7 Destinasi Wisata di Sumbawa, Ada Favorit Lady Diana!

Nusa Tenggara Barat bukan cuma Lombok saja, wilayah Sumbawa juga tidak kalah indah untuk didatangi. Bahkan wisata di Sumbawa konon jadi tempat favorit Lady Diana, lo.

Sumbawa merupakan salah satu daerah di NTB yang menyimpan beragam daya tarik wisata. Wisata di Sumbawa tidak hanya menarik secara pemandangan namun juga punya suasana sejuk yang menyegarkan pikiran.

Daerah ini konon juga jadi tempat singgah favorit Lady Diana, lo. Jadi, soal keindahan wisata di Sumbawa Bestpackers sudah nggak perlu meragukan lagi.

Nah, berikut 7 destinasi wisata di Sumbawa yang paling recommended untuk dikunjungi versi BestHostels Indonesia

Bukit Mantar

Julukan negeri di atas awan tidak hanya disematkan untuk Dataran Tinggi Dieng saja. Di Sumbawa juga terdapat negeri di atas awan yang disebut dengan Bukit Mantar. 

Bukit ini terletak di Desa Mantar, Kecamatan Poto Tano, Sumbawa. Bestpackers akan dimanjakan dengan pemandangan sunrise yang menakjubkan karena berpadu dengan rumput hijau nan luas. Bukit Mantar juga dikenal dengan titik pusat paralayang. 

Bahkan bukit ini pernah menjadi tuan rumah kompetisi paralayang berskala Internasional. Buat kamu yang suka olahraga yang satu ini, jangan lupa mencoba trek Bukit Mantar, ya.

Queen Waterfall

Queen waterfall merupakan salah satu wisata di Sumbawa yang juga terkenal dengan air terjun mata jitu. Penamaan mata Jitu memiliki arti mata air yang jatuh mengenai kolam di bawahnya. 

Air terjun ini memiliki bentuk bertingkat dengan warna air biru dan hijau tosca yang terang. Selain itu, air terjun ini juga dihiasi dengan 7 kolam, 4 undakan, hingga stalaktit dan stalakmit. 

Karena keindahannya tak heran jika Putri Diana pun pernah mengunjungi tempat ini.

Istana Dalam Loka

Istana Dalam Loka merupakan salah satu wisata di Sumbawa yang berupa bangunan peninggalan kesultanan Sumbawa. Menariknya, bangunan kerajaan ini masih asli. Sehingga kamu bisa melihat jenis kayu jati terbaik yang digunakan untuk membangun istana ini.

Yang paling menarik, dalam pembuatannya Istana Dalam Loka tidak menggunakan paku sama sekali, melainkan pasak kayu. Oleh karena itu, bangunan ini tidak rusak meskipun sudah ratusan tahun lamanya.

Liang Bukal

Wisata Liang Bukal merupakan kolam alami yang airnya berasal dari aliran sungai. Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah saat musim penghujan tiba karena airnya sedang pasang sehingga kolam akan terisi penuh.

Untuk mencapai wisata di Sumbawa ini, Bestpackers harus melewati gua sepanjang 200 meter yang dihuni oleh kelelawar. Tapi jangan salah keindahan yang disuguhkan oleh Liang Bakal akan membuat kamu melupakan lelahnya perjalanan.

Pulau Paserang

Pulau Pasareang merupakan lokasi menarik untuk camping di daerah Sumbawa. Menginap di sini akan memberikan Bestpackers kesempatan untuk melihat keindahan sunrise yang menakjubkan. 

Selain camping, berjalan santai di pinggir pantai juga menjadi agenda yang menarik di Pulau Paserang. Lautnya yang jernih juga dapat dinikmati dengan aktivitas snorkeling, lho.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Magelang, Serasa di Nepal!

Pantai Maluk

Bagi Bestpackers yang hobi melakukan aktivitas surfing, maka tak salah memilih Sumbawa sebagai tempatnya. Pantai Maluk menjadi destinasi wisata di Sumbawa yang terkenal sebagai tempat surfing terbaik. 

Bulan Juni hingga Agustus merupakan waktu terbaik untuk surfing di Pantai Maluk. Ombak di pantai ini kerap dijuluki dengan “super suck” karena punya ketinggian mencapai 2 meter.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Sulawesi Utara, Surganya Pecinta Snorkeling! 

Pantai Pink

Pantai pink tidak hanya ada di Nusa Tenggara Barat saja, Pulau Sumbawa juga memiliki pantai eksotis dengan nama yang serupa. Sesuai namanya, hamparan pasir pantai ini bukan berwarna putih namun merah muda. 

Ini terjadi karena adanya pencampuran ganggang merah dengan pasir pantai yang berwarna putih. Untuk mencapai lokasi ini Bestpackers harus melalui waktu 2 jam dari Kota Bima, kemudian melanjutkan perjalanan dengan perahu di Pelabuhan Sape. 

Meskipun terbilang melelahkan, namun sesampainya Bestpackers akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang eksotis. Tidak jauh dari Pantai Pink terdapat wisata pantai pasir putih, Tanjung Mariam, dan Pulau Kelapa Bima.

Ternyata ada banyak tempat eksotis yang tersedia di Sumbawa, ya? Untuk dapat menjelajahi ragam destinasi di atas, usahakan kalau Bestpackers menginap. Tidak perlu khawatir, sekarang ada banyak hostel yang tersedia di sekitar area ini.

Untuk informasi pemesanan hostel, hubungi www.besthostels.co.id atau melalui Instagam resmi BestHostels Indonesia, ya. Happy Holiday.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer