bisa ditemukan di Indonesia. Kamu bisa mendapatkan kimchi di berbagai marketplace lokal.

Gyeran Mari

Ini sih bisa dibilang dadar gulung atau omeletnya orang Korea. Bentuk dan bahan dasarnya sangat mirip dengan dadar gulung kebanyakan. Makanan khas Korea ini seringkali menjadi camilan bahkan lauk pauk saat makan. Rasanya yang gurih dan bentuknya yang menarik sangat disukai anak-anak.

Kalau Bestpackers pernah menonton drama Korea yang berjudul Boys Over Flowers pasti tak akan asing lagi dengan makanan yang satu ini. kuliner khas Korea ini sering digunakan oleh anak-anak untuk bekal makan siang.

Penasaran ingin membuat sendiri di rumah, Bestpackers? Caranya gampang banget. Pertama potong dadu wortel dan sayur-sayuran kemudian campurkan dengan telur yang telah dikocok, jangan lupa beri sedikit garam dan penyedap rasa. Lalu goreng di atas api kecil dan gulung saat masih panas. Gyeran Mari siap disajikan. 

Gyeran Jjim

Tak berbeda jauh dengan Gyeran Mari, Gyeran Jjim juga berbahan dasar telur. Namun untuk bentuknya sendiri berbeda. Gyeran Jjim biasanya disajikan sebagai makanan pendamping tukkabaegi, yaitu pot tanah liat yang dalamnya berisi aneka makanan banchan.

Gyeran Jjim memiliki tekstur yang halus dan lembut, makanan ini sangat terasa lezat apabila disajikan dalam keadaan masih panas. Apabila Bestpackers telah menonton drama Korea berjudul Let”s Eat pasti sudah tau Gyeran Jjim ini.

Dimasak dengan cara dikukus menjadikan Gyeran Jjim makanan yang rendah kolestrol, karena tak mengandung lemak minyak. Jika Bestpackers menyukai makanan sehat nampaknya Gyeran Jjim harus masuk dalam daftar menu.

Tteobokki

Korea memang terkenal memiliki makanan khas dengan citarasa yang pedas. Salah satunya yang harus dicoba adalah Tteobokki. Camilan ini sering disebut sebagai jajanan kaki lima di Korea. Saking populernya, setiap sudut kota di Korea pasti ada yang menjajakan kuliner khas ini.

Tteobokki terbuat dari tepung beras yang dibumbui pedas, warnanya yang merah merona membuat Tteobokki selalu jadi incaran para penggemar makanan pedas. Camilan ini sangat cocok disantap malam hari saat cuaca sedang dingin. 

Tteobokki seringkali menghiasi berbagai drama Korea, visualisasi yang baik dengan warna merah terang membuat siapapun yang melihatnya ingin memakannya. kalau Bestpackers tau Tteobokki dari drama Korea yang berjudul apa ?

Kimbap

Kalau Jepang punya makanan khas yang bernama Sushi, nampaknya Korea juga mempunyai makanan khas yang hampir mirip dengan Sushi. Yups, namanya adalah Kimbap. Bentuk dan bahan dasar kedua makanan ini bisa dikatakan sama, lho. 

Muncul dalam drama Korea berjudul Healer pada tahun 2014, banyak orang mengira kalau makanan ini adalah Sushi. Namun itu bukan jawaban yang benar ya, Bestpackers. Itulah Kimbap dibuat darinasi yang digulung dengan aneka varian isi mulai dari ikan, daging hingga sayuran.

Walaupun berbahan dasar nasi, Kimbap di Korea sering dimakan sebagai camilan. Ini sih bisa dibilang camilan yang mengenyangkan sekaligus sumber tenaga ya, Bestpackers. Kimbap merupakan makanan khas Korea yang wajib dibawa saat bepergian. Tentu karena mengenyangkan dong.

Ramyun

Siapa yang nggak suka dengan mie, bisa dibilang semua orang menyukai mie. Tak terkecuali orang Korea sekalipun. Korea juga punya makanan khas berupa mie instan yang disebut dengan Ramyun. Mie dengan kuah pedas ini kerap menjadi teman saat musim dingin.

Ramyun juga kerap menghiasi drama Korea mulai dari Crash Landing On You, Descendant Of The Sun, What Wrong With Secretary Kim hingga Replies. Tak ayal, kalau Ramyun menjadi sangat terkenal dan banyak diburu oleh foodies. Bestpackers juga kan?

Mie dengan tekstur yang tebal dan kuah yang pedas ini akan membuat penikmatnya nggak mau berhenti makan. Rasanya enak dan nagih banget. Apalagi kalau disantap dengan Kimchi, ini sih perpaduan yang nggak ada dua nya. Bikin ngiler!

Baca Juga: 7 Olahan Mie Khas Nusantara yang Lezat Banget, Dijamin Bikin Ngiler!

Bungeoppang

Setelah mengulas berbagai makanan dengan citarasa pedas, kini saatnya yang manis-manis akan lewat nih. Yups, makanan ini sering ditemui di street food Korea. Rasanya yang manis membuat orang banyak menyukai camilan ini. Bener banget, namaya Bungeoppang.

Kue kering ini berbentuk ikan yang didalamnya diisi dengan aneka olahan manis. Biasanya berisi pasta kacang merah yang manis ataupun es krim dengan berbagai rasa. Sangat lezat disantap saat masih hangat.

Kalau Bestpackers pernah menonton Legend Of The Blue Sea pasti sudah tau tentang camilan ini. Rasa manis yang dipadukan dengan tekstur krispy, merupakan kombinasi yang pas di lidah. Diet auto gagal kalau sudah bertemu dengan Bungeoppang.

Itulah 7 rekomendasi makanan khas Korea yang sering mewarnai drakor. Eits, jika ingin mencicipinya tak perlu jauh-jauh ke Korea, karena di Indonesia sudah banyak restauran yang menyajikan kuliner khas Korea. Jangan lupa ajakin orang tersayang juga untuk mencoba berbagai makanan khas Korea ini, ya!

Nah, untuk mendapatkan informasi menarik seputar wisata jangan lupa kepoin terus BestHostels Indonesia.

Baca Juga: 7 Olahan Mie Khas Nusantara yang Lezat Banget, Dijamin Bikin Ngiler!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer