5 Makanan Khas Madura Yang Tak Boleh Bestpackers Lewatkan!

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Madura juga cocok jadi destinasi wisata kuliner, lo. Yaps, makanan khas Madura memang terkenal enak banget karena rempahnya yang khas. Nah, dari daftar makanan khas Madura di Bawah ini mana yang jadi favoritmu?

Bestpackers biasanya kalau ngomongin tentang makanan khas Madura kita bakalan teringat dengan sate ayam dengan bumbu kacangnya yang kental. Padahal tidak hanya itu, Madura juga punya berbagai kuliner khas lain yang tidak kalah menggugah selera. 

Soal rasa kamu nggak perlu meragukan lagi. Pasalnya, makanan khas Madura ini diolah dengan rempah-rempah yang kuat sehingga rasanya nendang banget. Nah, di antara berbagai makanan khas Madura BestHostels Indonesia punya lima rekomendasi paling top. Ini dia lima makanan khas Madura paling favorit versi BestHostels Indonesia.

Bebek Songkem

Pecinta makanan berbahan dasar bebek yuk merapat. Beda dari bebek goreng atau bebek bakar yang kerap ditemui di berbagai tempat, bebek yang satu ini memilki citarasa yang khas banget. Makanan khas yang satu ini bisa Bestpackers jumpai saat ke Pulau Madura.

Bebek songkem diracik dengan bumbu-bumbu hitam khas Madura yang menambahkan kelezatan rasanya. Nah, yang unik dalam pembuatannya bebek ini dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Karena itu citarasa bebek songkem terasa lebih nikmat berkat aroma daun pisang ini. 

Disantap dengan nasi hangat, sambal dan lalapan yang segar akan menjadi kombinasi yang pas, lho. Jelas kelezatannya dong, Bestpackers. Kalau Bestpackers ke Madura jangan lupa icip ya.

Lorjuk

Makanan khas Madura yang satu ini bisa dibilang paling ikonik. Pasalnya, nggak semua daerah di Indonesia punya makanan yang disebut lorjuk ini. Lorjuk adalah kerang bambu, disebut kerang bambu karena bentuknya memanjang seperti bambu.

Biasanya lorjuk akan diolah menjadi berbagai makanan seperti tumis lorjuk, lorjuk goreng, dan camilan. Untuk bertemu kerang unik yang satu ini Bestpackers harus menunggu laut sedang surut, lo. Karena saat itulah biasanya lorjuk akan bersembunyi di antara karang-karang dan mudah ditemukan. 

Tajin Sobih

Tajin merupakan sebutan masyarakat Madura untuk jenis makanan bubur. Sedangkan sobih berasal dari nama sebuah daerah di Bangkalan Madura yang merupakan tempat asal dari makanan khas ini. Sesuai namanya Tajin Sobih punya bentuk yang hampir menyerupai bubur sumsum.

Kuliner ini biasanya disajikan dengan siraman gula merah yang kental dan dibungkus dengan daun pisang. Citarasa gurih dan manis dari gula pastinya akan menggoyang lidah Bestpackers. Jika Bestpackers sedang liburan di Madura, pasti tak akan kesulitan untuk menemui tajin sobih ini. 

Karena umumnya sajian Tajin Sobih dijajakan oleh pedagang keliling dalam waktu-waktu tertentu setiap harinya.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata Canggu yang Menarik Dikunjungi, Bikin Susah Move On!

Topak Landhe

Nggak kalah lezat dengan makanan khas Madura lainnya, Topak Landhe juga bakal memanjakan lidah Bestpackers. Makanan khas ini bisa dibilang mirip dengan ketupat sayur yang biasanya ada saat momen-momen lebaran. Terus apa bedanya dengan topak landhe ya, Bestpackers?

Keunikan topak landhe terletak di racikan bumbunya yang khas dan kuah santan yang gurih. Biasanya topak landhe diolah dari daging sapi. Kuah santan yang gurih dan racikan bumbu khas membuat rasa daging sapi menjadi lebih lezat.

Topak landhe biasanya disajikan dengan daging sapi, sayuran, dan potongan ketupat kemudian dipadukan dengan bubuk jagung halus atau bubuk kacang manis. Soal citarasa nggak perlu diragukan lagi ya, Bestpackers.

Nasi Serpang

Nah, makanan khas Madura yang satu ini pasti bakal bikin kenyang Bestpackers. Berbahan dasar nasi, sajian ini punya berbagai lauk pelengkap yang menggugah selera.

Umumnya, nasi serpang disajikan dengan kerang, telur asin, dendeng sapi, pepes tongkol udang, mie soun, tahu, kerupuk kulit, rempeyek kacang, dan sambal terasi. Nah, pelengkap nasi serpang yang tak boleh ketinggaan yakni kuah santan yang gurih.

Itu tadi lima rekomendasi makanan khas Madura yang harus dicoba jika kamu berkunjung ke Pulau Garam ini. Dari lima rekomendasi tersebut makanan khas mana yang kira-kira bakalan jadi favoritmu?

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Bandung yang Cocok untuk Self Healing

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer