5 Destinasi Lokal yang Cocok untuk Bleisure, Jangan Lewatkan!

Perjalanan dinas dijamin nggak bikin lelah dan bosan kalau kamu melipir ke destinasi lokal. Yups, benar sekali trend bleisure saat ini menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati liburan sambil berbisnis atau dinas, apalagi kalau mengunjungi beberapa destinasi lokal untuk bleisure yang akan kita bahas di dalam kesempatan kali ini.

Bleisure merupakan salah satu trend wisata yang hype sepanjang 2023. Bleisure sendiri menggabungkan konsep berbisnis atau melakukan perjalanan dinas sekaligus liburan. Nah, ternyata ada beberapa destinasi lokal yang cocok banget untuk kamu melakukan bleisure.

Biasanya, orang-orang akan menambah hari agar bisa melakukan bleisure. Tipsnya pilihlah destinasi lokal yang menyuguhkan ragam wisata tapi jaraknya berdekatan. Sehingga, Bestpackers tidak akan banyak menghabiskan waktu dan tenaga ataupun berujung tidak bisa menikmatinya.

Kira-kira destinasi lokal mana saja yang cocok untuk bleisure, ya? Nah, inilah 5 destinasi lokal untuk bleisure yang cocok kamu jadikan sebagai alternatif.

Destinasi Lokal untuk Bleisure

1. Lombok, Nusa Tenggara Barat

Jika kamu memiliki agenda dinas di Lombok, maka sempatkan untuk mengeksplor Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Gili Trawangan menjadi salah satu destinasi lokal terbaik di Indonesia jadi sayang kalau sampai terlewat. Kamu bahkan juga bisa mengeksplor Gili Trawangan dalam waktu sehari, lho.

Gili Trawangan juga memiliki pantai berpasir putih dengan pemandangan yang eksotis. Kami bisa menikmati sunrise dan sunset karena banyak pantai yang menghadap ke barat dan timur. Wah, perjalanan dinas tentu akan lebih menyenangkan, bukan?

Kalau ada waktu luang lagi, tidak ada salahnya untuk menyebrang ke Gili Air dan Gili Meno yang hanya memakan waktu 15 menit saja. Di tempat ini Bestpackers akan menemukan nuansa lokal dan melakukan aktivitas olahraga air seperti snorkeling dan diving.

2. Makassar, Sulawesi Selatan

Destinasi lokal untuk bleisure berikutnya adalah Makassar, Sulawesi Selatan. Salah satu tempat yang mesti kamu kunjungi yakni Tanjung Bira. Meskipun memakan waktu yang lumayan lama untuk menuju kesana, akan tetapi jika sudah sampai Bestpackers akan dibuat kagum dengan deretan pantai yang eksotis .

Sesampainya disana Bestpackers bisa mengeksplor Pantai Tanjung Bira, Pantai Bara, Pantai Apparalang, hingga gugusan pulau kecil seperti Pulau Liukang Loe dan Pulau Kambing. Eits, tenang saja untuk jaraknya sendiri berdekatan, kok. Jangan lupa untuk menikmati surga bawah lautnya, ya.

Salah satu tempat snorkeling yang direkomendasikan banyak orang yakni di Pulau Kambing. Selain itu, Bestpackers juga bisa menikmati ketenangan di Pantai Bara yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Ini akan jadi penutup bleisure yang mengesankan.

3. Manado, Sulawesi Utara

Masih di Sulawesi, mari bergeser ke utara tepatnya di Manado. Jika punya agenda berbisnis disini pastikan untuk mampir ke Taman Laut Bunaken. Nggak diragukan lagi, keindahan alam bawah laut Bunaken sudah terkenal di dunia. Kalau kamu bleisure disini pastinya akan menghilangkan penatnya bekerja.

Setidaknya disini ada 20 titik penyelaman yang menawarkan keragaman laut berbeda-beda. Bagi kamu yang hobby melakukan scuba diving, maka Bunaken adalah tempat yang cocok. Pasalnya, tempat ini menjadi salah satu spot terbaik kelas dunia untuk melakukan aktivitas tersebut.

Agar bleisure lebih memorable, pastikan untuk tidak lupa mengabadikan foto liburanmu, ya. Di Bunaken ada banyak sekali jasa foto saat kamu ingin melakukan diving ataupun snorkeling. Jangan lupa agendakan waktu istirahat sebelum pulang.

4. Padang, Sumatera Barat

Kalau kamu lagi ada perjalanan dinas di Pulau Sumatera, khususnya Sumatera Barat pastikan untuk mengunjungi destinasi lokal yang ada di Pekanbaru. Tipsnya ambillah jalan darat agar kamu bisa melewati berbagai tempat wisata secara bersamaan.

kamu bisa menemukan wisata air terjun di Lembah Anai, Payakumbuh, Lembah Harau, Kelok 9, Danau buatan PLTA Koto Panjang, pintu masuk Candi Muara Takus, Desa Pulau Belimbing dan Rumah Lontiok, dan Islamic Center di Bangkinang. 

Jika mengunjungi destinasi lokal di atas tentu tidak akan memakan banyak waktu dan tenaga. Pasalnya, tempat wisata tersebut memiliki jarak yang berdekatan satu sama lain. Jadi, nggak takut kelelahan.

5. Sorong, Papua Barat

Nah, destinasi lokal untuk bleisure yang terakhir akan kita bahas terletak di Sorong, Papua Barat. Tidak jarang banyak orang yang melakukan perjalanan dinas ke Indonesia bagian timur seperti Papua. Memang tak dapat dipungkiri bahwa Papua merupakan salah satu destinasi yang terkenal dengan keindahan alamnya. Bahkan, keindahannya tersebut sudah sampai ke para turis mancanegara lho.

Jika kamu juga memiliki kesempatan untuk datang kesini, ada beberapa destinasi lokal yang wajib untuk dikunjungi.  Yups, jangan lewatkan kesempatan emas untuk mengunjungi Raja Ampat.

Kamu dapat menempuh waktu kurang lebih 3 jam dari Sorong untuk menuju Waisai, pintu gerbang menuju Raja Ampat. Sesampainya disana, kamu bisa mengeksplorasi ragam kekayaan biota laut yang terkenal hingga mancanegara ini.

Selain itu kamu juga bisa bermain di Pasir Timbul ataupun menikmati keindahan Papua dari atas Puncak Pianemo. Wah, pasti akan menjadi bleisure yang memorable.

Bleisure di destinasi lokal memang menggiurkan sekali, bukan? Kamu bisa menyelesaikan pekerjaan sekaligus mengeksplor berbagai wisata yang ada di tempat tersebut. Pastinya lelah bekerja akan terbayar tuntas saat menikmati keindahan alam destinasi lokal. 

Nah, untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar wisata, kuliner hingga tips-tips seru pastikan untuk mengunjungi website dan Instagram BestHostels Indonesia. Kamu juga bisa menemukan tempat penginapan terbaik di website kami. Happy Holiday.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hostel di Bali untuk Workation

Jangan sampai ketinggalan

Ayo gabung dengan kami untuk mendengar cerita kami dan dapatkan penawaran spesial dari kami!