10 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba!

Traveling ke kota Kota Pahlawan tak lengkap rasanya tanpa mencicipi makanan khasnya. Nah, berikut ini 10 makanan khas Surabaya yang wajib kamu coba saat jalan-jalan ke Kota Pahlawan.

Traveling jadi kurang lengkap kalau kita belum mencicipi makanan khas daerah tersebut. Nah, begitu juga kalau kamu berkunjung ke kota pahlawan.Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khas Surabaya, ya.

Mengingat banyaknya makanan khas Surabaya, kamu nggak perlu bingung milih. Berikut ini 10 makanan khas Surabaya yang paling recommended.

Rujak Cingur

Tak afdol rasanya apabila membicarakan makanan khas Surabaya tapi tak memulainya dari rujak cingur. Seantero negeri pasti tak asing lagi dengan rujak cingur khas surabaya ini.

Sesuai namanya, menu makanan ini dibuat dari cingur atau hidung sapi yang dikombinasikan dengan sayuran dan lontong. Tak lupa disiram dengan bumbu kacang yang khas yang telah dicampur dengan petis.

Bestpackers, makanan khas Surabaya ini bisa ditemukan di setiap sudut kota. Mulai dari yang kaki lima hingga bintang lima kamu bisa menyesuaikan kantong.

Lontong Balap

Membicarakan Surabaya tak lengkap rasanya apabila tak menyebut lontong balap, makanan khas kota pahlawan ini pasti tak asing lagi untuk para traveller. Kenapa bisa disebut lontong balap? Nah, konon katanya pedangang ini ketika memikul dagangannya dengan berlari, jadi banyak yang menyebutnya lontong balap

Makanan khas surabaya ini menyuguhkan tahu goreng, lentho atau perkedel kacang hijau, yang dipadukan dengan rebusan toge kemudian disiram dengan kuah manis nan gurih. Wow, pastinya sangat menggugah selera dong Bestpackers.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Jakarta Favorit, Sudah Coba?

Sate Klopo

Apa sih uniknya sate, bukannya gitu-gitu aja? Eittsss, jangan salah dulu. Bestpackers harus nyobain makanan khas Surabaya yang satu ini. Sate klopo jadi menjadi varian unik sate yang harus kamu coba.

Menu yang satu ini terbuat dari irisan daging sapi yang dibalur dengan gurihnya kelapa dan dibakar di atas bara api. Bisa dibayangkan rasa gurihnya, kan?

Sego Sambel

Mana nih pecinta makanan pedas? Nah, makanan khas Surabaya kali ini pastinya cocok banget buat kamu. Tidak hanya menawarkan kenikmatan pedasnya, sego sambel juga punya harga yang affordable, lo.

Menu ini menyuguhkan nasi putih hangat yang dikombinasikan dengan sambal khasnya yang membuat lidah bergoyah. Lauk yang ditawarkan pun beraneka ragam mulai dari tahu tempe, telu hingga ayam goreng suwir. Menggugah selera banget, kan?

Rawon

Siapa sih yang belum pernah dengar makanan khas Surabaya ini. Meski bisa dijumpai di berbagai daerah tapi rawon tetap paling juara jika dicicipi di kota kelahirannya.

Rawon merupakan makanan khas Surabaya yang diolah dengan kluwak sehingga menghasilkan warna hitam yang pekat pada kuahnya. Menu ini biasanya disajikan dengan daging empuk dan kecambah mentah.

Soto Gubeng

Sudah menjadi rahasia umum bahwa soto gubeng ini terkenal dengan citarasa yang khas. Bahkan soto ini konon telah ada sejak zaman kolonial, lo. Berbeda dari soto lainnya bahan dasar dari menu ini yaitu daging dan jeroan sapi.

Soto gubeng paling enak disantap waktu panas agar kuahnya lebih terasa. Tapi porsi dari soto gubeng ini cenderung mini. So, biasanya kita tidak cukup dengan satu porsi saja.

Baca Juga: 9 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba, Bikin Ketagihan

Tahu Campur

Selain sego sambel, tahu campur juga sangat ramang kantong buat kita kalangan Bestpackers. Sajian sego campur meliputi irisan tahu goreng, perkedel ubi atau lentho, daging, tauge, mie kuning, petis dan kuah kaldu daging.

Satu porsi tahu campur punya kandungan gizi yang komplit. Bestpackrs, keunikan lain tahu campur adalah citarasa kuahnya. Kuah santapan yang satu ini diolah dengan menggunakan petis. Wah, sedap banget pastinya.

Pecel Semanggi

Kamu vegetarian dan ingin menyantap sayuran yang segar-segar? Yuk, sempatkan mencicipi pecel semanggi. Berbeda dari menu pecel lain di Indonesia, pecel semanggi terdiri dari semanggi sebagai bahan utamanya.

Dalam penyajiannya pecel ini dipadukan dengan daun pepaya dan tauge, lalu disiram bumbu kacang. Makanan khas Surabaya ini umumnya bisa ditemui di jam-jam sarapan.

Tahu Tek

Makanan khas Surabaya selanjutnya yang wajib kamu coba ketika ke Kota Pahlawan adalah tahu telor. Beberapa orang kerap menyebutnya dengan tahu tek. Panggilan nama tahu tek ini berasal dari penjual yang menjajakan dagangannya menggunakan gerobak. Ketika memanggil pembeli mereka akan menabuh bambu sehingga berbunyi “tek, tek, tek”. Karena itu panggilan tahu tek kian akrab terdengar.

Ngomongin soal isian makanan khas Surabaya ini lengkap banget. Isinya berupa potongan tahu yang dicampur dengan telur, kemudian dipadukan dengan tauge, kentang dan disiram dengan saus kacang. Seporsi tahu tek biasanya dibanderol dengan harga Rp10.000 saja.

Zangrandi Ice Cream

Setelah menyantap berbagai makanan yang berlemak dan berminyak, yuk penyegaran dengan dessert hits Surabaya. Bestpackers bisa menyantap Zangrandi Ice Cream. Es krim ini bisa dikatakan legend banget di Kota Pahlawan.

Pasalnya Zangrandi Es Krim telah ada sejak 1930-an. Kini ada banyak varian dari Zangrandi Ice Cream yang bisa kamu coba, mulai dari yang original sampai mix. Tinggal menyesuaikan kantong juga, Bestpackers.

Ternyata banyak banget ya makanan khas Surabaya? Biar bisa mencicipi semuanya kamu wajib banget menyisihkan waktu satu sampai dua malam di kota ini. Agar istirahat setelah wisata kuliner semakin nyenyak jangan lupa pilih akomodasi hostel di BestHostels Indonesia, ya.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer