7 Makanan Khas Bandung Paling Lezat dan Unik

Apa yang terpikirkan saat menyebut makanan khas Bandung? Seblak? Eitss bukan itu saja. Berikut ini tujuh makanan khas Bandung yang tidak kalah enak, Bestpackers.

Bandung tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya saja yang menawan. Kota kembang ini juga menjadi surga bagi pecinta wisata kuliner. Tidak heran sih mengingat ada beragam makanan khas Bandung yang menggugah selera banget.

Bestpackers, ngomongin tentang makanan khas Bandung nggak hanya seblak saja, ya. Berikut ini tujuh rekomendasi makanan khas Bandung yang wajib kamu coba.

Foto karya Gunawan Kartapranata

Mie kocok Bandung

Ngomongin tentang makanan khas Bandung, santapan yang satu ini wajib banget kamu cobain. Mie kocok merupakan makanan khas kota Bandung yang telah terkenal sejak zaman dahulu. Secara fisik, mie kocok ini hampir mirip dengan mie bakso namun dari segi kuah, keduanya nampak berbeda.

Mie kocok memiliki kuah yang lebih kental dan dikombinasikan dengan sayuran tauge. Topping yang tidak absen dari sajian yang satu ini adalah kikil sapi atau potongan kaki sapi dengan tekstur yang sangat empuk.

Disebut mie kocok lantaran mie kuning yang jdi bahan utamanya harus dikocok terlebih dahulu sebelum disajikan. Biasanya mie kocok juga ditauri daun bawang sebagai topping di bagian atasnya.

Batagor

Siapa sih yang tidak kenal dengan sajian khas Bandung yang satu ini? Batagor merupakan singkatan dari Baso Tahu Goreng dan merupakan makanan khas Bandung yang sangat populer terutama di kalangan wisatawan nusantara.

Dalam sepiring batagor terdapat aci, tahu, dan pangsit. Penyajiannya biasanya dicampur dengan saus kecap serta bumbu kacang yang khas sehingga menambah kelezatan dalam satu porisinya. Umumnya batagor juga dilengkapi dengan acar dan tambahan cabai pedas sesuai selera.

Makanan khas Bandung yang satu ini mudah ditemukan di berbagai sudut kota Bandung. Batagor merupakan menu andalan baik di pedagang kaki lima hingga restoran bintang lima.

Cuanki

Sekilas mirip dengan bakso Malang namun sajian yang satu ini punya isian yang berbeda. Dalam satu porsi cuanki terdapat aci, siomay, bakso, pangsit rebus, pangsit goreng, dan bakso goreng. Perbedaannya mie yang digunakan untuk cuanki bukanlah mie kuning seperti khas bakso Malang.

Meskipun banyak penjual cuanki yang berdagang dengan gerobak yang dipikul tetapi kamu tetap dapat menemukan sajian ini pada penjual yang menetap, kok. Biasanya seporsi cuanki memiliki harga berkisar antara Rp10.000-15.000 saja.

Karedok

Buat kamu pecinta gaya hidup sehat, makanan khas Bandung yang satu ini wajib dicoba. Karedok merupakan sajian yang terbuat dari bahan-bahan segar mulai dari pembuatan hingga penyajiannya. Makanan asli Bandung ini berisi mentimun, tauge, kacang hijau, kol, terong, dan juga kemangi.

Sedangkan saus karedok terbuat dari bumbu kacang yang dihaluskan bersama cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi. Salah satu ciri khas dari karedok adalah penyertaan oncom bakarnya yang semakin menggugah selera.

Baca Juga: 9 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba, Bikin Ketagihan

Surabi

Surabi merupakan jajanan tradisional khas Bandung yang sampai saat ini semakin populer karena dibuat semakin inovatif. Surabi merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung dan dibakar di atas tungku dengan cetakan tanah liat.

Dulu surabi hadir dengan toping mulai dari oncom hingga meses. Namun seiring berjalannya waktu, surabi memiliki toping yang semakin beragam seperti coklat, keju, durian, sosis, hingga pisang. Kamu juga bisa request untuk mix topping, Bestpackers.

Nasi tutuk oncom

Kuliner yang satu ini merupakan makanan khas Bandung paling legendaris. Pasalnya selain enak nasi tutug oncom telah ada sejak zaman dahulu, lo. Makanan khas Bandung ini dibuat dengan cara dibakar terlebih dahulu. Tak lupa nasi dicampur dengan bumbu oncom dan sedikit tepung tapioka.

Beberapa penjual menambahkan jamur ke dalam sajian nasi ini. Nasi tutug oncom biasanya disajikan dengan sambal dan lalapan, Bestpackers.

Colenak

Bestpackers coba tebak apa kepanjangan dari nama jajanan yang satu ini? Yaps, betul buat kamu yang menebak dengan ‘dicocol enak’. Colenak sebenarnya merupakan tape atau peyeum yang dibakar kemudian disiram dengan bahan khusus.

Bumbu yang digunakan untuk jajanan yang satu ini adalah campuran gula jawa cair serta parutan kelapa. Menurut cerita masyarakat setempat colenak telah ada di Bandung sejak tahun 1930-an. Duh tua banget ya umur si makanan khas Bandung yang satu ini?

Bestpackers itulah tujuh makanan khas Bandung yang wajib dicoba selama kamu berkunjung ke kota kembang. Seluruh makanan rekomendasi di atas  tersedia di berbagai lokasi mulai dari restoran bintang lima hingga pedagang kaki lima. Tinggal menyesuaikan dengan budget saja, Bestpackers.

Ke Bandung rasanya kurang lengkap jika kita buru-buru pulang, kan? Biar lebih nyaman dalam eksplor makanan khas Bandung sempatkan menginap di hostel di Kota Kembang ini, ya.

Baca Juga: 7 Kawasan Chinatown Terbaik di Indonesia, Pusatnya Wisata Budaya dan Kuliner

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer