5 Makanan Lokal di Bali yang Harus Kamu Kunjungi

Halo Bestpackers, cobain nih warung makanan lokal di Bali. Buat kamu yang sedang liburan di Bali dan bosan dengan makanan ala restaurant atau western food, kali ini #TeamBHB ingin kamu intip-intip makanan daerah khas Bali.

Kita punya 5 tempat makanan lokal #RekomendasiBHB yang harus banget kamu cobain. Mulai dari makanan khas Bali, makanan pedas, berkuah sampai makanan yang pastinya akan buat kamu bakal kangen sama Pulau Bali.

Yuk, cobain 5 makanan lokal #RekomendasiBHI berikut ini.

Warung Mak Beng

sup kepala ikan di warung mak beng
Credit: DewiNovriana

Warung Mak Beng adalah wisata kuliner terfavorit dan legendaris di Bali. Warung makan yang sudah berdiri sejak tahun 1940-an ini selalu ramai pengunjung dan jadi langganan banyak artis ternama ibukota.

Jika warung makan biasa cenderung menjual banyak menu, Warung Mak Beng cuma ada satu menu yang dijual, yaitu ikan goreng + sayur sup kepala ikan + sambal + nasi.

Meski terkesan sederhana, sup ikan di warung Mak Beng ini sangat enak dan selalu jadi pilihan warga lokal Bali maupun wisatawan. Tenang, warung makan ini termasuk dalam tempat wisata kuliner halal dan menawarkan cita rasa makanan khas Bali yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Nasi Ayam Bu Oki

warung nasi ayam ibu oki di nusa dua bali

Ayam betutu dikenal sebagai salah satu kuliner khas Pulau Bali. Seporsi nasi ayam yang bisa Anda peroleh di kedai sederhana ini juga bakal terasa sangat komplet. Anda bisa menjumpai nasi putih yang disertai dengan beragam jenis lauk, di antaranya adalah ayam betutu, sate lilit, sayur urap, kacang, serta sambal matah.

Nah, nasi ayam di sini secara standar, disajikan dengan cita rasa pedas yang cukup menyengat. Oleh karena itu, bagi Anda yang tak terlalu suka dengan masakan pedas, sebaiknya bilang terlebih dulu agar bisa disajikan dengan menu yang tidak terlalu pedas. Oh iya, mengenai kehalalannya, tempat ini memang tak dilengkapi dengan sertifikasi halal dari MUI.

Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku

Kalau kamu lagi di Bali, jangan lupa mampir ke Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Tempat ini hanya menawarkan satu menu nasi ayam dengan dua penyajian, yaitu dicampur dan dipisah. Isi nasi ayamnya adalah ayam suwir, sambal, ayam goreng kering, kacang goreng, urap sayur, telur pindang, sate lilit, serta kulit ayam goreng. Meski semua lauknya didominasi dengan rasa pedas, namun tingkatannya berbeda-beda. Semuanya menyatu dengan baik dan mengimbangi cita rasa gurih pada lawar.

Nasi Pedas Bu Andhika

Nasi Pedas Bu Andhika menyediakan aneka masakan Bali yang khas. Ada usus goreng crispy, sambel terong, abon ayam, sayur gori dan lain-lain. Lauk yang paling khas adalah nasi putihnya yang pedas. Bagi yang pecinta pedas, bisa tambah sambalnya yang super pedas. Harganya pun tidak mahal, disesuaikan dengan lauk yang diambil. Lokasi Nasi Pedas Bu Andhika sangat strategis karena berada di Jalan Raya Kuta, jadi kamu takkan menemukan kesulitan dan dengan mudah untuk mengunjungi tempat makan hits ini.

Nasi Pecel Bu Tinuk

Warung Nasi Pecel Bu Tinuk Kuta disebut sebagai salah satu warung pecel terlezat di Pulau Bali.

Bumbu kacangnya yang tak terlalu encer dengan cita rasanya yang istimewa membaluti nasi dengan beragam lauk, dari tempe, ayam, hingga paru. Walau meski sekilas tampak seperti pecel pada umumnya, pecel Bu Tinuk disuguhkan bersama sayur segar dengan potongan peyek dan bumbu kacang nan lezat. Selain pecelnya yang nikmat, di warung ini kita juga dapat mencicipi aneka menu lain dari rawon, sop buntut hingga bermacam deretan lauk lainnya.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer