7 Makanan Chinese Paling Populer di Indonesia, Sudah Pernah Mencoba?

Bestpackers, pernahkah mengkonsumsi lumpia ataupun kwetiau? Pasti mengira jika keduanya makanan Indonesia. Jawabannya salah besar. Faktanya kedua makanan ini adalah makanan chinese yang populer di Indonesia. Masih ada lagi makanan khas China yang populer di Indonesia, lo. Apa saja?

China tidak hanya terkenal dengan populasi penduduknya yang padat ataupun budayanya yang menarik. Salah satu pengaruh besar China terhadap budaya-budaya terletak pada makanan khasnya yang lezat. Di Indonesia kuliner ini dikenal dengan chinese food atau makanan Chinese.

Tanpa diketahui kapan menyebar, saat ini lidah masyarakat Indonesia sudah akrab dengan makanan Chinese. Beberapa makanan tersebut diadopsi langsung dari makanan khas China, sementara ada juga yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia dengan penambahan rempah-rempah. 

Nah, ini dia tujuh makanan khas chinese yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Kwetiau

Berbagai olahan mie memang menjadi kesukaan banyak orang, tak terkecuali kwetiau. Makanan chinese ini seringkali kita temukan di warung-warung pinggir jalan. Atau biasa dijajakan dengan memakai gerobak.

Meskipun berasal dari negeri tirai bambu, kwetiau sangat cocok di lidah Indonesia. Hal ini dikarenakan bumbu yang digunakan untuk memasak kwetiau kaya akan rempah-rempah. Perbedaan kwetiau dengan mie lain yakni terletak pada bentuk mienya yang pipih dan teksturnya yang kenyal.

Bebek Peking

Kerap dianggap makanan Indonesia, nyatanya bebek peking berasal dari China. Bebek peking merupakan bebek panggang dengan citarasa manis dan warna yang coklat. Soal kelezatan nggak perlu diragukan lagi!

Bebek Peking biasanya disajikan dengan cara diiris tipis. Makanan khas China ini bisa dijadikan lauk bersama nasi putih hangat atau dengan pancake saus kacang merah. Kalau Bestpackers tim makan bersama apa, nih?

Fu Yung Hai

Makanan Chinese berikutnya yang membuat nafsu makan meningkat adalah fu yung hai. Makanan khas China mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan tak sedikit orang Indonesia yang menyukai fu yung hai.

Fu yung hai merupakan olahan yang terbuat dari telur dadar, sayuran dan daging. Umumnya, disajikan dengan saus asam manis yang terbuat dari tomat dan kacang polong, ada juga yang diirisi nanas. Bagi sebagian orang, sering menyebutnya dengan puyonghai.

Baca Juga: Bikin Ngiler, Inilah 7 Makanan Khas Banyuwangi yang Terkenal Kelezatannya

Cap cay

Bestpackers, sudah makan sayur belum hari ini? Jika belum, alangkah baiknya untuk membuat Cap cay. Makanan chinese ini terbuat dari olahan berbagai sayuran. Soal rasa dan manfaat untuk tubuh tentunya tidak perlu diragukan lagi!

Cap cay memiliki citarasa yang gurih, karena dipadukan dengan daging atau makanan hasil laut. Makanan ini sangat merakyat, Bestpackers bisa menemukannya di restoran hingga rumah makan kecil. Biasanya disajikan dalam bentuk goreng ataupun kuah. Bestpackers tim mana, nih?

Lun Pia

Lun pia atau sering disebut dengan Lumpia sebenarnya adalah salah satu makanan khas China, lo. Bentuknya berupa gulungan, kulitnya yang tipis berasal dari tepung gandum kemudian berisi aneka makanan, mulai dari sayuran, daging, telur hingga rebung. 

Umumnya, Lumpia dijadikan sebagai camilan dan disantap dengan cabe ataupun cocolan saos. Teksturnya sangat renyah, dengan rasa gurih yang cenderung manis. Pecinta gorengan wajib merapatu,  nih!

Bakpao

Bakpao merupakan salah satu makanan khas China yang sering dijumpai di Indonesia. Bak artinya daging sedangkan Pao berarti bungkusan. Awalnya isian Bakpao hanya daging babi saja, namun saat ini telah beragam mulai dari sayuran, ikan, hingga selai manis.

Bakpao berbentuk seperti kue yang mengembang, adonannya berasal dari tepung terigu dan diberi ragi. Soal rasa tergantung dengan isinya, ada yang manis dan gurih. Teksturnya kenyal dan rasanya bikin nagih!

Dim Sum

Mendengar makanan dim sum, pasti sudah tak asing lagi di telingan Bestpackers, bukan? Nah, faktanya dim sum merupakan makanan chinese yang sudah tersebar di Indonesia. Tak akan sulit untuk menemukannya, mulai dari restoran, rumah makan kecil bahkan streetfood menyedian dim sum.

Dim sum sendiri merupakan kudapan khas Tiongkok yang jenisnya sangat beragam, mulai dari siomay, hakau, mantau, hingga bakpao. Saat ini, banyak rumah makan yang menyajikan Dim sum bersama dengan olahan mie. 

Sekarang sudah tau faktanya kan, Bestpackers? Ternyata, banyak makanan chinese yang telah tersebar di Indonesia dan tentunya mengalami berbagai penyesuaian agar cocok dengan lidah kita. Di antara makanan-makanan ini Bestpackers sudah pernah mencoba yang mana, nih?

Baca Juga: 7 Makanan Khas Makassar Terlezat, Mana Favoritmu?

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer