Nggak Cuma Mie Aceh, 7 Makanan Khas Aceh ini Bikin Ketagihan!

Makanan khas Aceh memang terkenal kaya akan rempah dengan rasa yang otentik. Sederet kuliner khas Aceh dijamin menggoyang lidah para pecinta kuliner.  Kalau Bestpackers udah nyobain makanan khas Aceh yang mana aja, nih?

Aceh merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki variasi kuliner yang beragam. Makanan khas Aceh terkenal dengan citarasa yang unik dan bumbu rempah yang kuat. Tak ayal kalau ragam kuliner khas Aceh memikat para pecinta kuliner, baik masyarakat lokal maupun luar Aceh.

Jika dirunut dari sejarahnya, memang daerah Aceh dulunya menjadi tempat persinggahan pedagang Cina, India, Arab dan Eropa yang menjajakan rempah-rempah khususnya lada dan kayu manis. Maka, tidak heran kalau makanan khas Aceh memiliki keunikan rasa dibandingkan daerah lain. Bisa dikatakan kalau Aceh ini surganya kuliner ya, Bestpackers.

Berbicara makanan khas Aceh pasti Bestpackers selalu terngiang-ngiang dengan Mie Aceh, bukan? Padahal nih, masih banyak lho makanan khas Aceh yang bakal bikin kamu ngiler dan ketagihan. Berikut ini tujuh makanan khas Aceh versi BestHostels Indonesia yang sayang banget buat kamu lewatkan.

Kuah Pliek

Makanan khas Aceh yang pertama ini bernama Kuah Pliek. Umumnya makanan ini bisa ditemukan bagian Timur Aceh, Aceh Pidie dan daerah sekitarnya. Kuah Pliek merupakan makanan berkuah yang kaya akan bumbu rempah dan berisikan sayuran yang lengkap. Cocok banget nih untuk vegetarian.

Selain citarasanya yang lezat, kuliner khas Aceh ini juga memiliki filosofi yang dalam lho. Menurut orang Aceh, Kuah Pliek tak hanya sekedar makanan khas saja, namun memiliki makna yang mendalam. Kuah Pliek melambangkan keberagaman dan kedekatan masyarakat Aceh yang disatukan dalam kuali yang besar.

Keunikan kuliner khas Aceh ini terletak pada kuahnya yang terbuat dari minhak kelapa yang diolah dengan cara difermentasi. Bumbu rempah yang kental dan pedas dipadukan dengan gurihnya kuah minyak serta sayuran segar menjadikan siapapun ingin mencicipinya. Pecinta kuliner pedas wajib nyobain nih, Bestpackers.

Gulai Masam Keueng

Pecinta seafood yuk merapat. Makanan khas Aceh yang satu ini berbahan utama seafood, lho. Orang Aceh menyebutnya Gulai Masam Keueng, jika Bestpackers sedang menyambangi Aceh tak akan sulit menemukan kuliner yang satu ini karena ada di setiap sudut kota Aceh.

Bumbu rempah pedas dan asam yang berpadu dalam masakan ini, menjadikannya segar saat disantap. Rasa asamnya sendiri berasal dari asam sunti yang terbuat dari belimbing wuluh yang dikeringkan. Kuah segar pedas asam dan gurihnya seafood menjadikan makanan ini banyak digandrungi foodies.

Nggak hanya itu, kuliner khas Aceh ini mempunyai aroma yang unik dimana terdapat daun salam koja yang berbaur dalam kuah gulainya. Dari jauh pasti Bestpackers bisa tau nih kalau ada Gulai Masam Keueng ini. Kira-kira udah pernah nyobain belum nih, Bestpackers?

Ayam Tangkap

Kalau Bali punya kuliner khas yang bernama Ayam Betutu, Aceh juga memiliki makanan khas yang berbahan dasar ayam dengan nama Ayam Tangkap. Sajian ini berupa ayam goreng yang dimasak dengan berbagai rempah khas Aceh. Menyantapnya dengan nasi putih hangat, bikin Bestpackers lupa diet pastinya.

Makanan khas Aceh ini memiliki citarasa yang unik karena diolah dengan cabai hijau dan daun temurui sampai benar-benar kering. Aroma yang keluar dari daun temurui yang digoreng menjadikan sajian ini banyak digandrungi pecinta kuliner. Tentunya kuliner khas Aceh ini akan memberikan sensasi makan ayam goreng yang berbeda, lho.

Nah, jika Bestpackers sedang berkunjung ke Aceh jangan sampai melewatkan kuliner yang satu ini ya. Tak perlu khawatir karena banyak warung pinggir jalan yang menyajikan kuliner yang satu ini. Yuk, temukan kelezatan Ayam Tangkap.

Baca Juga: 9 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba, Bikin Ketagihan

Sate Matang

Sate Madura memang melegenda soal kelezatannya, namun nggak ada salahnya untuk mencoba Sate Matang khas Aceh yang nggak kalah lezat, lho. Dinamakan Sate Matang karena berasal dari salah satu daerah di Aceh yang bernama Matang. Pengolahannya yang unik dan kaya rempah menjadikan sate ini banyak dicari pecinta kuliner.

Kalau sate biasanya terbuat dari daging ayam, Sate Matang terbuat dari daging sapi. Sebelum melalui proses pembakaran, daging sapi tersebut diungkep dengan rempah-rempah pilihan. Dengan begitu, bumbu sate menjadi lebih meresap dan tekstur menjadi lebih empuk. 

Nah, uniknya lagi Sate Matang tidak disajikan dengan bumbu kacang lho melainkan disiram dengan kuah soto yang segar.  Kuah hangat soto dan sate daging sapi yang empuk mampu menggoyang lidah Bestpackers. Yuk, masukin daftar menu favoritmu.

Mirah

Makanan khas Aceh yang satu ini lekat dengan perayaan menyambut puasa. Namanya sendiri yakni Mirah. Jika Bestpackers mengunjungi Aceh saat moment menjelang puasa Ramadhan pasti akan bertemu dengan kuliner yang satu ini.

Pada saat memasuki bulan puasa, masyarakat Aceh akan berbondong-bondong untuk membeli daging kerbau sebagai bahan dasar membuat Mirah. Mirah diolah dengan bumbu rempah kental yang berwarna sangat merah. Warna merah ini didapat dari bubuk cabai yang sebelumnya diolah.

Citarasa pedas dan warna yang merah terang benderang membuat selera makan naik secara drastis. Menyantapnya saat malam dengan cuaca yang dingin akan membuat keringat menetes karena rasa pedasnya. Bagi Bestpackers yang menyukai makanan pedas, ini wajib banget untuk dicoba!

Baca Juga: 5 Makanan Khas Madura Yang Tak Boleh Bestpackers Lewatkan!

Si Itek

Pecinta olahan bebek wajib tahu makanan khas Aceh yang satu ini. Yups, namanya Si Itek. Sesuai dengan namanya olahan ini berbahan dasar itik atau bebek. Udah pernah nyobain belum, Bestpackers?

Berbeda dari olahan bebek pada umumnya, Si Itek menawarkan sensasi makan bebek dengan kuah kari yang kental dan kaya akan rempah-rempah. Daging bebek yang direbus dengan empuk dan dipadukan kuah pedasnya menjadi daya tarik tersendiri. Dijamin Bestpackers akan menemukan citarasa olahan bebek yang pas di lidah.

Si Itek sendiri biasanya disajikan dengan nasi putih hangat. Nah, tak akan susah mencari menu yang satu ini karena setiap warung nasi di kota Aceh pasti menyediakan Si Itek. Jika Bestpackers menyambangi Aceh jangan lupa mencicipinya ya.

Rujak Aceh

Setelah membahas makanan yang tinggi kalori, yuk saatnya penyegaran dengan menu yang satu ini. Rujak Aceh merupakan salah satu makanan khas Aceh yang menyuguhkan rasa segar dari buah-buahan dan bumbu pedas manisnya. Terlihat seperti rujak pada umumnya, namun rujak ini memiliki ciri khas, lho.

Keunikan Rujak Aceh terletak pada paduan  buah rumbia khas Aceh dan pisang batu muda. Meskipun terdapat sedikit rasa sepat, justru menambah kenikmatan rujak ini. Nah, udah bisa membayangkan rasanya Bestpackers?

Jika Bestpackers sedang di Aceh tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner rujak ini. Terlebih jika menyantapnya di siang hari dengan parutan es di atasnya. Wah bisa membuat ngiler nih, Bestpackers.

Itulah 7 makanan khas Aceh yang sayang banget untuk dilewatkan. Kira-kira Bestpackers udah pernah nyobain salah satu makanan di atas belum, nih?

Baca Juga: 7 Olahan Mie Khas Nusantara yang Lezat Banget, Dijamin Bikin Ngiler!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer