5 Jalur Kereta Terpanjang di Dunia, Railfans Merapat

Melihat pemandangan dari balik jendela kereta memang eksotis banget, ya? Kalau kamu salah satu penggemar kereta api informasi mengenai tujuh rute kereta terpanjang di dunia ini nggak boleh dilewatkan.

Kereta menjadi salah satu transportasi terfavorit di berbagai penjuru dunia. Moda transportasi ini nggak hanya menawarkan kecepatan tapi juga pengalaman menikmati panorama dari balik jendela kereta. Nah, bagi para railfans sudah tahu belum mengenai jalur kereta terpanjang di dunia?

Rute-rute terpanjang ini akan membawa penumpang untuk menikmati petualangan seru lintas negara. Lanskap alam yang dilewati kereta terpanjang ini juga mengagumkan banget, Bestpackers.

Trans Siberian Railway

Jalur kereta terpanjang pertama di dunia jatuh kepada Trans Siberian Railway. Jalur kereta ini memiliki jarak tempuh 9189 kilometer dan membentang dari Kota Moskow hingga ke Kota Vladivostok. Meski memakan waktu tempuh 6 hari penuh, tapi pengunjung dijamin nggak akan bosan selama perjalanan.

Pasalnya sepanjang perjalanan, penumpang akan disuguhi panorama memikat dari pegunungan Ural hingga arsitektur kota Kazan yang megah. Jalur kereta terpanjang di dunia ini memberikan variasi bentang alam yang beragam selama perjalanan. Mulai dari gunung, danau, padang rumput, hingga melewati hutan konifer.

The Canadian

The Canadian merupakan jalur kereta api yang membentang dari Toronto ke Vancouver. Rute ini telah dinobatkan sebagai jalur kereta api terpanjang kedua di dunia. Berbeda dari kereta jarak jauh lainnya The Canadian nggak menyediakan akses WIFI pada pengunjung.

Tapi tenang meski tanpa akses WIFI pihak pengelola menjamin pengunjung nggak akan bosan selama perjalanan. Karena dalam perjalanan sepanjang 4.466 kilometer ini nantinya penumpang akan dibuat kagum akan pemandangan di balik jendelanya.

Kereta yang dioperasikan oleh VIA Rail ini menawarkan ragam panorama sepanjang jalur lintasannya. Jika berkesempatan menaiki kereta ini kamu dapat melihat panorama Pegunungan Rocky yang gagah hingga rimbunnya hutan Canadian Shield.

Kalau beruntung, kamu bisa melihat rusa Amerika Utara dan beruang dari jendela. Nah, yang paling epic secara desain kereta ini dilengkapi gerbong panorama dan skyline yang punya dinding dari kaca, Bestpackers.

The Indian Pacific

Kereta api yang satu ini akan membawamu berjalan dari Kota Perth ke Kota Sydney yang berjarak 4.352 kilometer. The Indian Pacific dioperasikan oleh Great Southern Rail dan termasuk dalam jalur kereta terpanjang di dunia. Naik The Indian Pacific akan memberikanmu pengalaman seru menjelajahi kota-kota bersejarah di Australia hanya dari balik jendela kereta.

Selain kota bersejarah, kereta ini juga akan mengajak penumpang menjelajahi kawasan pesisir Australia serta aneka suaka alamnya. Hingga saat ini tiga pilihan kelas dalam kereta The Indian Pacific antara lain platinum, gold, dan red service.

Nah, jika tertarik mencoba perjalanan bersama The Indian Pacific kamu disarankan untuk melakukannya menjelang Hari Natal. Pasalnya, dalam momen ini pihak pengelola akan mengoperasikan Christmas Train dan mengundang tamu spesial.

Baca Juga: 8 Tradisi Ramadhan Unik di Seluruh Dunia

Dibrugarh-Kanyakumari Vivek Express

Kereta api dengan vibes India banget ini mampu memuat hingga 1800 penumpang, Bestpackers. Punya panjang rute 4273 kilometer, perjalanan akan ditempuh selama empat hari. Rute kereta terpanjang di dunia ini membentang dari Dibrugarh bagian utara hingga ujung selatan Kanyakumari.

Dibrugarh-Kanyakumari Vivek Expressmemiliki 21 gerbong yang terdiri atas tiga kelas yakni second AC, third AC, dan sleeper. Setiap kelasnya dibedakan atas harga dan fasilitas yang didapatkan. Total ada 57 pemberhentian kereta ini. Uniknya di setiap pemberhentian kereta gerbong akan dipadati dengan penjaja keliling yang terus hilir mudik.

Meski begitu, jalur kereta terpanjang ini tetap worth it untuk dicoba karena akan memberimu sensasi perjalanan yang ‘India banget’. Coba deh bayangkan menikmati senja sambil menyeruput chai dari Dibrugarh-Kanyakumari Vivek Express. Duh, jadi inget scene bollywood pastinya.

Eastern & Oriental Express

Asia juga punya jalur kereta terpanjang, lo. Rute ini menghubungkan antara tiga negara tetangga yakni Singapura, Malaysia, dan Thailand. Bestpackers, jalur kereta terpanjang ini juga jadi salah satu destinasi populer bagi turis Indonesia.

Eastern & Oriental Express memiliki visi untuk memberikan penumpang pengalaman menjelajahi tiga negara dalam satu waktu. Punya panjang 2.019 kilometer, kereta ini menyuguhkan keindahan alam dan budaya khas masyarakat Asia.

Kamu bisa menyaksikan pedesaan khas Asia tenggara lengkap dengan aktivitas warganya hanya dengan menumpang di Eastern & Orietal Express.

Yups, itulah lima jalur kereta terpanjang di dunia yang cocok buat masuk wish list Bestpackers. Nah, kalau di Indonesia jalur mana ya yang paling asyik buat dicoba? Mau tahu? Simak terus ulasan BestHostels Indonesia mengenai wisata mengagumkan dunia.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Legenda Paling Indah di Indonesia

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer