7 Kota yang Punya Perayaan Hari Imlek Paling Meriah

Hari Imlek jadi momentum yang menggembirakan bagi banyak orang, khususnya mereka yang merayakan. Pasalnya, tahun baru China ini membawa kemeriahan tersendiri di berbagai kota. Tapi di antara kota pada umumnya, 7 tempat ini punya perayaan hari Imlek yang lebih meriah.

Hari Imlek merupakan hari spesial bagi seluruh masyarakat Tionghoa, tidak terkecuali yang telah lama bermukim di Indonesia. Hari Imlek dimaknai sebagai tahun barunya masyarakat Tionghoa. Tidak heran, jika momen ini dirayakan selayaknya pergantian tahun baru masehi.

Di Indonesia sendiri terdapat aneka perayaan Hari Imlek unik di berbagai daerah. Karena menjadi libur nasional, biasanya masyarakat juga akan memanfaatkan Imlek sebagai momen untuk traveling. Buat Bestpackers yang ingin mencoba hal tersebut, sebaiknya kunjungi tempat-tempat yang kental dengan Pecinannya, ya.

Karena biasanya di wilayah-wilayah Pecinan, perayaan Hari Imlek jauh lebih meriah. Buat kamu yang belum tahu, berikut 7 kota yang punya perayaan Imlek paling meriah di Indonesia.

Perayaan Hari Imlek di Berbagai Kota

1. Kota Seribu Kelenteng, Singkawang

Hari Imlek terasa sangat meriah jika kamu mengunjungi Kota Singkawang yang terletak di Kalimantan Barat. Kota ini merupakan pemukiman keturunan Tionghoa terbesar di Indonesia, jadi nggak heran kalau disebut sebagai Kota Seribu Kelenteng.

Perayaan Imlek di Singkawang setiap tahun selalu terasa meriah sehingga banyak dikunjungi wisatawan yang ingin melihatnya. Bahkan, kota ini mendapat sebutan sebagai perayaan Imlek paling meriah se-Asia Tenggara, lho.

Kamu akan dimanjakan dengan serba-serbi khas Imlek seperti pagelaran barongsai, pawai, malam kesenian hingga pemasangan lampion. Selain itu, rumah-rumah disini juga dihiasi dengan warna merah khas Imlek. Meraih sekali, pastinya.

2. Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang

Rekomendasi tempat wisata Hari Imlek berikutnya yakni Kelenteng Sam Poo Kong yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Jika kamu ingin melihat perayaan Imlek terbesar di Semarang, maka wajib banget untuk mengunjungi tempat ini.

Sebenarnya kelenteng ini tidak hanya ramai pada Hari Imlek saja, bahkan di hari-hari biasanya juga banyak dikunjungi wisatawan. Kamu dapat menemui berbagai pernak-pernik khas Tionghoa saat berkunjung ke Sam Poo Kong.

Nah, jika dirunut dari sejarah, sebenarnya kelenteng ini dulunya merupakan petilasan dimana Laksamana Cheng Ho atau Sam Po Tay Djien mendarat pertama kali di Indonesia. 

3. Pasar Petak Sembilan, Jakarta Barat

Nuansa Hari Imlek di Jakarta bisa kamu rasakan saat mengunjungi Pasar Petak Sembilan yang ada di Glodok. Menjelang tahun baru Imlek pasar ini akan dipadati pengunjung yang ingin membeli pernak-pernik khas Imlek.

Selain membeli pernak-pernik khas Imlek, kamu juga bisa membeli kue khas tahun baru China seperti kue keranjang, buah plum, buah jeruk, buah leci dan masih banyak lagi makanan lain.

Ketika menjelajah pasar ini seolah-olah kamu akan dibawa ke negara China, pasalnya sepanjang jalan dihiasi lampion-lampion dan hiasan serba merah. Selain itu, arsitektur bangunan disini juga sama dengan yang ada di China, lho.

4. Kelenteng Tek Hay Kiong, Tegal

Liburan Hari Imlek juga kamu bisa nikmati di Kota Tegal, Jawa Tengah tepatnya di Kelenteng Tek Hay Kiong. Masyarakat Tegal memusatkan perayaan tahun baru Imlek di kelenteng ini.

Bukan tanpa alasan, kelenteng Tek Hay Kong merupakan kelenteng tertua dengan umur 300 tahun dan juga memiliki arsitektur yang indah. Sekadar informasi, dulunya kelenteng ini bernaman Cin Jin Bio.

Jika beruntung, kamu juga bisa melihat kompetisi olahraga kungfu yang biasanya diselenggarakan disini. Masyarakat Tionghoa yang ada di Tegal mempercayai bahwa Kong Co Tek Hay Cin Jin sebagai dewa pelindung mereka.

5. Pawai Barongsai, Bandung

Bandung bisa menjadi salah satu destinasi wisata saat Hari Imlek tiba. Saat mengunjungi kota Bandung, kamu bisa melihat pawai barongsai sepanjang jalan yang digelar secara meriah oleh masyarakat Tionghoa di Bandung.

Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi destinasi wisata lainnya di Bandung yang menyuguhkan nuansa khas Tionghoa. Ada destinasi Kawasan Chinatown Bandung, Kawasan Dusun Bambu, Klenteng Satya Budhi hingga Museum Sejarah Etnis Tionghoa.

6. Kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat

Kawasan Pecenongan merupakan tempat yang cocok untuk menghabiskan malam tahun baru Imlek. Tempat ini merupakan pusat kuliner malam khas Tionghoa dengan pilihan makanan yang sangat beragam.

Bestpackers dapat menemukan berbagai makanan khas China di kawasan ini. Tidak hanya itu saja, Bestpackers juga akan disambut dengan deretan penjual yang menjajakan dagangan pernak-pernik Hari Imlek.

Menariknya lagi, kedai makanan di kawasan ini buka hingga 24 jam jadi Bestpackers bisa lebih leluasa untuk mengunjunginya. Ada banyak sekali jenis makanan yang bisa kamu coba, mulai dari makanan berat, minuman hingga makanan ringan kekinian.

7. Kelenteng Sanggar Agung, Surabaya

Klenteng Sanggar Agung merupakan salah satu tempat wisata menarik untuk menikmati libur Hari Imlek. Kelenteng ini berada di kota Surabaya, Jawa Timur dengan ikon patung Dewi Kwan Im setinggi 20 meter. 

Kelenteng ini memiliki perpaduan arsitektur yang menarik, pada bagian atap menggunakan gaya bangunan Jawa sedangkan arsitektur bawah bangunan menggunakan nuansa bangunan khas Bali. Sangat cocok untuk mengambil foto instagenic.

Kelenteng yang memiliki sebutan lain Hong Sang Tang ini juga memiliki patung stupa Maha Brahma di area kelenteng. Bestpackers juga bisa mampir ke obyek wisata Pantai Ria Kenjeran yang terletak tidak jauh dari Klenteng Sanggar Agung ini.

Itulah 7 rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat perayaan Hari Imlek tiba. Kamu bisa memanfaatkan hari libur cuti bersama untuk menikmati suasana khas Imlek dengan orang-orang tersayang. Yuk, mulai tentukan tempat yang akan kamu kunjungi.

Bestpackers juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di website BestHostels Indonesia atau follow akun instagram BestHostels Indonesia. Selamat tahun baru Imlek, Bestpackers!

Baca Juga: Tren Wisata 2023

Jangan sampai ketinggalan

Ayo gabung dengan kami untuk mendengar cerita kami dan dapatkan penawaran spesial dari kami!