7 Cara Memotret Dengan HP yang Benar, Penting Saat Traveling

Buat mengambil foto estetik nggak selamanya kita butuh kamera canggih, Bestpackers. Ponsel juga bisa menghasilkan foto-foto estetik asalkan kamu menguasai cara memotret dengan hp berikut.

Foto merupakan salah satu kenangan yang penting banget tiap kita traveling. Foto estetik nggak sekadar menambah kece feed Instagram-mu tapi juga bikin kamu merasa puasa. Nah, tahu nggak sih sebenarnya foto estetik nggak selalu hadir dari kamera mahal, lo.

Kamu bisa mengambil foto estetik hanya dengan kamera ponsel atau hp. Nah, tapi biar hasilnya memuaskan kamu nggak boleh sembarangan jepret, ya. Berikut ini teknik membuat foto estetik dari ponsel yang bisa kamu coba saat liburan.

Hindari menggunakan fitur zoom

Fitur zoom memang didesain untuk memudahkan kita mengambil objek yang cukup jauh dari jangkauan. Tapi daripada harus menggunakan fitur zoom lebih baik kamu mendekati objek yang akan difoto.

Karena fitur zoom akan membuat foto nampak lebih buram dan resolusinya lebih rendah. Cara memotret dengan hp ini akan membuat resolusi kamera tidak berkurang sehingga foto estetik bisa didapatkan.

Pastikan tangan stabil

Saat mengambil foto usahakan kalau tanganmu nggak lagi tremor, ya. Karena faktor yang mempengaruhi foto estetik atau tidak bukan hanya fitur kamera tapi juga kestabilan tangan. Kalau tanganmu bergetar atau goyang-goyang maka hasil fotonya juga akan ikut blur.

Nah, sekarang ada cara mudah untuk mengatasi masalah ini. Kamu bisa menggunakan tripod khusus ponsel untuk mendapatkan kestabilan yang seimbang. Tripod akan menjaga hp dari getaran atau goyangan selama sesi pemotretan.

Atur shutter speed kamera

Cara memotret dengan hp selanjutnya adalah mengatur shutter speed. Faktor ini sangat berguna untuk kamu yang ingin memotret dengan mengandalkan cahaya yang ditangkap kamera ponsel (tanpa cahaya bantuan). Cara mengatur shutter speed di kamera android ini nggak sulit, kok.

Kalau nggak mau ribet kamu juga bisa menggunakan aplikasi kamera yang banyak tersedia di Google Play Store. Lalu tinggal pilih kecepatan kamera sesuai kebutuhanmu. Biasanya ada beberapa pilihan kecepatan antara lain 1 detik, 2 detik, dan 5 detik.

Semakin lama kecepatan shutter speed maka kamera akan menyerap lebih banyak cahaya. Begitupun sebaliknya. Nah, sense untuk mengatur shutter speed ini nggak bisa sekali langsung ahli. Jadi Bestpackers perlu mencobanya berulang kali untuk bisa jadi expert.

Pahami teknik menggunakan ISO

ISO merupakan sebuah fitur dalam kamera HP yang berfungsi untuk mengatur tingkat sensitivitas lensa kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO maka semakin tinggi tingkat sensitivitas lensa terhadap cahaya dan sebaliknya. Cara memotret dengan hp untuk hasil yang estetik perlu banget memperhatikan ISO>

Tips untuk mengatur ISO ini cukup menyesuaikan dengan seberapa banyak cahaya di sekitar objek. Kalau cahaya di sekitar objek cukup, sebaiknya kamu mengatur ISO ke tingkat yang rendah. Cara ini dilakukan agar kamu bisa mengurangi noise pada foto.

Sebaliknya, kalau objek berada di area minim cahaya, maka atur ISO ke tingkat yang lebih tinggi. Ini dilakukan agar objek fotomu terlihat semakin jelas.

Baca Juga: 7 Aplikasi Wisata Wisata yang Memudahkan Travelingmu

Bermain dengan fitur HDR

HDR pasti sudah nggak asing lagi di telinga, kan? Yaps, fitur ini seringkali dielu-elukan oleh produsen ponsel. HDR merupakan kependekan dari High Dynamic Range yang berfungsi sebagai pengatur tingkat pencahayaan yang lebih dinamis.

Mengaktifkan HDR akan membuat foto yang dihasilkan jadi lebih terang dan jelas. Nah, cara memotret dengan hp yang satu ini pas banget buat kamu yang kurang paham mengenai pencahayaan.

Setelah memotret jangan langsung bergerak

Gerakan yang satu ini seringkali nggak kita sadari, nih. Setelah foto dirasa berhasil terjepret kita buru-buru ingin melihat hasilnya. Refleks ini secara otomatis akan menimbulkan gerakan. Nah, usut punya usut ternyata kebiasaan ini kurang tepat, ya.

Karena pada beberapa kamera ponsel perlu rentang waktu tertentu memotret dan foto tersimpan yang cukup panjang. Maka cara memotret dengan hp yang benar adalah tahan dulu posisimu hinggga 2-5 detik setelah gambar berhasil disimpan.

Angle is everything

Memfoto menggunakan lensa apapun tips yang satu ini penting banget. Cara memotret dengan hp pun demikian. Untuk mendapatkan foto estetik, Bestpackers harus pintar-pintar untuk menemukan angle foto. Karena angle atau sudut pemotretan berpengaruh besar pada hasil foto yang kamu buat.

Angle yang bagus akan membuat foto tersebut kelihatan ‘pas’ dan bercerita.

Demikian cara memotret dengan hp yang bisa kamu kamu gunakan saat traveling. Tanpa perlu perangkat mahal hasilnya tetap estetik. Nah, buat hunting photo dengan teknik di atas kamu juga bisa melakukannya di hostel. Akomodasi ini punya banyak spot estetik yang menarik untuk diabadikan. Tunggu apalagi?

Baca Juga: 9 Barang Penting Buat Backpacker Indonesia, Awas Ketinggalan!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer