7 Gunung Terindah di Indonesia yang Cocok Dikunjungi Saat Tahun Baru

Bestpackers, mari mengisi pergantian akhir tahun dengan kegiatan anti mainstream. Yups bener banget, mengeksplor gunung terindah di Indonesia adalah pilihan yang menarik untuk akhir tahunmu? Kira-kira gunung mana saja, nih?

Gunung yang ada di Indonesia memiliki keunikan dan keindahan masing-masing. Bestpackers dapat menikmati pemandangan hutan hujan tropis yang lebat, panorama sunset maupun sunrise, sabana, hingga kemegahan tebing-tebing curam pada gunung terindah di Indonesia.

Tak heran, jika banyak pendaki lokal bahkan mancanegara yang melakukan aktivitas pendakian beberapa gunung di Indonesia. Tentunya, setiap gunung yang kita kunjungi akan memberikan kesan keindahan masing-masing. Dari sekian banyaknya gunung yang ada di Indonesia, ada beberapa gunung yang menjadi tempat favorit untuk pendakian ataupun wisata, lho. 

Nah, inilah 7 gunung terindah di Indonesia dengan view yang mempesona.

Gunung Terindah di Indonesia
Foto: Wonderful Images Kemenparekraf

Gunung Bromo

Gunung Bromo menjadi pembuka gunung terindah di Indonesia yang terletak di empat kabupaten, yakni Malang, Lumajang, Probolinggo dan Pasuruan. Gunung Bromo memiliki tinggi 2.329 mdpl dan masih menjadi bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Bromo menyuguhkan pesona kawah, sunrise, dan sunset yang memukau. Bestpackers juga bisa menikmati lautan pasir dengan menaiki kuda. Nggak hanya itu, jika Bestpackers sampai pada puncaknya yakni Penanjakan tentu akan mendapatkan keindahan yang lebih menawan yakni pesona Gunung Semeru. 

Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa yakni berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan ketinggian 3.676 mdpl. Gunung ini terkenal dengan puncaknya yang bernama Mahameru. 

Pasti Bestpackers sudah tidak asing lagi, bukan? Yups bener banget, karena keindahannya gunung ini sempat menjadi lokasi shooting pembuatan film 5 cm yang begitu fenomenal di tahun 2012. Selain lekat dengan keindahan alamnya, ternyata beberapa spot di gunung Semeru juga menyimpan mitos, lho. 

Salah satunya adalah Tanjakan Cinta yang berada di jalur pendakian dari danau Ranu Kumbolo menuju Oro-Oro Ombo. Dikenal dengan nama Tanjakan Cinta karena bentuk bukitnya yang mirip dengan hati, mitosnya jika melalui jalur ini dilarang untuk menoleh ke belakang, jika dilanggar bisa saja kisah cintamu berakhir putus. 

Baca Juga: 5 Tips Mendaki Gunung bagi Pemula

Gunung terindah di Indonesia
Foto: Wonderful Images Kemenparekraf

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan salah gunung terindah di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Gunung ini terletak di Nusa Tenggara Barat dan masih menjadi bagian dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Gunung ini terkenal sebagai spot pendakian terindah di wilayah Asia Tenggara.

Pesona sabana yang ditumbuhi edelweis, keindahan sunrise, dan kemegahan Danau Segara Anak menjadi spot terindah yang bisa Bestpackers dapatkan ketika mendaki gunung Rinjani. Uniknya, di tengah-tengah Danau Segara Anak juga terdapat sebuah gunung kecil yang bernama gunung Barujari. Dijamin indah banget nih, Bestpackers!

Gunung Prau

Gunung Prau terletak di dataran tinggi Dieng, Jawa tengah dengan ketinggian 2.565 mdpl. Meskipun, tergolong tidak tinggi namun keindahan alam yang disuguhkan nggak kalah indah, lho. Tak ayal, jika gunung ini masuk dalam deretan gunung terindah di Indonesia.

Gunung Prau menyuguhkan pesona sunrise dan sunsetnya yang menawan. Selain itu, jalur pendakiannya juga terbilang mudah sehingga Bestpackers tidak akan kesulitan untuk mencapai puncaknya. Dari atas puncak, Bestpackers bisa menikmati kemegahan gunung Sindoro dan Sumbing.

Gunung terindah di Indonesia
Foto: Wonderful Images Kemenparekraf

Gunung Ijen

Terkenal dengan keindahan blue fire-nya, gunung Ijen menjadi salah satu destinasi wisata menarik di daerah Jawa Timur. Gunung ini terletak di tiga kabupaten, yakni Bondowoso, Banyuwangi dan Situbondo.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi gunung Ijen adalah ketika sore hari menjelang malam atau malam hari menjelang pagi. Karena di saat-saat ini kawah Ijen menyajikan pemandangan api biru yang akan membuatmu takjub. For your information, tidak semua tempat di dunia memiliki blue fire, lho. Kapan lagi kan menikmati keindahan yang tiada duanya?

Baca Juga: 7 Gunung yang Cocok untuk Pendaki Pemula, Bikin Ketagihan Mendaki!

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Gunung Kerinci sendiri termasuk gunung berapi tertinggi di Indonesia yang masih aktif hingga saat ini dan menjadi salah satu gunung terindah di Indonesia.

Uniknya, gunung ini menjadi habitat asli harimau dan badak Sumatera yang dilindungi oleh pemerintah. Jika dapat mencapai puncaknya, Bestpackers akan disuguhi dengan keindahan kota Padang, Bengkulu, Jambi bahkan bentangan Samudra Hindia dari atas ketinggian.

Gunung Jaya Wijaya

Membahas gunung terindah di Indonesia tak akan lengkap rasanya jika belum membicarakan gunung Jaya Wijaya. Gunung ini memiliki ketinggian 4.884 mdpl dan merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang berlokasi di Papua.

Gunung Jaya Wijaya masuk dalam seven summits gunung-gunung tertinggi di dunia. Sejajar dengan Gunung Mount Everest di Asia (8.848 mdpl), Gunung Kilimanjaro di Afrika (5.895 mdpl), Gunung Elbrus di Eropa (5.642 mdpl). Kemudian Gunung Aconcagua di Amerika Selatan (6.962 mdpl), Gunung Mckinley di Amerika Utara (6.190 mdpl), dan Gunung Vinson Massif di Antartika (4.892 mdpl).

Setelah berkenalan dengan beberapa gunung di atas, adakah yang langsung ingin berangkat? Tentunya, dalam mendaki gunung harus melalui berbagai persiapan yang matang baik fisik maupun mental. Jangan asal mendaki, ya.

Jangan sampai ketinggalan

Ayo gabung dengan kami untuk mendengar cerita kami dan dapatkan penawaran spesial dari kami!