5 Menu Takjil Khas Daerah Indonesia, Pernah Coba?

Selain berburu makanan berat, menu takjil atau juga menjadi salah satu hal yang dicari menjelang buka puasa. Saking spesialnya agenda takjilan, setiap daerah hampir punya menu takjil khas sendiri, lo. Apa saja ragam menu takjil khas daerah?

Bulan Ramadhan selalu menjadi momen yang paling banyak ditunggu-tunggu umat muslim. Pasalnya, pada bulan Ramadhan terdapat keberkahan dibandingkan bulan lain. Ini juga menjadi momen berkumpul bersama sanak saudara yang jarang bertemu.

Selain itu, juga terdapat berbagai tradisi unik dan menu takjil khas yang selalu dinantikan. Bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki menu takjil yang tiada dua, lho. Takjil merupakan makanan maupun minuman yang identik dengan bulan Ramadhan, karena hanya pada bulan ini terdapat menu takjil yang beda dari biasanya.

Nah, apa saja menu takjil khas daerah di Indonesia? Berikut 5 menu takjil yang ikonik di setiap daerah versi BestHostels Indonesia

Bubur Kampiun

Bubur kampiun merupakan menu takjil unik dari Minangkabau yang punya cita rasa manis. Rasa manis ini datang dari komponen isiannya yang terdiri dari dari kolak ubi, pisang, candil, bubur delima dan bubur sumsum. 

Bestpackers dapat menemui bubur kampiun di kota-kota besar di Indonesia, khususnya pada bulan Ramadhan. Kampiun sendiri berasal dari kata “kampioen” yang dalam bahasa Belanda berarti pemenang. 

Pasalnya, pencipta bubur kampiun ini menang dalam ajang perlombaan memasak pada tahun 1960 an.

Es Pallu Butung dan Es Pisang Ijo

Menu takjil berikutnya berasal dari daerah Sulawesi Selatan. Meskipun memiliki nama yang berbeda, keduanya terbuat dari bahan dasar yang sama yakni pisang. Es pallu butung dan es pisang ijo menjadi menu takjil dengan rasa manis dan segar. 

Keduanya memang terbuat dari pisang, akan tetapi sangat mudah sekali untuk membedakannya. Secara tampilan es pallu butung tidak dilapisi oleh tepung berwarna hijau yang membungkus irisan pisangnya. 

Sedangkan, pada es pisang ijo terdapat lapisan hijau yang terbuat dari tepun beras dan membungkus potongan pisang. Inilah mengapa dinamakan es pisang ijo. Agar semakin segar, jangan lupa tambahkan es serut, susu pandan dan sirup cocopandan, ya.

Sate Susu

Menu takjil ini sangat dinantikan pada bulan Ramadhan, sate susu khas Pulau Dewata, Bali. Sate susu memiliki rasa yang gurih, manis dan sedikit terasa pedas. Dinamakan sate susu tentu bukan tanpa alasan, Bestpackers. Sate ini berasal dari daging sapi terutama bagian payudara yang kemudian dipotong kecil-kecil, direbus dan kemudian dibakar.

Saat disantap sate susu disajikan dengan bumbu khas Bali yang dinamakan plecing. Bestpackers dapat menjumpai sate susu di pasar-pasar kaget pada bulan Ramadhan. Sate susu sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa baik menjadi menu takjil maupun lauk pendamping nasi.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Magelang yang Wajib Dicoba!

Wedang Cemue

Bestpackers ingin menikmati minuman hangat saat berbuka puasa? Nah, menu takjil yang satu ini sangat cocok disantap saat buka puasa. Wedang cemue merupakan menu takjil khas daerah Ngawi, Jawa Timur. Selain menghangatkan, wedang cemue juga memiliki khasiat yang baik bagi tubuh.

Adapun isian wedang cemue yakni santan, jahe, kacang tanah, gula dan roti. Wedang cemue sangat cocok menjadi menu berbuka puasa karena bisa mengenyangkan. Minuman ini memiliki rasa yang unik dan menyegarkan. 

Bestpackers dapat menemukannya dengan mudah di kota-kota besar di Indonesia, khususnya di Jawa Timur.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Medan yang Lezat dan Wajib Buat Dicoba!

Lamang

Lamang merupakan masuk dalam menu takjil unik dan dapat ditemukan di tiga daerah di Indonesia. Lomang (Batak), lemang (Melayu) dan lamang (Minangkabau), meskipun memiliki nama yang berbeda namun ketiganya menunjuk satu makanan yang sama yakni lamang. 

Lamang sendiri diartikan sebagai cara memasak beras menjadi nasi dengan metode unik yakni dibakar di dalam bambu hingga matang. Bestpackers dapat menyantapnya dengan dipadukan tape ketan hitam ataupun selai srikaya. 

Perpaduan rasa nasi bakar dan kuah air tape ketan hitam menimbulkan rasa unik dan segar di lidah. Karena menggunakan bahan dasar beras, maka sangat cocok dijadikan menu takjil berbuka  puasa yang mengenyangkan. 

Bestpackers, sudah mencoba menu takjil yang mana nih? Nah, untuk mendapatkan informasi menarik lainnya Bestpackers dapat mengunjungi website maupun Instagram BestHostels Indonesia.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer