6 Tips Diet Sembari Liburan yang Tidak Mengganggu Aktivitas

Kata siapa program diet harus berhenti saat kamu liburan? Faktanya, diet tetap bisa berjalan sembari liburan. Penasaran, gimana caranya? Yuk, simak tips diet saat liburan ala BestHostels Indonesia.

Liburan tidak perlu menghalangi agendamu untuk diet. Bahkan kamu tetap bisa menurunkan berat badan secara efektif, meskipun sedang liburan. Asalkan, kamu mengetahui tips diet saat liburan yang ideal.

Pasalnya, jika tidak ideal, diet justru akan membuatmu tidak maksimal dalam mengeksplor tempat wisata. Jadi, jangan sampai juga dietmu mengganggu agenda liburan, ya. Nah, ada tips diet sembari liburan yang bisa kamu terapkan agar agendamu tidak berantakan.

Ini dia tips diet sambil liburan yang benar dan tidak mengganggu aktivitas.

Tips Diet saat Liburan

1. Perhatikan Porsi Makan

Tips diet saat liburan yang pertama adalah dengan mengatur porsi makan. Dimanapun dan kapanpun, bahkan saat liburan sekalipun, kamu tetap harus mengatur porsi makan.

Eits, tetapi jangan sedih dulu! Karena kamu tetap bisa menikmati ragam kuliner khas yang ada di tempat wisata, lho. Asalkan porsinya disesuaikan dengan kebutuhan tubuhmu dan tidak berlebihan.

Mengonsumsi makanan secara berlebihan akan membuat jumlah kalori dalam tubuh meningkat. Hal ini bisa menyebabkan tumpukan lemak di tubuh yang menyebabkan berat badan tidak kunjung turun. Nggak mau kan diet gagal dan berat badan naik drastis setelah liburan?

2. Perbanyak Asupan Protein

Memperbanyak asupan makanan yang mengandung protein merupakan salah satu tips diet saat liburan yang harus dilakukan. Kamu dapat memilih makanan yang mengandung protein hewani maupun nabati.

Mengonsumsi asupan makanan yang mengandung protein akan menimbulkan rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan karbohidrat maupun manis. Selain itu, makanan berprotein juga memiliki kalori rendah sehingga berat badan akan cenderung stabil.

3. Olahraga Jalan Kaki

Tips diet saat liburan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan olahraga jalan kaki. Yups, selama liburan pastikan kalau kamu memperbanyak jalan kaki, ya. Selain membuat berat badan cepat turun, hal ini juga bermanfaat untuk menghemat budget liburan.

Dilansir dari hellosehat.com, jalan kaki selama 30 menit sudah mampu membakar 150 kalori. Nah, menariknya jalan kaki di objek wisata juga tidak akan membuat kamu lelah atau bosan karena ada berbagai view yang bisa dinikmati sambil berjalan. Pasti nggak terasa lelahnya.

4. Konsumsi Cemilan Sehat

Hasrat untuk ngemil memang tidak memandang tempat dan waktu, terlebih saat liburan karena kita menemui banyak varian cemilan baru. Tapi, sebaiknya konsumsi cemilan sehat untuk mendukung keberhasilan program diet.

Kamu bisa memilih cemilan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, serta biji-bijian untuk menjaga berat badan tetap stabil. Pasalnya, makanan-makanan tersebut memiliki kalori yang rendah sehingga tidak akan menambah berat badan.

5. Tidur yang cukup

Tips diet saat liburan berikutnya adalah dengan memaksimalkan waktu tidur. Jangan sampai kamu melupakan waktu tidur karena ingin memuaskan hasrat berlibur. Pasalnya, kurang tidur dapat menyebabkan kacaunya pengaturan nafsu makan di dalam otak.

Sehingga, kamu akan lebih cepat merasakan lapar dan makan lebih dari biasanya. Alhasil, program diet bisa berantakan dan berat badan bertambah karena tidak tidur dengan cukup. Maka dari itu, ada baiknya apapun kegiatan yang kamu lakukan pastikan untuk tidur yang cukup.

6. Jangan Menahan Lapar

Saat kamu sedang berlibur sebaiknya jangan menahan lapar, ya. Menahan lapar akan membuat kamu kalap ketika menemui makan. Alhasil, kamu akan makan dalam porsi yang banyak. 

Ada baiknya makanlah sebelum rasa lapar yang berlebihan dan berhentilah makan sebelum kamu merasa benar-benar kenyang. Selain itu, kamu juga bisa makan dengan porsi yang kecil dengan intensitas yang sering.

Nah, diet sambil liburan tetap berjalan bersamaan, bukan? Diet tidak akan terganggu dan liburan juga sangat seru. Tentunya, program diet yang kamu jalankan tidak akan mengurangi keseruan dalam berlibur, kok. Justru berat badan jadi ideal selama dan setelah liburan, lho. Yuk, terapin tips di atas kalau kamu sedang berlibur.

Baca Juga: 6 Tips Menabung untuk Liburan

Jangan sampai ketinggalan

Ayo gabung dengan kami untuk mendengar cerita kami dan dapatkan penawaran spesial dari kami!