7 Air Terjun Terindah di Indonesia, Strategis Untuk Healing

Bosen jalan-jalan ke wisata alam yang gitu-gitu saja? Ingin mencoba petualangan yang lebih menantang? Yuk, kunjungi tujuh lokasi air terjun terindah berikut ini.

Sebutan Indonesia sebagai negara sejuta pesona memang bukan angan-angan semata, Bestpackers. Negara tercinta ini punya paket komplit pariwisata mulai dari gunung hingga pantai. Namun ada salah keindahan alam tanah air yang jarang terekspose yaitu air terjun terindah di Indonesia.

Buat kamu pecinta wisata air, mengunjungi air terjun harus banget coba. Nggak kalah asyik dari wisata pantai, air terjun di Indonesia juga menawarkan panorama yang menakjubkan. Berikut ini tujuh air terjun terindah di tanah air yang punya pemandangan memanjakan mata.

Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Selain budaya, Yogyakarta juga menyimpan pesona alam yang luar bisa. Keindahan alam Yogyakarta ini dapat kamu lihat juga di Air Terjun Sri Gethuk. Masuk dalam salah satu air terjun terindah di Indonesia, air terjun ini memiliki mata air berupa tebing karst dan  membentuk kolam alami di dasar air terjun.

Di sini Bestpackers bisa melakukan beragam kegiatan, mulai dari bermain air hingga berenang. Lokasi Air Tejun Sri Gethuk berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.

Air Terjun Coban Pelangi, Malang

Sesuai dengan namanya, air terjun terindah ini menyuguhkan pemandangan pelangi di sekitar air terjun. Berada tidak jauh dari pusat Kota Malang, Air Terjun Coban Pelangi berada di kawasan Taman Nasional Bromo. Tepatnya terletak di daerah Poncokusumo, Malang.

Agar dapat menikmati keindahan pelanginya kamu bisa datang pada pukul 10.00-14.00. Karena pada waktu tersebut posisi matahari sudah cukup tinggi sehingga sinarnya akan terpantul di sekitar air terjun sehingga membuat bayangan warna pelangi.

Karena berada di dataran tinggi air di Coban Pelangi dingin banget, Bestpackers.

Air Terjun Nglirip, Tuban

Berlibur ke Jawa Timur nggak afdol jika tidak disempatkan mengunjungi Air Terjun Nglirip di Tuban. Berada di Desa Mulyoagung, air  terjun terindah ini memiliki ketinggian 30 meter dengan lebar 28 meter. Besar banget, kan?

Meski cukup jauh dari pusat kota tapi berkunjung ke Air Terjun Nglirip nggak akan bikin kamu menyesal. Karena suara gemericik air ditambah dengan asrinya suasana Hutan Krawak akan membuat siapapun yang datang jadi lebih rileks.

Yang tidak kalah menarik Air Terjun Nglirip juga memiliki gua yang berada di balik air terjun. Konon gua ini sering dijadikan lokasi semedi juga. Tertarik mencoba?

Air Terjun Benang Kelambu, Lombok

Lombok tak melulu tentang pantai dan gunung saja. Pulau eksotis yang satu ini juga memiliki wisata air terjun yang tak kalah menarik. Yups, kamu bisa memasukkan Air Terung Benang Kelambu dalam wish list saat berkunjung ke Lombok.

Air terjun terindah ini berada di Kaki Gunung Rinjani tepatnya di Kecamatan Batukliang Utara. Dikelilingi dengan pohon gambung di kanan kirinya udara di kawasan ini begitu sejuk dan cocok untuk relaksasi. Buat kamu yang sedang penat dengan rutinitas sempatkan short escape kemari, ya.

Nama kelambu sendiri diambil dari air yang keluar dari sela-sela pohon gambung. Ditambah lagi air yang mengucur pada air terjun ini juga terbilang sangat tipis dan lembut. Kalau dilihat sekilas mirip dengan kelambu.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Legenda Paling Indah di Indonesia

Air Terjun Sipiso-piso, Sumatera Utara

Saat berkunjung ke Danau Toba jangan lupa untuk sempatkan berkunjung ke lokasi air terjun yang satu ini ini. Letaknya berada di ketinggian 800 mdpl dengan dikelilingi hutan pinus yang memanjakan mata. Air terjun Sipiso-piso memiliki tinggi 120 meter dan memiliki pemandangan perbukitan Sumatera Utara.

Karena pemandangan yang begitu menakjubkan Air Terjung Sipiso-posi begitu terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Untuk mencapai air terjun ini Bestpackers bisa memulai perjalanan dari Medan ke arah Kabanjahe.

Nah, agar sampai di lokasi kamu air terjun harus melewati jalur berupa anak tangga selama 1 jam. Namun sedikit effort ini sepadan dengan keindahan yang disuguhkan oleh Air Terjun Sipiso-piso. Dijamin kamu bakalan lupa dengan lelahnya perjalanan jika sudah sampai lokasinya.

Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Memiliki ketinggian 620 mdpl, Air Terjun Madakaripura dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Selain menawarkan ketinggian air terjun ini juga memiliki pemandangan memukau dari curug yang dikelilingi oleh barisan bukit.

Nah, buat kamu yang suka tantangan berkunjung ke air terjun terindah di Indonesia ini harus masuk bucket list-mu. Pasalnya, untuk mencapai lokasi air terjun kita harus trekking di jalur yang terjal dan cukup memacu adrenalin.

Namun tidak perlu ragu, karena sulitnya medan akan terbayarkan saat kamu sampai di lokasi. Air Terjun Madakaripura terletak di Taman Nasional Bromo Semeru tepatnya di Kecamatan Lumbang, Probolinggo.

Air Terjun Banyumala, Bali

Pulau dewata juga menyumbang salah satu nama untuk air terjun terindah di Indonesia. Siapa sangka Bali memiliki air terjun yang terkenal hingga kancah internasional. Air terjun Banyumala namanya.

Lokasinya berada di dasar sebuah lembah dengan tiga sisi air terjun, dimana air terjun terbesar berada di bagian tengahnya. Jika Bestpackers tertarik untuk datang ke Air Terjun Banyumala letaknya ada di Desa Wanagiri, Sukasada.

Itulah tujuh air terjun terindah di tanah air yang sayang jika dilewatkan. Jika Bestpackers berencana mengeksplor lokasi-lokasi tersebut jangan lupa temukan penginapan terdekat dengan harga terjangkau.

Untuk mendapatkan akomodasi dengan penawaran terbaik kamu bisa mengaksesnya di website Besthostels.co.id.

Baca Juga: 9 Wisata Ubud Terbaik, Surganya Penggemar Seni

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer